Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita JabarTingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pemkab Purwakarta Bikin E-Katalog Lokal

Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pemkab Purwakarta Bikin E-Katalog Lokal

Berita Jabar (harapanrakyat.com),- Upaya tingkatkan penggunaan produk dalam negeri, Pemkab Purwakarta keluarkan Keputusan Bupati Purwakarta No. 536 Tahun 2022, tentang Pembentukan Tim P3DN. Tim ini diketuai Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Norman Nugraha.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melalui Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2022, tentang P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang akrab disapa Ambu Anne menjelaskan, program P3DN ini merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong masyarakat supaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri ketimbang produk impor.

Hal tersebut bertujuan pula untuk meningkatkan pendapatan, khususnya di Kabupaten Purwakarta, pasca melewati masa pandemi Covid-19.

“Kami sudah membuat strategi dalam upaya pemulihan daerah, terutama sektor wisata alam serta wisata kuliner,” kata Ambu Anne, dalam acara sosialisasi P3DN, dan Usaha Mikro Kecil dalam belanja APBD Kabupaten Purwakarta TA 2022, Senin (30/05/22), di Bale Sawala Yudistira, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga : Digitalisasi UMKM di Jabar, Ridwan Kamil: Cepat Pulihkan Ekonomi

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Purwakarta mempunyai destinasi wisata. Baik wisata alamnya maupun wisata kuliner unggulannya yang mampu menarik wisatawan untuk datang berwisata ke Purwakarta.

Dengan adanya wisata unggulan, lanjut Ambu Anne, wisatawan yang berkunjung pun bakal meningkat. Jika jumlah kunjungan meningkat, maka pendapatan daerah akan menjadi peluang yang bagus bagi para pelaku UMKM.

Pemkab Purwakarta Bikin E-Katalog Lokal

Selain itu, Pemkab Purwakarta melalui DKUPP sudah membuat E-katalog lokal. Dalam situs tersebut, para pelaku UMKM dapat terpantau usahanya oleh pemerintah daerah.

Dengan begitu maka masyarakat luas bisa melihat sekaligus mempromosikan produk yang dihasilkan oleh para pelaku usaha di Kabupaten Purwakarta.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Purwakarta mendukung program P3DN dengan berbelanja produk lokal,,” ujar Bupati Purwakarta, Ambu Anne.

Dalam kegiatan sosialisasi Program P3DN ini nampak hadir Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta dan para Staf Ahli serta para Asda.

Hadir pula Kepala DKUPP beserta para Kepala OPD dan Kabag Lingkup Setda Purwakarta. Kemudian, Camat se-Kabupaten Purwakarta, para pelaku UMKM serta dari pihak Bank BJB Cabang Kabupaten Purwakarta. (R3/HR-Online/Editor-Eva)