Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita NasionalCara Cek Sinyal TV Digital, Pakai Aplikasi Ini!

Cara Cek Sinyal TV Digital, Pakai Aplikasi Ini!

Cara cek sinyal TV Digital perlu Anda ketahui, hal ini lantaran pemerintah sudah memulai program Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV Analog dalam tiga tahap.

Tahap pertama sudah dilakukan pada 30 April 2022, siaran TV Analog di 8 kabupaten/kota dimatikan. Sehingga untuk menikmati siaran televisi, masyarakat harus beralih ke siaran TV Digital.

Selanjutnya, tahap kedua ASO akan dilakukan pada 25 Agustus 2022 di sejumlah kabupaten/kota. 

Tahap ketiga pada 2 November 2022, setelah itu tidak ada lagi siaran TV Analog yang mengudara. Karena siaran televisi sudah beralih sepenuhnya ke siaran TV Digital di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mau Beralih ke TV Digital? Ini Harga Set Top Box SNI Terbaru di Ciamis

Bagaimana caranya masyarakat menikmati siaran TV Digital? Dalam laman siarandigitalkominfo.go.id dijelaskan, Anda perlu memastikan apakah wilayah tempat tinggal sudah bisa menangkap siaran digital?

Anda perlu mengecek sinyal TV Digital, caranya Anda bisa mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital, aplikasi resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Berikut cara cek sinyal TV Digital dengan aplikasi:

Pertama, unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store App Store.

Kedua, buka aplikasi Sinyal TV Digital yang sudah Anda unduh.

Ketiga, aplikasi Sinyal TV Digital akan meminta izin untuk mengakses lokasi Anda.

Keempat, Anda pilih Izinkan agar aplikasi bisa mengakses lokasi.

Kelima, setelah Anda pilih Izinkan, aplikasi Sinyal TV Digital akan menampilkan peta sesuai lokasi.

Keenam, pada bagian kiri bawah terdapat kolom Legend. Cara cek sinyal TV Digital selanjutnya, Anda bisa meng-klik kolom Legend.

Baca Juga: Pakai TV Digital, Siaran MotoGP Kok Hilang? Ini Penjelasan Kemkominfo

Selanjutnya aplikasi akan menampilkan lokasi sinyal TV Digital dari mulai sinyal kuat hingga lemah.

Ketujuh, Anda bisa mengecek warna pada peta untuk mengetahui ada atau tidaknya siaran digital.

Jika peta berwarna merah, hal ini berarti lokasi tersebut memiliki sinyal siaran TV Digital yang kuat. 

Apabila peta berwarna kuning atau hijau, ini berarti lokasi tersebut memiliki sinyal siaran TV Digital sedang.

Selanjutnya, apabila peta menampilkan warna abu-abu, ini berarti lokasi tersebut memiliki sinyal siaran TV Digital yang lemah.

Itulah cara cek sinyal TV Digital melalui aplikasi dari Kemkominfo. 

Cara Menonton Siaran TV Digital

Jika sudah mengecek apakah sinyal siaran TV Digital tersedia di daerah Anda, selanjutnya untuk menonton siaran TV Digital, Anda perlu mengecek pesawat televisi yang Anda gunakan.

Apakah televisi sudah bisa menangkap siaran televisi digital DVBT2. Jika hanya bisa menangkap siaran TV Analog, jangan buru-buru membeli televisi baru, karena Anda hanya perlu membeli Set Top Box untuk menikmati siaran digital.

Antena UHF yang Anda gunakan untuk menangkap siaran televisi baik yang outdoor maupun indoor masih bisa Anda gunakan untuk menangkap siaran digital. 

Anda hanya perlu menambahkan Set Top Box. Perangkat tersebut akan membantu menangkap sinyal siaran digital meskipun TV di rumah Anda masih TV Analog. Pastikan Anda menggunakan Set Top Box yang sudah bersertifikasi dari Kemkominfo atau sudah SNI.

Setelah memasang Set Top Box, Anda tinggal melakukan setting untuk menangkap siaran TV Digital.

Apabila sudah tersambung, pilih Setting atau Pengaturan. Selanjutnya pilih auto scan untuk mencari program siaran TV digital.

Keunggulan Siaran TV Digital

Kemkominfo mengklaim siaran TV Digital akan lebih bersih, jernih, dan canggih dibanding TV Analog. Siarannya tidak akan terganggu meskipun cuaca buruk, kualitas gambar tetap bersih dan jernih tidak akan bersemut.

Baca Juga: Jangan Salah! Pindah ke Siaran Digital Tak Perlu Beli TV Baru

Selain itu untuk menikmati siaran TV Digital tidak dikenakan biaya apapun. TV Digital berbeda dengan TV berlangganan. Termasuk juga, Anda tak perlu internet untuk menonton TV Digital, karena itu tak perlu khawatir masalah kuota.

Keunggulan lainnya, program televisi yang ditangkap siaran digital akan lebih banyak. Sehingga masyarakat bisa menikmati lebih banyak konten bervariasi.

Siaran digital juga dilengkapi dengan Early Warning System (EWS) yaitu peringatan dini bencana. Apabila ada bencana di sekitar Anda, pesawat televisi akan langsung memberi peringatan adanya bencana tersebut lengkap dengan status kebencanaan.

Fitur lainnya yang tak kalah bermanfaat pada siaran TV Digital adalah fitur proteksi siaran untuk anak-anak sehingga tayangan acara yang ditampilkan akan lebih ramah anak.

Itulah cara cek sinyal TV Digital lengkap dengan cara menonton dan keunggulan dari siaran TV Digital. Ayo migrasi ke siaran TV Digital! (Karwati/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

#ASO #ASO2022 #SiaranDigitalIndonesia #TVDigital #AnalogSwitchOff