Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruStruktur Lapisan Tanah yang Mengandung Air, Apa Saja Kegunaannya?

Struktur Lapisan Tanah yang Mengandung Air, Apa Saja Kegunaannya?

Struktur lapisan tanah yang mengandung air sangat perlu untuk kamu pahami. Dengan mengenal lapisan tanah yang mengandung air, maka kamu dapat menentukan letak air tanah.

Air tanah tersebut kemudian dapat kamu gunakan semaksimal mungkin dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Struktur Lapisan Tanah dan Karakteristiknya yang Khas

Pentingnya Mengetahui Struktur Lapisan Tanah yang Mengandung Air

Banyak orang yang melakukan pengeboran dalam upaya mendapatkan air tanah, namun tidak mendapatkan keberhasilan. Hal itu karena mereka tidak mengetahui bagaimana ciri lapisan tanah yang mengandung air.

Lapisan tanah yang berisi air di dalamnya memiliki sebutan sebagai akuifer. Menurut National Geographic, akuifer merupakan sekumpulan batuan dan sedimen yang manahan air di dalam tanah.

Unsur pembentuk dari tanah akuifer ini adalah batuan dan sedimen termasuk kerikil, gamping yang retak, dan pasir.

Akuifer sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu akuifer tidak tertekan dan akuifer tertekan. Untuk akuifer tertekan merupakan sebuah lapisan tanah yang dapat menembus bagian atasnya.

Jika kamu mencoba untuk mengetahui kedalaman air tanah yang berjenis akuifer tertekan, maka tidak akan mendapat air tanah.

Baca Juga: Jenis Tanah Vulkanik: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Proses Pembentukannya

Kegunaan dari Air Tanah

Air tanah merupakan kumpulan dari air hujan yang masuk ke dalam tanah melalui permukaan dan kemudian terkumpul di dalam tanah.

Kegunaan dari air tanah ini tentu saja sebagai sumber air bersih rumah tangga, seperti air sumur. Kebanyakan, air sumur yang berguna untuk berbagai kebutuhan rumah tangga itu berasal dari akuifer.

Biasanya, masyarakat akan melakukan pengeboran hingga mereka mencapai akuifer tersebut. Itulah kenapa, mengetahui struktur lapisan tanah yang mengandung air sangat penting.

Air tanah ini juga tentunya akan habis jika kamu gunakan dan akan kembali terisi kembali melalui proses presipitasi. Penggunaan air tanah saat ini meningkat untuk keperluan irigasi pertanian.

Baca Juga: Ciri Tanah Aluvial, Proses Terbentuknya Hingga Manfaat Untuk Pertanian

Bagaimana Cara Mendapatkan Air Tanah di Akuifer?

Jika kamu ingin mendapatkan air tanah yang berada di dalam lapisan akuifer, maka pastikan lapisan tanah di atasnya memiliki permeabilitas yang baik.

Saat permeabilitas dari lapisan tanah buruk akan sulit untuk melakukan penggalian, seperti batuan dan tanah lempung dan kemungkinan besar tidak terdapat air tanah.

Air tanah juga dapat dengan mudah ditemukan pada discharge zone yang merupakan wilayah tempat tertampungnya air dan relatif diam di tempat. Biasanya di daerah tersebut juga terdapat mata air.

Namun, saat ini tidak semua daerah memiliki potensi air tanah yang baik. Hal itu terjadi karena ulah manusia sendiri yang merusak alam.

Kegiatan seperti daerah padat industri akan membuat airnya tercemar. Akibatnya, banyak daerah yang menjadi kekeringan dan permukaan tanahnya akan turun.

Dengan mengetahui karakteristik struktur lapisan tanah yang mengandung air, maka kamu akan dapat menemukan sumber air dengan mudah dan efektif. (R10/HR-Online)

- Advertisment -