Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaGaya HidupKhazanahAmalan Sebelum Sholat Jumat, Lakukan untuk Dapatkan Banyak Pahala

Amalan Sebelum Sholat Jumat, Lakukan untuk Dapatkan Banyak Pahala

Amalan sebelum sholat Jumat menjadi salah satu sunah yang bisa kita amalkan. Sebagaimana Islam menjelaskan bahwasanya hari Jumat merupakan hari besar dalam Islam. Hukum melaksanakan sholat Jumat juga wajib bagi kaum laki-laki. Jumlahnya 2 rakaat dikerjakan secara berjamaah.

Sebagaimana Allah berfirman, Wahai orang-orang yang beriman, apabila telah diseru kepada kalian untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat maka bersegeralah untuk mengingat Allah. Tinggalkan jual beli karena yang demikian itu lebih baik bagimu apabila kamu mengetahui (Qs. Al-Jumuah ayat 9)

Agama Islam dengan sempurna nya juga sudah mengatur beberapa hal dalam pelaksanaan sholat Jumat tersebut. Termasuk juga amalan ibadah sunnah yang bisa kita amalkan sebelumnya. Seorang muslim yang mengerjakan sholat Jumat maka sudah gugur kewajibannya untuk melaksanakan sholat zuhur.

Dalam Islam juga menjelaskan bahwa Jumat itu merupakan salah satu hari yang terdapat banyak kemuliaan serta keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah dengan adanya sholat Jumat pada hari Jumat.

Tetapi untuk menyempurnakan pahala pada hari Jumat tersebut nyatanya terdapat beberapa amalan yang bisa kita lakukan. Sudah Tahukah Anda apa saja amalannya?

baca juga: Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Berikan Perlindungan

Amalan Sebelum Sholat Jumat yang Bisa Anda Lakukan

Dalam hadis riwayat Muslim menjelaskan, bahwa sebaik-baik hari ketika matahari terbit adalah pada hari Jumat. Pada hari itu juga Adam diciptakan, lalu ia masuk ke surga dan pada hari itu juga Adam keluar dari surga.

Kelak kiamat juga akan terjadi pada hari Jumat. Bukan hanya itu saja tetapi dalam agama Islam Jumat merupakan salah satu hari yang mempunyai keutamaan setelah malam Lailatul Qadar.

Sehingga tidak heran apabila banyak orang juga yang memuliakan hari Jumat daripada 6 hari lainnya dalam waktu seminggu. Bagi Anda yang sebelum melaksanakan sholat Jumat bingung mau melakukan apa, berikut ini beberapa amalan yang bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan pahala sholat Jumat tersebut.

baca juga: Adab Berdoa Agar Cepat Terkabul, Berikut Cara dan Penjelasannya!

Mandi

Untuk amalan sebelum sholat Jumat yang pertama adalah mandi. Mandi juga termasuk salah satu cara untuk membersihkan diri. Baginda Nabi Muhammad juga mengajarkan sebelum kita melaksanakan sholat Jumat maka hendaknya mandi terlebih dahulu.

Ketika sholat Jumat Biasanya kita pergi ke masjid. Sedangkan Masjid itu sendiri merupakan rumah Allah. Bayangkan saja setelah kita melakukan banyak aktivitas kemudian langsung pergi sholat Jumat.

Bukan tidak mungkin apabila hal tersebut menyebabkan kurang khusyuknya Anda ataupun orang sekitar Anda. Penyebabnya bisa saja bau badan ataupun bau keringat.

Maka dengan demikian usahakan mandi terlebih dahulu. Mandi saja juga tidak cukup. Jangan lupa juga untuk keramas. Sehingga ketika datang ke masjid melaksanakan sholat Jumat khusyuk, tumakninah, dan nyaman.

baca juga: Amalan Agar Terbebas Utang dalam Ajaran Islam

Bersiwak

Selain mandi, bersiwak menjadi salah satu amalan sebelum sholat Jumat. Kita juga paham betul bahwa salah satu aspek kebersihan yang harus kita perhatikan adalah kebersihan mulut. Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwasanya mulut itu merupakan sarana komunikasi dengan orang lain.

Ketika mulut baunya tidak sedap sudah pasti akan mengganggu kenyamanan. Untuk itu, Rasulullah juga menganjurkan kepada umatnya selalu membersihkan mulut. Salah satunya adalah dengan bersiwak.

Apabila Anda kesulitan dalam mengamalkan amalan ini, Anda bisa menggantinya dengan menyikat gigi atau cara lainnya yang dapat menghilangkan bau mulut.

Gunakan Pakaian Terbaik

Tak hanya itu saja, ternyata menggunakan pakaian terbaik juga termasuk amalan sebelum sholat Jumat. Karena saat kita ingin melaksanakan sholat itu kita akan bertemu dengan Allah, maka usahakan untuk selalu menggunakan pakaian terbaik.

Logikanya begini, ketika kita ingin menemui Doi saja terkadang membeli baju baru, celana baru, pokoknya pakaian yang terbaik. Tetapi kenapa saat ingin bertemu Allah yang sudah memberikan kita segalanya, malah kita menggunakan pakaian yang biasa-biasa saja. 

Sedangkan Doi itu siapa? Lalu Allah itu siapa? Siapa yang seharusnya kita jadikan prioritas? Apakah pakaian terbaik harus kita gunakan ketika akan bertemu Doi atau Allah? Pikirkan karena terkadang otak manusia itu pintar namun dibuat bodoh oleh dirinya sendiri.

Menggunakan Wangi-wangian

Menggunakan wewangian juga termasuk amalan sebelum sholat Jumat. Selain menyemprotkan parfum atau pewangi yang lainnya mengoleskan minyak rambut juga bisa anda lakukan. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa beliau menyukai yang ada di dunia ini adalah istriku dan wewangian. Tapi aku juga menjadikan sholat sebagai suatu kesenanganku.

Dengan adanya beberapa amalan sebelum sholat Jumat tersebut harapannya dapat menjadikan ibadah kita semakin lebih khusyuk dan nyaman. Pada intinya usahakan untuk selalu tampil lebih baik ketika ingin menghadap Allah ataupun sholat. (Muhafid/R6/HR-Online)