Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruSuzuki Smart Hybrid Vehicle System Lebih Efisien, Begini Cara Kerjanya!

Suzuki Smart Hybrid Vehicle System Lebih Efisien, Begini Cara Kerjanya!

Suzuki Smart Hybrid Vehicle System merupakan teknologi terbaru yang akan hadir untuk kendaraan Suzuki.

Kabarnya, mobil terbaru Suzuki yang menggunakan teknologi ini akan hadir dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) sudah Suzuki perkenalkan ke masyarakat pada saat IIMS 2022 Hybrid beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Diperkirakan Segera Meluncur di Indonesia

Teknologi Terbaru Suzuki Smart Hybrid Vehicle System

Beberapa waktu lalu Suzuki Indonesia memperkenalkan teknologi terbaru mereka. Teknologi tersebut tidak lain pada sistem kendaraan hybrid.

Hybrid Vehicle System atau SHVS merupakan jawaban dari berbagai elektrifikasi kendaraan yang akhir-akhir ini tengah ramai menjadi perbincangan.

Suzuki melakukan riset dan pengembangan untuk menemukan sistem kendaraan Hybrid, hingga mereka memperkenalkan teknologi terbaru ini di Tanah Air secara intensif belakangan ini.

Menurut Donny Saputra yang merupakan 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat ini Suzuki tengah fokus untuk mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan untuk kendaraannya.

Baca Juga: Suzuki Alto 2022 Bakal Rilis dengan Tampilan Lebih Modern, Ini Harganya!

Efisiensi Kendaraan

Suzuki terus mengoptimalkan tingkat efisiensi pada mesin. Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar serta emisi gas buang karbon dioksida atau CO2.

Teknologi Smart Hybrid ini mampu mengoptimalkan efisiensi kendaraan caranya dengan mengandalkan dari 2 komponen utama yang berperan sebagai pendamping mesin pada pembakaran internal.

Lalu kedua komponen tersebut adalah Integrated Starter Generator (ISG) dan juga Lithium-Ion Battery.

Bersama mesin pembakaran internal ini, penyematan teknologi untuk Suzuki Smart Hybrid Vehicle System juga akan menambah fitur lain menjadi lebih unggul.

Beberapa fitur tersebut seperti Auto Start-Stop, bantuan tenaga yang membuat akselerasi lebih responsif, kemudahan regenerasi daya baterai, serta restart yang halus dan senyap setelah auto start-stop aktif.

Baca Juga: Mobil Suzuki S-Presso Siap Masuk ke Indonesia Secara Resmi, Segera!

Mekanisme Kerja Sistem Hybrid Pintar Suzuki

Prinsip mekanisme kerja yang Suzuki Smart Hybrid miliki untuk mencapai efisiensi sebenarnya sangatlah praktis untuk pengendara.

Ketika pengendara sedang melakukan akselerasi, maka komponen ISG akan memberikan bantuan kepada mesin untuk meringankan beban perputarannya.

Sehingga, pengendara dapat memperoleh tenaga yang mereka perlukan secara lebih cepat.

Apabila pengendara harus mengurangi kecepatan dengan rem, maka fungsi ISG akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Energi tersebut kemudian akan tersimpan di dalam Lithium-Ion battery.

Fitur Auto Start-Stop yang aktif saat mobil berhenti akan membuat pengendara lebih hemat bahan bakar.

Meski mesin mati, tetapi seluruh komponen elektrikal di dalam kabin mobil akan tetap bisa berfungsi berkat adanya pasokan listrik dari Lithium-Ion battery 6Ah.

Sementara itu, AC dan lampu eksterior juga dapat aktif tetapi melalui pasokan listrik yang berasal dari Lead Acid Battery 55Ah.

Peran ISG akan kembali bekerja secara halus ketika pengendara menyalakan mesin mobil secara otomatis dengan melepaskan injakan kaki di pedal rem atau pedal kopling.

Saat ini, untuk industri otomotif sebenarnya sudah memasuki era elektrifikasinya. Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System yang efisien dan modern ini akan dengan mudah diterima di pasar Indonesia. (R10/HR-Online)

- Advertisment -