Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita NasionalPisang Paling Besar di Dunia Viral, Ternyata Ada di Papua, Segini Tingginya

Pisang Paling Besar di Dunia Viral, Ternyata Ada di Papua, Segini Tingginya

Pohon pisang paling besar di dunia yang viral di media sosial ternyata ada di Indonesia. keberadaan pohon pisang raksasa itu tepatnya di Pegunungan Arfak wilayah Papua Barat.

Tinggi pohonnya bisa mencapai 25 meter hingga 30 meter, setara dengan 7 kali lipat dari ukuran pohon pisang umumnya.

Merangkum dari Indonesia.go.id bahwa tumbuhan dengan nama latin Musa ingens NW Simmonds atau Musa ingens ini memiliki diameter hingga 95 centimeter.

Bahkan, sejumlah situs web menyebutkan kalau diameter batang pohonnya bisa mencapai 1 sampai 2 meter.

Sedangkan, buahnya sendiri memiliki ukuran sampai 20 centimeter, dan ukuran buahnya berdiameter 4 sampai 6 centimeter.

Selain itu, untuk 1 tandan pisang beratnya bisa sampai 60 kilogram. Tentunya ini tidak sama dengan tandan pisang kebanyakan yang berdiameter antara 35 hingga 50 centimeter, dan panjangnya hanya 70 sampai 80 centimeter.

Kemudian, untuk buahnya saat masih muda berwarna hijau, dan ketika sudah masak warnanya kekuningan, seperti halnya buah pisang biasa.

Baca Juga : Viral Wanita Nikahi Pria yang Lebih Tua Darinya, Cek Berita Selengkapnya

Keunikan Pisang Paling Besar di Dunia

Uniknya, buah pisang paling besar di dunia ini punya biji cukup banyak dengan ukuran lebih besar.

Hal menarik lainnya, warga setempat kerap memanfaatkan daun pohon pisang raksasa ini sebagai alas makanan, atap rumah darurat dalam hutan, dan alas duduk,

Pelepahnya sendiri digunakan untuk menyimpan hasil kebun atau hasil buruan. Karena memang pelepah pisang bernama Musa igens panjangnya mencapai 5 meter dengan lebar sekitar 1 meter. Sedangkan, panjang pelepah pohon pisang yang normal biasanya tak lebih dari 2,5 meter.

Jenis Tumbuhan Endemik

Menurut BP2LHK (Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Manokwari, pisang paling besar di dunia yang ditemukan di Papua itu merupakan jenis tumbuhan endemik.

Tumbuhan jenis tersebut selama ini baru ditemukan di Papua Barat, tepatnya Pegunungan Arfak yang memiliki ketinggian 100 hingga 200 MDPL.

Lokasi penemuan pohon pisang tersebut salah satunya di Kampung Kwau wilayah Distrik Mokwam, Kabupaten Manokwari. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Pegunungan Arfak.

Baca Juga : Video Getok Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran Viral, Begini Faktanya!

Hanya Ada di Papua

Sedangkan, sebaran jenis pohon pisang raksasa ini hanya terdapat di Pulau Papua. Pulau ini meliputi Kaimana, Manokwari tepatnya Cagar Alam di Pegunungan Arfak.

Selain itu, juga terdapat di Teluk Wondama, serta Fak-Fak atau kawasan Cagar Alam Fak-Fak bagian Tengah.

Kemudian, di Kabupaten Yapen, tepatnya Cagar Alam Yapen bagian Tengah, serta di wilayah Kabupaten Tambrauw, tepatnya Banfot serta Esyom Muara Kali Ehrin.

Womersley JS serta Simmonds NW adalah orang yang pertama kali mengoleksi pohon pisang paling besar ini sebagai spesimen pada tanggal 22 Desember 1954, yaitu di New Guinea.

Selain itu, Jeff Daniells, seorang peneliti dari International Board of Plant Genetic Resource, juga pernah melakukan penelitian pada pisang raksasa tersebut.

Penelitiannya berlangsung dalam sebuah lokasi wilayah Papua New Guinea pada tahun 1989. Menurut Jeff, keberadaan pohon pisang terbesar ini berada di bagian Timur dan Barat kawasan pegunungan daerah Papua New Guinea.

Kemudian Jeff mematenkan hasil penelitiannya terhadap pohon pisang paling besar di dunia itu, sebagaimana informasi yang dari Rfc– archives.org.au. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

Artikel ini sudah tayang di suara.com dengan judul “Viral! Pisang Terbesar di Dunia Ada di Papua, Tingginya 7 Kali Lipat dari Pohon Pisang Biasa”