Selasa, November 29, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Terus Terang Hadir Layani Pengaduan Masyarakat Batanghari

Aplikasi Terus Terang Hadir Layani Pengaduan Masyarakat Batanghari

Aplikasi Terus Terang hadir sebagai layanan pengaduan masyarakat, khususnya lingkup Kabupaten Batanghari secara online.

Melalui aplikasi ini, masyarakat setempat dapat melaporkan perihal tentang lampu penerangan jalan, lokasi jalan berlubang, hingga kebersihan lingkungan.

Laporan tersebut masyarakat sampaikan kepada OPD yang berada di Pemkab Batanghari. Dengan adanya laporan dari masyarakat yang sesuai dengan yang telah mereka sampaikan melalui aplikasi pengaduan tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Mitra Keliling Woobiz Berikan Peluang Bisnis Menarik, Simak!

Mengenal Apa Itu Aplikasi Terus Terang

Saat ini Dinas Komunikasi, Informasi Kabupaten Batanghari berhasil meluncurkan aplikasi sebagai sarana pengaduan masyarakat yakni secara online. Bantuan tersebut berupa pengaduan masyarakat yang tertuju pada Pemkab Batanghari.

Kemudian pengadaan aplikasi ini mengusung nama aplikasi “Terus Terang”, bertujuan sebagai salah satu sarana atau layanan pengaduan bagi masyarakat Kabupaten Batanghari berhubungan dengan berbagai fasilitas umum.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa hal yang dapat masyarakat laporkan meliputi kebersihan lingkungan, lampu penerangan jalan, hingga lokasi jalan berlubang.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Batanghari sudah membuat program yang bernama Swakelola, khusus untuk pemeliharaan jalan.

Program ini hadir untuk antisipasi penanganan ruas jalan yang tidak masuk anggaran, akan tetapi memerlukan penanganan. Program Swakelola ini khusus bagi status jalan yang masuk dalam SK Nomor 3003.

Sementara itu, Pemkab Batanghari telah mengalokasikan dana anggaran sebesar Rp 6,8 miliar untuk program ini.

Melalui aplikasi Terus Terang ini, masyarakat Batanghari kini tidak perlu sungkan lagi untuk melaporkan tentang kondisi jalan yang telah mengalami kerusakan di daerah masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi Inventory Management, Fitur Lengkap Permudah Aktivitas Bisnis!

Cara Kerja Aplikasi

Melalui aplikasi Terus Terang, pemerintah Kabupaten Batanghari akan menerima laporan dari masyarakat terkait dengan berbagai masalah yang terjadi pada fasilitas umum yang ada.

Dalam laporan tersebut, hendaknya disertakan dengan dokumentasi serta lokasi yang jelas. Setiap laporan akan masing-masing admin terima.

Masing-masing OPD memiliki admin sendiri pada aplikasi ini. Selanjutnya, akan ada tim yang melakukan pengecekan ke lokasi sesuai dengan laporan.

Tim yang terjun ke lokasi akan melakukan pendataan, pengukuran, serta pengecekan kelengkapan data. Kemudian akan berlanjut dengan adanya perbaikan.

Melalui aplikasi Terus Terang, masyarakat pun tidak perlu bersusah payah untuk menyampaikan keluhan kepada Pemkab Batanghari.

Selain menunggu laporan dari masyarakat, pihak Dinas PUPR juga akan melakukan jemput bola pada saat melihat jalan yang mengalami kerusakan dan memerlukan adanya penanganan.

Aplikasi ini melalui proses pengenalan pada masing-masing OPD sejak awal tahun 2022. Selanjutnya, aplikasi ini mulai stabil masyarakat gunakan sejak bulan April terhadap pengelolaan pada setiap OPD.

Baca Juga: Aplikasi Social Pedia DisCas Karya Anak Bangsa, Launching di Metaverse!

Harapannya, dengan hadirnya aplikasi Terus Terang ini akan semakin memudahkan dalam penanganan berbagai fasilitas umum terkait penanganan secara lebih cepat.

Dengan demikian, masyarakat secara langsung dapat membantu bersinergi dengan pihak pemerintah Batanghari untuk menetralisirkan permasalahan di setiap daerah. (R10/HR-Online)