Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarProses Cut Off Siaran TV Analog Diperpanjang, Ini Kata Diskominfo Banjar

Proses Cut Off Siaran TV Analog Diperpanjang, Ini Kata Diskominfo Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar, Jawa Barat, menyampaikan adanya perpanjangan waktu proses cut off (penghentian) siaran TV analog untuk wilayah Priangan Timur. 

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Diskominfo Kota Banjar, Hary Permana, saat dikonfirmasi langsung HR-Online, Kamis (19/5/2022). 

“Rencananya tanggal 30 April sudah cut off siaran TV analog, tapi ternyata informasi dari Kemenkominfo bahwa diperpanjang untuk proses penyelesaian siaran TV analog,” kata Hary Permana. 

Baca Juga: Cuaca Panas di Kota Banjar, Waspadai Dampak Bagi Kesehatan

Hary menjelaskan, untuk peralihan TV analog ke digital saat ini masih dalam proses penguatan pancaran frekuensi. 

“Karena untuk di wilayah Kota Banjar, itu kita dapatnya di stasiun relay Tambaksari, Rancah. Terakhir kami dapatkan informasi dari balai monitoring frekuensi, mereka sedang mengecek kekuatan pancaran siaran untuk wilayah Banjar,” jelasnya. 

Rencananya Set Top Box (STB) akan dibagikan kepada masyarakat itu bersumber dari lembaga penyiaran swasta. 

“Mereka sudah membagi wilayah per kecamatan di wilayah Kota Banjar, dan jumlah totalnya itu sekitar 3.900,” papar Hary. 

Lebih lanjut, Hary menambahkan, wilayah Kecamatan Banjar akan dibagikan oleh MetroTV, Kecamatan Langensari oleh Surya Citra Mandiri. 

“Kemudian untuk wilayah Pataruman oleh Trans Media Group, dan wilayah Purwaharja oleh Surya Citra Mandiri dan Indosiar. Jadi teknis penyaluran STB-nya nanti melalui kantor pos kepada penerima yang terdata di DTKS,” tambahnya. 

Sementara itu, keuntungan yang didapatkan oleh masyarakat saat menggunakan TV digital tersebut adalah kualitas gambar yang lebih bersih, dan yang lainnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -