Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruSplit Screen Android Lengkap dengan Langkah-Langkah Menjalankannya

Split Screen Android Lengkap dengan Langkah-Langkah Menjalankannya

Split screen Android bisa Anda lakukan dengan mudah. Sehingga mampu menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Ponsel Android semakin hari memiliki banyak peningkatan yang cukup menarik.

Hal ini juga dapat Anda lihat dari berbagai fitur modern yang sudah dimiliki perangkat tersebut. Selain itu, setiap merek smartphone hadir dengan berbagai keunggulannya masing-masing.

Salah satu fitur menarik yang cukup populer digunakan oleh masyarakat luas yaitu split screen.

Membuka dua aplikasi secara bersamaan bukanlah hal yang mustahil. Apalagi bagi mereka yang lebih paham tentang ilmu teknologi digital.

Dengan menggunakan fitur split screen Anda dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Bahkan cara untuk menggunakannya tergolong mudah. Anda cukup mencari informasi cara menggunakannya.

Sebab, tidak semua pemilik Android bisa menjalankan fitur tersebut dengan tepat. Sebenarnya tidak semua merek smartphone memiliki fitur tersebut.

Meski demikian, bukan berarti tidak dapat menggunakannya.

Solusi bagi ponsel yang belum dilengkapi dengan fitur tersebut bisa simak ulasan berikut ini.

Tampilan memukau dengan split screen Android yang bisa diajak kerjasama. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Anda akan dengan mudah menemukan aplikasi split screen di Google Play Store. Bahkan secara gratis Anda bisa menggunakan fitur tersebut.

Adanya fitur split screen di Android mampu membantu kinerja masyarakat untuk multitasking.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Tinder Android yang Benar dan Mudah, Ini Langkahnya!

Split Screen Android dengan Mode Layar Berbagi

Sistem operasi Google terbaru membantu pengguna Android menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Hal ini bisa dilakukan hanya dalam satu layar saja.

Bagian layar smartphone akan terbagi menjadi dua atau split screen, baik itu secara vertikal maupun horizontal. Dengan adanya hal ini membantu pemilik smartphone dapat memanfaatkannya secara optimal.

Misalnya untuk membaca email pada jendela aplikasi pertama dan melakukan video call pada aplikasi kedua. Ada juga contoh lainnya yaitu menonton video klip musik dan membaca lirik pada jendela lainnya.

Masih banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan secara bersamaan.

Dengan menjalankan split screen ini sudah pasti mode layar terbagi. Sehingga kapasitas penggunaan baterai akan lebih boros.

Sedangkan untuk jenis aplikasi yang membutuhkan penampilan menggunakan layar penuh, tidak akan bisa berjalan menggunakan mode layar terbagi.

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan split screen Android. Apalagi saat ini smartphone Android keluaran terbaru sudah memiliki banyak fitur menarik.

Termasuk menjalankan mode layar terbagi. Meski setiap merek smartphone memiliki cara berbeda, namun intinya sama.

Baca Juga: Cara Melihat History Aplikasi Android Baik yang Terhapus atau Tidak

Langkah-Langkah Menjalankan Split Screen

Setiap merek smartphone memiliki cara sendiri-sendiri untuk melakukan split screen.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika hendak melakukannya. Cara mengaktifkan split screen antara lain:

  1. Langkah pertama bisa buka menu Recent Apps untuk menemukan mode layar split. Biasanya terletak berada paling kiri atau bersimbol tiga garis vertikal.
  2. Selanjutnya bisa pilih aplikasi yang hendak di split. Tekan logo pada bagian atasnya dan klik tiga garis tersebut jika smartphone Anda tidak menampilkan aplikasi. Namun pastikan dulu jika smartphone Anda memiliki fitur split screen.
  3. Pilih menu “open in split screen view”.
  4. Aplikasi yang Anda pilih akan muncul sementara pada bagian atas layar atau bahkan ada yang memenuhi setengah layar. Jika sudah seperti ini tinggal memilih aplikasi lainnya yang ingin Anda buka secara bersamaan.
  5. Melakukan cara split screen Android sebelumnya, layar akan terbagi dua dan menampilkan aplikasi yang terpisah.
  6. Pada langkah terakhir, silahkan ketuk dan tahan bilah hitam pada pemisah layar smartphone Anda. Cara ini bisa membantu Anda menggeser ke bawah atau atas untuk mengubah ukuran layar.
  7. Jika Anda ingin mengubah ke pilihan aplikasi lain, bisa ketuk tombol Recent Apps dan pilih aplikasi lin untuk menggantikan yang sedang Anda tampilkan.

Baca Juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Mudah Anti Ribet

Bagi Anda yang sering melakukan split screen atau berbagi layar pada Android ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

Sebagai contoh Youtube dan Netflix cocok untuk membagi layar. Hal ini karena kemampuan video yang hanya membutuhkan sedikit interaktivitas.

Namun untuk gameplay membutuhkan layar penuh, sehingga tidak dapat menggunakan split screen Android. Apalagi jika gameplay tersebut membutuhkan perhatian dari pemainnya. (R10/HR-Online)