Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruSurat Al Kahfi 10 Ayat Terakhir, Berikut Arti Lengkap Serta Keutamaannya

Surat Al Kahfi 10 Ayat Terakhir, Berikut Arti Lengkap Serta Keutamaannya

Surat Al Kahfi 10 ayat terakhir menjadi salah satu surat favorit. Surat tersebut juga merupakan bagian sunnah yang dianjurkan dibaca ketika malam dan hari Jumat.

Seperti yang sudah kita ketahui juga karena membaca surat Al Kahfi mempunyai banyak keistimewaan.

Kerap kali kita mendengar bahwa surat Al Kahfi juga menjadi bacaan ayat yang pendek ketika sholat Jumat atau surat wajib lainnya. Umumnya juga para imam membaca surat tersebut 10 ayat pertama bisa juga 10 ayat terakhir.

Surat Al Kahfi adalah surat ke 18 setelah Al Isra, sebelum Maryam.

Surat tersebut terdiri dari 110 ayat, merupakan surat Makkiyah karena turun di kota Mekah. Kota Mekah sendiri merupakan kota tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Antara 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir keduanya sama-sama mempunyai keistimewaan tersendiri. Sebab adanya keistimewaan itulah, dalam agama Islam terdapat anjuran untuk menghafalkan 10 ayat pertama dan terakhir.

baca juga: Fadilah Membaca Surat Al-Kahfi, Beri Pertolongan di Hari Kiamat Kelak

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi 10 Ayat Terakhir

Banyak orang yang mengatakan bahwa membaca ataupun menghafal surat ke-18 tersebut, 10 ayat pertama adalah perlindungan dari Dajjal.

Hal tersebut juga sesuai dengan hadits riwayat Muslim yang artinya barangsiapa yang menghafalkan 10 ayat pertama dari surat Al Kahfi, ia akan terlindungi dari Dajjal.

Tidak hanya 10 ayat pertama saja tetapi juga 10 ayat terakhir. Dari hadits tersebut Baginda Nabi SAW juga menjelaskan bahwa siapapun yang menggambarkan 10 ayat pertama dan terakhir surat ke 18, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.

Dajjal sendiri merupakan salah satu manusia yang kejam menjelang akhir zaman.

Mempunyai nama lengkap Al Masih ad Dajjal sebagai pembawa fitnah besar untuk kehidupan umat akhir zaman. Fitnah terbesar mulai dari Nabi Adam turun ke bumi sampai hari kiamat.

Seluruh umat muslim tentunya menginginkan selamat dari fitnah Dajjal tersebut. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca serta menghafalkan surat Al Kahfi 10 ayat terakhir dan pertama.

baca juga: Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Melindungi Pada Hari Kiamat Kelak

Arti Ayat 101-110

Untuk mempermudah Anda menghafal ataupun membaca surat Al Kahfi 10 ayat terakhir, berikut ini artinya.

Ayat 101 memiliki terjemah yakni orang yang mata hatinya dalam keadaan tertutup tidak mampu memperlihatkan tanda-tanda kebesaran-Ku, mereka juga tidak sanggup mendengar.

102, Maka apakah orang yang kafir menyangka bahwa mereka bisa mengambil hambaku untuk menjadi penolong selain Aku? Sungguh Kami sedang menyediakan neraka jahanam untuk menjadi tempat tinggal bagi orang kafir.

Ayat 103 artinya adalah katakanlah (Muhammad) Apakah kami harus memberitahukan kepadamu tentang orang yang paling rugi perbuatannya.

104 artinya adalah, yakni orang yang sia-sia perbuatannya ketika hidup di dunia sedangkan mereka mengira sudah berbuat dengan baik.

Kemudian surat Al Kahfi 10 ayat terakhir ayat 105 artinya adalah, mereka itulah orang-orang yang ingkar terhadap ayat-ayat Tuhan mereka serta tidak percaya terhadap adanya pertemuan dengan-Nya. Maka sia-sialah amalan mereka, dan Kami tidak akan memberikan penimbangan amal mereka tersebut di hari kiamat.

Lanjut ke ayat 106, demikian lah balasan untuk mereka yakni neraka Jahanam. Karena mereka telah kafir dan menjadikan ayat-ayat ku dan rasul-rasul ku sebagai bahan olok-olokan.

107 artinya, sungguh orang yang beriman serta mengerjakan kebajikan akan mendapatkan surga firdaus sebagai tempat tinggalnya.

Sedangkan ayat 108 mengatakan bahwa mereka juga akan kekal di dalamnya dan tidak ingin pindah dari sana.

Selanjutnya adalah ayat 109, Katakanlah (Muhammad) seandainya lautan itu jadi tinta untuk menulis kalimat Tuhanku, pasti akan habis sebelum selesai penulisannya. Walaupun kami datangkan kembali tambahan sebanyak itu pula.

Terakhir surat Al Kahfi 10 ayat terakhir artinya adalah, Katakanlah (Muhammad) Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia seperti kamu, yang sudah menerima wahyu. Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu merupakan Tuhan Yang Maha Esa. Jadi barang siapapun yang berharap pertemuan dengan Tuhannya maka seharusnya dia mengerjakan kebajikan dan janganlah pula dia menyekutukan dengan lainnya dalam beribadah kepada Tuhannya.

baca juga; Fadilah Membaca Surat Al-Ikhlas Memberi Perlindungan Dunia Akhirat

Menjadi Cahaya Kelak di Hari Kiamat

Tidak hanya menjadi perlindungan dari fitnah Dajjal. Tetapi surat Al Kahfi 10 ayat terakhir dan pertama kelak juga akan menjadi cahaya pada hari kiamat.

Imam Ahmad mengatakan, Husein telah menceritakan kepada Ibnu Lahilah, sudah menceritakan kepada kami zaman Ibnu Fayid dari Ibnu Abbas Ibn Anas Al Juhani, lalu dari ayahnya, kemudian dari Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang membaca permulaan dan akhir surat al-kahfi maka surat tersebut akan menjadi cahaya baginya dari telapak kaki sampai kepala. Tapi Barangsiapa yang membaca secara menyeluruh maka surat tersebut akan menjadi cahaya baginya antara langit dan bumi.

Diampuni Semua Dosa

Selain itu, keutamaan dari bacaan surat Al Kahfi 10 ayat terakhir adalah akan pengampunan semua dosa.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa, membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan menimbulkan cahaya baginya dari telapak kaki sampai ke langit di hari kiamat. Akan Allah ampuni dosa diantara dua hari Jumat. (Muhafid/R6/HR-Online)