Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariHebat, SMAN 2 Banjarsari Ciamis Launching Buku Karya Siswa dan Guru

Hebat, SMAN 2 Banjarsari Ciamis Launching Buku Karya Siswa dan Guru

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- SMAN 2 Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, launching buku karya siswa dan guru, Jumat (20/5/2022). Adapun buku tersebut berisi karya tulis berupa esai dan puisi.

Kepala SMAN 2 Banjarsari, Teti Gumiati mengatakan, peluncuran buku tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap guru dan siswa.

Selain itu juga, mengenalkan kepada publik terkait buku yang SMAN 2 Banjarsari terbitkan.

“Dalam acara launching ini, ada dua buku dan dua judul karya siswa dan guru yang kami kenalkan. Antara lain buku dengan judul Jejak Penebar Cahaya dan Nyanyian Langit Biru,”katanya.

Baca Juga : SMAN 2 Banjarsari Ciamis Fokus Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Jejak Rindu

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa buku Jejak Penebar Cahaya ini merupakan kumpulan esai karya dari para guru SMAN 2 Banjarsari.

“Sedangkan untuk Nyanyian Langit Biru, merupakan kumpulan puisi karya siswa dan guru SMAN 2 Banjarsari,” jelasnya.

Menurut Teti, saat ini pihaknya sudah mencetak sebanyak 120 eksemplar buku karya guru dan siswa.

Sementara untuk buku-buku tersebut, nantinya akan pihaknya gunakan sebagai media pembelajaran sekolah.

“Namun tidak menutup kemungkinan jika ada yang membutuhkan kami akan mengeluarkan buku-buku ini,” pungkasnya.

Akademisi Unigal Ciamis Acungi Jempol untuk Launching Buku Karya Siswa dan Guru SMAN 2 Banjarsari

Sementara itu, akademisi yang juga dosen Universitas Galuh (Unigal) Ciamis. Hendaryan mengatakan, launching buku karya siswa dan guru SMAN 2 Banjarsari ini merupakan kegiatan yang langka.

Pasalnya, menurut Hendaryan tidak semua sekolah bisa melaksanakannya. Ia pun mengaku sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan tersebut.

Bahkan ia mengakui bahwa SMAN 2 Banjarsari ini sebagai sekolah pionir di Kabupaten Ciamis. Sebab, SMAN 2 Banjarsari ini satu-satunya yang mampu membuat buku sebagai bahan edukasi, baik bagi guru maupun siswa.

“Launching buku karya siswa dan guru baru SMAN 2 Banjarsari yang ada di Ciamis ini. Makanya saya katakan kegiatan seperti ini sebenarnya sangat sulit, dan tidak semuanya mampu untuk melaksanakannya,” katanya.

Menurut Hendaryan, selama ia berkeliling memberikan materi workshop, sekolah inilah yang ia anggap sebagai salah satu sekolah menengah atas yang mampu membuat inovasi.

“Sehingga, SMAN 2 Banjarsari ini memang patut untuk ditiru oleh sekolah lain,” ucapnya.

Bahkan, sambungnya, bukan hanya di Kabupaten Ciamis saja. Menurutnya, untuk tingkat provinsi saja jarang ada sekolah yang bisa membuat kegiatan seperti ini.

Oleh karena itu, ia tidak segan-segan memberikan acungan jempol kepada kepala sekolah serta guru-guru SMAN 2 Banjarsari.

“Mereka ini benar-benar sangat profesional sekali dalam mengemas buku yang dilaunching pada hari ini,” ujarnya.

“Dari mulai sisi penulisan, pengemasan serta membuat desain sampul, yang benar-benar sangat memberikan warna dan makna,” tuturnya.

Sementara itu, pantauan HR Online, saat pelaksanaan launching buku karya siswa dan guru SMAN 2 Banjarsari, para guru serta siswa tidak canggung untuk naik ke atas panggung.

Mereka pun membacakan puisi karya cipta mereka. Bahkan bukan hanya para guru dan siswa, Muspika pun ikut andil naik ke panggung untuk membacakan puisi yang ada dalam buku tersebut. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)