Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BisnisAlasan Membeli Saham yang Dilakukan Investor Ternyata Ini Faktanya

Alasan Membeli Saham yang Dilakukan Investor Ternyata Ini Faktanya

Alasan membeli saham masih sering membuat penasaran banyak orang. Padahal setiap investor memiliki alasan masing-masing.

Investasi saham menjadi salah satu yang cukup digandrungi oleh sebagian besar masyarakat termasuk Indonesia. Investasi yang satu ini menawarkan berbagai kemudahan dengan keuntungan yang besar.

Selain itu, dengan menjalankan investasi saat ini bisa dilakukan via digital. Sehingga membuat siapa saja bisa menjalankan investasi saham.

Modalnya yang tidak terlalu besar juga menjadi alasan membeli saham.

Dalam dunia bisnis, ada banyak jenis investasi yang cukup direkomendasikan. Bisa emas, valas, properti, dan masih banyak yang lainnya. Namun saham menjadi investasi paling banyak diminati.

Baca Juga: Cara Membeli Saham Right Issue Melalui Sekuritas, Ikuti Langkahnya

Beberapa Alasan Membeli Saham Bagi Investor

Investasi saham menjadi alat yang ampuh untuk mengatasi inflasi daya beli masyarakat. Investasi saham juga menawarkan risiko dengan hasil yang seimbang.

Setiap investor tentu memiliki alasan masing-masing mengapa memilih instrumen tersebut. Ada banyak alasan yang kami rangkum dalam ulasan berikut ini.

Mudah dalam Transaksi

Alasan membeli saham yang pertama yaitu karena transaksinya mudah.

Saham cukup mudah dijual belikan daripada instrumen lainnya yang membutuhkan benda atau sertifikat.

Bahkan ada juga jenis instrumen yang membutuhkan surat perjanjian dengan menyewa notaris. Sedangkan untuk saham sendiri hanya cukup menelepon broker saja.

Akan ada online trading sehingga hanya perlu klik mouse pada keyboard, maka transaksi sudah dapat berlangsung.

Baca Juga: Cara Menjual Saham Suspend di Pasar Nego, Risiko Harganya Turun

Transaksi Bisa di Mana Saja

Saham menjadi instrumen yang cukup praktis terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan padat. Anda bisa melakukan jual beli saham tanpa harus keluar rumah.

Saat ini dengan adanya media online, semua dapat membuat investasi lebih praktis. Anda pun bisa melakukan transaksi di mana saja.

Sambil melakukan aktivitas lain pun Anda bisa melakukan transaksi saham dengan segudang alasan pembeliannya.

Transparan dan Likuid

Banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan dengan berbagai metode tersendiri. Saham juga memiliki banyak kemudahan termasuk investasi yang bersifat transparan.

Hal ini terjadi akibat permintaan dan penawaran serta jumlah permintaan atau penawaran jelas. Semua sudah OJK atau Otoritas Jasa Keuangan tentukan.

Perusahaan yang listing di bursa dapat diakses oleh publik. Sehingga investor dapat melakukan analisa kondisi dan prospek sebuah perusahaan. Saham termasuk investasi yang likuid dan mudah untuk dijual.

Baca Juga: Strategi Swing Trading Saham Membantu Trader Meraup Keuntungan

Modal Investasi Kecil

Terkadang banyak orang yang takut untuk melakukan investasi. Salah satu alasannya karena investasi membutuhkan modal besar. Namun berbeda dengan saham.

Instrumen yang satu ini bahkan dapat Anda lakukan cukup dengan modal Rp 100.000 saja. Anda pun tidak perlu melakukan pembelian saham sekaligus.

Anda bisa membelinya dengan metode cicilan. Sesuaikan investasi dengan kemampuan masing-masing. Banyak hal yang menjadi alasan membeli saham termasuk modal yang relatif kecil. (R10/HR-Online)