Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisBikin Kaget, Seekor Mencek Masuk ke Ruang Kelas Sekolah di Ciamis

Bikin Kaget, Seekor Mencek Masuk ke Ruang Kelas Sekolah di Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Warga berhasil mengamankan seekor Mencek atau Kijang yang masuk ke dalam salah satu ruang kelas SD Negeri 5 Maleber, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (31/5/2022) pagi.

Setelah masuk, kijang tersebut malah terperangkap dan tidak bisa keluar dari ruang kelas SD yang ada di Lingkungan Blender, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis.

Beruntung dalam ruang kelas tersebut tidak ada siswa. Karena para siswa sedang melakukan kegiatan olahraga di luar kelas. Sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Belum diketahui hewan Mencek yang masuk ruang kelas tersebut berasal dari mana. Namun, satwa yang dilindungi itu saat ini sudah diamankan oleh petugas dari Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III Ciamis.

Guru Kelas II SDN 5 Maleber, Yanti Sri Noviyanti, mengaku kaget dengan adanya hewan liar tersebut. Karena pada saat hewan tersebut masuk, ia berada di ruang kelas dan sendirian.

“Saya saat itu sendiri karena anak-anak sedang olahraga di luar kelas. Tiba-tiba ada hewan liar masuk kelas saya kaget,” terangnya kepada HR Online, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut Yanti mengatakan, pintu kelas memang pada saat itu terbuka. Sehingga Mancek tersebut bisa masuk ruang kelas. Saat di ruang kelas hewan tersebut menyeruduk bangku dan beberapa gamelan. 

“Saat itu saya ketakutan, dan langsung keluar lewat pintu belakang. Hewan itu liar, bahkan sampai seruduk meja, kursi dan gamelan yang ada di ruang kelas,” katanya. 

Beruntung ada warga yang langsung menutup pintu masuk ruang kelas. Sehingga, hewan tersebut langsung terperangkap di ruangan. 

“Karena takut hewan tersebut membahayakan, kami langsung lapor Ketua RW, kelurahan dan komite sekolah. Kami tidak mengetahui hewan tersebut berasal dari mana,” ujar Yanti.

Mencek yang Masuk ke Ruang Kelas Sekolah Diserahkan ke BKSDA Ciamis

Sementara itu, Ketua RW 08, Iwan Rismawan mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari pihak sekolah bahwa ada Kijang yang masuk ruang kelas SD 5 Maleber. Setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya langsung bergegas.

“Ternyata benar ada Mencek yang sudah terkurung di dalam ruang kelas. Karena takut membahayakan para siswa, kami langsung menangkapnya menggunakan jaring bekas net bola volly,” katanya kepada HR Online, Selasa (31/5/2022). 

Lebih lanjut ia menuturkan, penangkapan hewan tersebut tidak membutuhkan waktu lama. Karena menurutnya, mungkin di dalam kelas licin karena lantai keramik. Sehingga, hewan tersebut kesulitan untuk berlari. 

“Kurang lebih penangkapan kurang lebih sekitar setengah jam sampai diserahkan ke petugas BKSDA. Saat penangkapan dua kali lepas, makanya saya dibantu oleh dua orang warga lainnya,” tuturnya.

Iwan menambahkan, pihaknya tidak mengetahui hewan tersebut berasal dari mana. Kemudian, pihaknya juga tidak tahu kalau ada warga sekitar SD Negeri 5 Maleber
yang memelihara Mencek. 

“Setahu saya warga sini tidak ada yang memelihara. Mungkin saja, Mencek yang masuk ke dalam ruang kelas tersebut tersesat dari lingkungannya atau habitatnya,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)