Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarSelain Sapi, 13 Ekor Kambing di Kota Banjar Diduga Terjangkit PMK

Selain Sapi, 13 Ekor Kambing di Kota Banjar Diduga Terjangkit PMK

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Selain menyerang sapi, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) juga menyerang hewan kambing di Kota Banjar, Jawa Barat. 

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan Kota Banjar, Agus Kostaman mengatakan, ada 13 ekor kambing yang diduga terkena Penyakit Mulut dan Kuku. 

“Hewan kambing yang di peternakan itu kemarin ada 13 ekor, alhamdulillah sekarang sudah membaik,” kata Agus Kostaman, Kamis (19/5/2022). 

Baca Juga: Wabah PMK, Lalu Lintas Ternak di Pos Check Point Kota Banjar Menurun

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pengawasan hewan ternak tersebut memiliki gejala yang mengarah terhadap Penyakit Mulut dan Kuku. 

“Itu baru dugaan kita karena belum di-test, tapi ada gejala yang mengarah ke situ. Jadi seperti suspek gitu,” jelasnya. 

Sementara itu, untuk ketersediaan hewan menjelang hari raya kurban saat ini pihaknya masih menunggu keputusan terkait kondisi yang terjadi sekarang. 

“Untuk persiapan kurban nanti karena di kita sebagian ada yang peternak dan sebagian lagi mendatangkan dari luar. Kita nunggu kondisi di Jawa Timur nya, kalau di sana membaik mungkin ada pengiriman lagi ke sini,” paparnya. 

Sebelumnya, Penyakit Mulut dan Kuku tersebut menyerang 30 ekor sapi di salah satu peternakan yang ada di wilayah Kota Banjar. 

Oleh karena itu, para peternak harus mengetahui apa saja gejala dan tanda-tanda yang muncul ketika hewan itu terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku. 

“Maka dari itu kita ada sosialisasi dan edukasi kepada para peternak supaya mereka mengetahui gejala dan langkah yang harus dilakukan,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)