Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita CiamisUnik, di Ciamis Ada Mapag Pengantin Pakai Lengser dan Superhero

Unik, di Ciamis Ada Mapag Pengantin Pakai Lengser dan Superhero

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Mapag pengantin di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis terbilang unik. Dalam proses penjemputan pengantin selain menampilkan Ki Lengser dan Ambu serta penari, juga ada beberapa orang menggunakan kostum superhero.

Seperti halnya yang berlangsung di kediaman Maman Isak, orang tua mempelai wanita, yang mana dalam proses mapag pengantin khas adat Sunda itu mengkolaborasikan dengan tokoh pahlawan atau superhero.

baca juga: Pelaku UMKM di Ciamis Didorong untuk Go Digitalisasi

Ki Lengser, kata Maman, para penari dan sejumlah superhero itu mengantarkan pengantin pria ke kursi pelaminan untuk selanjutnya proses akad nikah.

Menurutnya, meski tradisi mapag pengantin ini tidak lepas dari Budaya Sunda, namun dengan adanya kolaborasi dengan hal modern menjadi keunikan sendiri.

“Ini melambangkan  bahwa kita masyarakat yang dinamis, menerima kultur budaya yang positif,” jelas Maman, Rabu (18/05/2022)

Sementara itu, Herti yang merupakan seniman, pelaku dan pengarah superhero itu mengatakan, untuk menjadikan pengantin sebagai raja dan ratu sehari, maka pengantin harus ada perlakuan serta sambutan yang lebih dari biasanya.

Karena itu, kolaborasi kesenian sunda dan hal modern dalam mapag pengantin itu memiliki pesan bahwa dalam membangun rumah tangga harus kuat.

“Tentu saja menurut saya dalam mengarungi rumah tangga kedua mempelai harus bisa mengambil makna dari tradisi ini, dan juga harus kuat seperti superhero itu,” katanya. (Eji/R6/HR-Online)