Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita BanjarSuhu Udara Tertinggi di Kota Banjar Mencapai 32 Derajat Celcius

Suhu Udara Tertinggi di Kota Banjar Mencapai 32 Derajat Celcius

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Suhu udara tertinggi di Kota Banjar, Jawa Barat, mencapai 32 derajat celcius. Tingginya suhu udara tersebut terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjar, Kusnadi mengatakan, hal itu berdasarkan prakiraan cuaca yang BMKG Stasiun Klimatologi Bogor rilis.

“Suhu udara yang berada pada 18 sampai 32 derajat celcius itu berdasarkan prakiraan cuaca yang BMKG rilis untuk wilayah Jawa Barat bagian Selatan, termasuk Kota Banjar,” kata Kusnadi, Kamis (12/05/2022).

Kemudian, lanjutnya, untuk Jabar bagian Selatan termasuk Kota Banjar ini, kelembaban udara sendiri berkisar antara 60 sampai 97 persen. Sedangkan untuk Jabar bagian Utara antara 60 sampai 96 persen.

Baca Juga : Sepekan Ini Cuaca di Kota Banjar Begitu Panas, Ini Penjelasan BPBD

Sementara itu, BBMKG memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan disertai petir dan angin kencang. Potensi itu bisa terjadi untuk 27 wilayah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.

“Meskipun suhu udara tertinggi di Kota Banjar dalam beberapa hari terakhir ini cukup panas, yaitu mencapai 32 derajat celcius. Namun BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan disertai petir dan angin kencang,” terang Kusnadi.

Masyarakat Kota Banjar merasakan suhu udara yang cukup panas. Penyebabnya bukan akibat fenomena gelombang panas, tetapi akan terjadinya perubahan musim.

Kusnadi menambahkan, suhu udara panas beberapa hari terakhir ini akibat berkurangnya curah hujan yang terjadi sejak April 2022. Serta akan terjadinya perubahan musim hujan ke musim kemarau. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -