Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisWabah PMK Merebak, HPDKI Ciamis Imbau Ini ke Anggotanya

Wabah PMK Merebak, HPDKI Ciamis Imbau Ini ke Anggotanya

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Ciamis, Jawa Barat, imbau jajarannya untuk terus menjaga kebersihan kandang dan pakan, di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang makin merebak. 

“Kita terus memberikan sebuah imbauan dan pesan kepada para peternak yang terhimpun ke dalam HPDKI Ciamis. Hal itu guna meminimalisir wabah PMK kepada hewan ternak,” ungkap Sekjen HPDKI Ciamis, Cece kepada HR Online, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, dalam langkah ikhtiar untuk mengantisipasi wabah PMK, kondisi kandang maupun pakan harus steril.

Pasalnya, penyakit mulut dan kuku ini seperti halnya virus Covid-19, yang mana diharuskan menjaga kebersihan untuk hewan ternak. 

Salah satunya yaitu dengan membersihkan kandang minimal setiap hari. Jadi, katanya, jangan sampai kotoran hewan menumpuk di kandang.

“Selain itu, perhatikan juga kondisi pakan. Seperti halnya rumput harus dilayukan terlebih dulu, untuk menghindari bibit penyakit dan gas yang membuat pencernaan ternak kembung,” katanya. 

Baca Juga : Wabah PMK Tidak Pengaruhi Penjualan Daging Sapi di Pasar Ciamis

Bahkan untuk mengatasi wabah PMK yang makin merebak, HPDKI Ciamis sendiri sudah membuat suatu ramuan khusus untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap hewan ternak. Ramun tersebut dengan meracik rempah-rempah hasil bumi.

“Wabah PMK ini seperti halnya virus yang menyerang daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kita juga mencoba meracik asupan suplemen untuk hewan, guna meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dan hasilnya alhamdulillah sangat bagus,” tuturnya.

Cece menjelaskan, untuk formula ramuan tersebut sangat gampang dibuat. Sehingga, hal ini yang selalu ia informasikan kepada para jajaran anggota HPDKI Ciamis.

Menurutnya, memang ramuan tersebut belum diteliti secara jelas. Tapi hasilnya sudah ia rasakan. Selain itu, khasiatnya bagus untuk hewan ternak.

“Sehingga ramuan ini bisa meminimalisir dan mencegah wabah PMK kepada hewan ternak yang makin merebak,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor-Adi)