Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita PangandaranSampah Berserakan Usai Obwis Pangandaran Diserbu Pengunjung

Sampah Berserakan Usai Obwis Pangandaran Diserbu Pengunjung

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Libur lebaran menyisakan sampah yang berserakan di bibir pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Tentunya, beberapa pihak menyayangkan banyak sampah dari para pengunjung objek wisata (obwis) Pangandaran yang membuat Pangandaran menjadi kotor.

Oleh karena itu, untuk membantu petugas kebersihan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, ikut melakukan bersih-bersih.

Pantauan HR Online, Senin (9/5/2022), tampak semua anggota PHRI Pangandaran melakukan bersih-bersih sampah yang berserakan. Mereka memungut sampah dari sekitaran bibir pantai pos 5 sampai pos 1 pantai barat Pangandaran.

Namun ternyata bukan hanya pantai barat saja, melainkan anggota PHRI ini juga membersihkan sampah di bibir pantai timur Pangandaran.

Ketua PHRI Kabupaten Pangandaran, Agus Savana mengungkapkan, setelah liburan banyak sampah  yang ditinggalkan oleh para wisatawan.

Menurutnya, sampah yang berserakan tersebut karena kurang kesadarannya para wisatawan dalam hal membuang sampah.

“Kita membantu Pemkab Pangandaran supaya Pantai Pangandaran ini tetap bersih. Sehingga para pengunjung nantinya juga bisa menikmati liburan,” ungkapnya kepada HR Online, Senin (9/5/2022).

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa persoalan sampah bukan masalah utama. Tapi cuma masalah klasik, akibat pada saat libur lebaran kemarin macet, sehingga sampah juga tidak bisa terangkut.

“Untuk itu kita membantu di sepanjang pantai ini. Kita kumpulkan sampah dan simpan di spot-spot yang nanti bisa diangkut oleh mobil Dinas LHK,” ucapnya.

Aksi bersih-bersih sampah yang berserakan tersebut tidak hanya pihaknya lakukan hari ini saja. Melainkan PHRI Pangandaran juga berencana untuk melakukan kegiatan serupa pada Selasa besok.

“Target kita dalam memungut sampah ini yaitu sampai dari ujung tol Pangandaran sunset. Dan hari ini baru sekitaran cagar alam,” tuturnya. (Entang/R5/HR-Online/Editor-Adi)