Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruAplikasi Sinyal TV Digital, Buruan Cek Sebelum TV Analog Disuntik Mati

Aplikasi Sinyal TV Digital, Buruan Cek Sebelum TV Analog Disuntik Mati

Aplikasi Sinyal TV Digital akan membantu Anda untuk melihat kuatnya sinyal siaran digital di wilayah tempat tinggal.

Pemerintah sendiri telah memulai program suntik mati TV Analog yang dikenal dengan ASO atau Analog Switch Off. Masyarakat diminta pindah ke siaran TV Digital setelah siaran Analog dimatikan.

Baca Juga: Mau Beralih ke TV Digital? Ini Harga Set Top Box SNI Terbaru di Ciamis

Target pemerintah pada 2 November seluruh daerah di Indonesia sudah beralih ke TV Digital dan TV Analog dimatikan sepenuhnya.

Persiapan Menjelang Suntik Mati TV Analog

Menjelang suntik mati TV Analog, masyarakat diharapkan sudah beralih ke TV Digital meskipun daerahnya belum terdampak ASO.

Untuk menikmati siaran TV Digital, tak perlu membeli TV baru atau antena baru. Karena untuk menangkap siaran digital hanya perlu menambahkan perangkat Set Top Box.

Set Top Box merupakan perangkat yang bisa menangkap siaran digital meskipun menggunakan TV analog.

Selanjutnya, Anda perlu mengecek sinyal siaran digital di daerah Anda. Dalam laman siarandigital.kominfo.go.id, cara mengecek sinyal siaran digital bisa melalui aplikasi Sinyal TV Digital melalui playstore. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari Kementerian Kominfo RI.

Berikut Cara Mengecek Sinyal TV Digital dengan Aplikasi

Pertama, unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Playstore.

Kedua, saat Anda membuka aplikasi, Anda akan diminta untuk mengizinkan akses ke lokasi Anda. Maka pilih Izinkan.

Baca Juga: Pakai TV Digital, Siaran MotoGP Kok Hilang? Ini Penjelasan

Ketiga, Sinyal TV Digital akan menampilkan peta sesuai lokasi di mana Anda berada saat itu. Cek pada bagian kiri bawah aplikasi, di sana terdapat kolom Legend. Anda klik kolom Legend tersebut.

Setelah itu, aplikasi akan menampilkan sinyal siaran digital dengan simbol warna pada peta. Peta dengan warna merah berarti di daerah tersebut sinyal digital sangat kuat.

Apabila peta menunjukkan warna kuning atau hijau, berarti di daerah tersebut sinyal siaran digital sedang.

Namun apabila peta memperlihatkan warna abu-abu, berarti di daerah tersebut sinyal siaran TV Digital-nya lemah.

Sinyal lemah yang terlihat pada aplikasi bisa karena di daerah tersebut masuk area blankspot atau tanpa sinyal siaran televisi.

Namun, bisa juga siaran Analog-nya masih tumpang tindih dengan siaran digital, lantaran siaran TV Analog belum sepenuhnya dimatikan di daerah tersebut.

Itulah aplikasi yang bisa membantu Anda mengecek sinyal TV Digital. Pastikan Anda sudah beralih ke TV Digital yang jernih dan bersih gambarnya, serta memiliki lebih banyak saluran TV. (Karwati/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

#ASO #ASO2022 #AnalogSwitchOff #SiaranDigitalIndonesia #TVDigital