Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruUkuran Ban Standar Beat Wajib Anda Tahu, Simak Ini Sebelum Mengganti!

Ukuran Ban Standar Beat Wajib Anda Tahu, Simak Ini Sebelum Mengganti!

Ukuran ban standar Beat penting untuk Anda ketahui, mengingat bahwa ban ini menjadi satu-satunya komponen agar kendaraan bisa berjalan. Sehingga kondisinya patut untuk Anda jaga, tidak terkecuali soal tekanan angin ban pada motor tersebut.

Mengingat jika ban pada motor Beat yang digunakan ini dengan tekanan angin tak sesuai standar, bisa memberikan banyak efek buruk.

Sebut saja dari sisi kenyamanan selama berkendara, daya tahan ban, sampai faktor keselamatan terancam.

Baca Juga: Jenis Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Ukuran Ban Standar Beat yang Wajib untuk Anda Ketahui

Banyak pengguna kendaraan honda Beat yang selalu ingin memodifikasi motor kesayangannya itu agar tampil lebih keren.

Akan tetapi, modifikasi ukuran ban juga tidak boleh kita lakukan secara sembarangan. Sebab jika tidak sesuai standarnya, maka akan mempengaruhi kenyamanan.

Honda Beat sendiri memang memiliki banyak varian, seperti honda Beat Pop hingga Beat Street. Meski demikian, rupanya semua honda Beat series baik itu injeksi maupun karbu juga memiliki ukuran standar ban yang serupa.

Pada dasarnya setiap tipe sepeda motor juga akan menggunakan ukuran serta model ban berbeda sesuai dengan karakter dan kemampuannya. Sebut saja seperti motor matic ini akan menggunakan ukuran dan model ban berbeda dengan motor trail.

Baca Juga: Cara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Upgrade Ukuran Ban

Mengetahui tentang ukuran ban standar Beat seperti ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda apabila ingin mendapat tampilan motor lebih keren.

Akan tetapi memodifikasi ukuran ban seperti itu seringkali akan diikuti dengan perubahan ukuran velg.

Meski demikian Anda tidak perlu bingung, sebab Anda masih bisa untuk melakukan upgrade ukuran ban dengan velg bawaannya. Akan tetapi juga akan ada batasan maksimal mengenai ukuran ban supaya tidak mempengaruhi kinerja ban itu.

Untuk ukuran ban Beat dengan velg bawaan yang lebih ideal yaitu naik 1 ukuran dari ukuran awal ban-nya. Sehingga upgrade ukuran ban akan menjadi 90/80 ring 14 untuk bagian ban depan dan 100/90 ring 14 bagian belakang.

Baca Juga: Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Berapa Tekanan Angin yang Ideal?

Penjelasan tentang ukuran ban standar Beat ternyata bisa kita lihat pada bagian stiker yang tertempel pada panel bodi bagian depan motor.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga ada pada buku pedoman pemilik kendaraan yang seringkali diberikan setiap kali pembelian motor.

Pada informasi tersebut tercantum tentang ukuran ban Beat serta tekanan yang berbeda antara roda depan dan roda belakangan.

Nah, untuk roa ban bagian depan 80/90 14 yang idealnya terisi 29 psi untuk penggunaan sendiri maupun berboncengan.

Sementara itu, untuk ukuran ban belakangnya adalah 90/90 14. Dengan tekanan angin yang baik untuk kondisi penggunan sendiri maupun berboncengan adalah 33 psi.

Apabila Anda ingin ganti ukuran ban standar Beat ada baiknya jika menggunakan ban yang asli serta berkualitas tinggi dan bagus. Kini juga sudah ada banyak merek ban Honda Beat yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. (R10/HR-Online)