Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita Banjar89 Jemaah Calon Haji Kota Banjar Dites Kesehatan dan Kebugaran

89 Jemaah Calon Haji Kota Banjar Dites Kesehatan dan Kebugaran

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sebanyak 89 jemaah calon haji di Kota Banjar, Jawa Barat, mengikuti rangkaian kegiatan sebelum keberangkatan. Salah satunya pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran yang berlangsung di Taman Kota (Tamkot) Lapang Bhakti.

Kadis Kesehatan Kota Banjar, dr. Andi Bastian, melalui Kepala Bidang P2P, dr. Ika Rika mengatakan, pemeriksaan tersebut penting untuk memantau kesehatan para jemaah calon haji agar selalu dalam kondisi yang optimal.

“Tadi ada sekitar 89 orang jemaah calon haji yang kita periksa kesehatannya. Kemudian ditambah dengan petugas jadi 91 orang,” kata dr. Ika, Selasa (07/06/2022).

Kemudian, petugas juga melakukan tes kebugaran terhadap jemaah calon haji dengan lari atau berjalan cepat sejauh 1,6 kilometer.

Baca Juga : Pelonggaran Prokes Pelaku Perjalanan, Dinkes Banjar Ingatkan Vaksinasi

Ia juga menjelaskan, tahapan pelaksanaannya adalah pendataan, pemeriksaan tekanan darah dan nadi, screening, dan lainnya,” papar dr. Ika.

Selanjutnya, jemaah calon haji juga harus melakukan tes PCR sebagai antisipasi penularan virus Covid-19. Namun untuk PCR pemeriksaannya nanti oleh pihak Rumah Sakit.

“Karena tadi hanya pengambilan sampel saja oleh Labkesda. Ini tes pertama sebagai pendeteksi awal,” ujarnya.

Sedangkan, untuk tes PCR kedua akan dilakukan 72 jam sebelum keberangkatan jemaah calon haji. Jika pemeriksaan pertama hasilnya ada yang positif, maka hari berikutnya atau hari kelima harus tes lagi.

“Insya Allah bisa berangkat karena ada masa karantina selama 10 hari,” pungkas dr. Ika. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)