Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Copy File Android ke OTG dengan Langkah yang Mudah, Simak!

Cara Copy File Android ke OTG dengan Langkah yang Mudah, Simak!

Cara copy file Android ke OTG kini sangat mudah, sayangnya beberapa orang justru malah tidak tahu bagaimana langkah yang tepat.

Nah, sebagai pengguna HP Android, mungkin Anda sudah pernah berniat untuk memindahkan file yang ada di HP ke flashdisk.

Tapi bagaimana caranya? Pasalnya colokan flashdisk tidak ada di HP.

Untuk bisa melakukannya, maka Anda membutuhkan kabel penghubung yang namanya OTG atau On The Go. Sebab, kabel inilah yang bisa menjadi jembatan antara flashdisk dan HP.

Baca Juga: Cara Membuat File TXT di Android dengan Menggunakan Langkah Ini

Cara Copy File Android ke OTG yang Paling Simpel dan Mudah

Smartphone adalah salah satu perangkat elektronik atau barang pribadi yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Selain untuk alat berkomunikasi, HP juga bisa untuk menyimpan berbagai macam dokumen maupun data-data lainnya.

Tidak hanya itu saja, saat ini HP juga sudah lengkap dengan berbagai macam fasilitas yang tentunya akan memudahkan pekerjaan.

Sebut saja seperti kabel OTG yang merupakan kabel untuk membaca data dari perangkat USB tanpa memerlukan laptop.

Banyak orang yang kini juga mencari informasi tentang bagaimana cara copy file Android ke OTG dengan mudah.

Akan tetapi jika Anda belum memiliki kabel USB OTG ini, maka bisa membelinya terlebih dahulu di sejumlah toko-toko elektronik.

Sehingga Anda tidak perlu menggunakan perangkat laptop untuk bisa memindahkan file dari HP ke flashdisk tersebut. Sebab cukup gunakan kabel OTG ini saja, maka proses pemindahan maupun penyalinan akan terasa sangat mudah.

Baca Juga: Cara Membuka File EXE di HP Android dengan Bantuan Aplikasi aFreeBox 

Apa Itu OTG?

Sebelum lebih lanjut ke cara copy file Android ke OTG, ada baiknya lagi jika Anda mengetahui pengertian USB OTG tersebut.

Jadi OTG merupakan kabel dengan kemampuan untuk bisa membaca flashdisk serta melakukan pertukaran file dengan mudah.

Kabel OTG adalah spesifikasi standar yang akan memungkinkan perangkat untuk membaca data dari perangkat USB tanpa PC.

Memang, setiap perangkat sudah pasti bisa menjadi host USB, akan tetapi tak semua perangkat mempunyai kemampuan untuk menyambungkan.

Oleh karena itu, kabel OTG sangat diperlukan karena akan menjadi konektor antar perangkat untuk menyalin berbagai macam data.

Sehingga bagi Anda yang berkeinginan untuk memindahkan file dari HP ke flashdisk misalnya, maka bisa memanfaatkan OTG. Karena akan ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan kabel USB tersebut.

Fungsi Kabel OTG

Sebelum mengetahui bagaimana cara copy file Android ke OTG lagi maka Anda juga harus mengetahui apa fungsi USB tersebut. Jadi salah satu fungsi utama dari OTG ini adalah bisa menghubungkan flashdisk dengan mudah.

Mungkin saja Anda sudah pernah menggunakan flashdisk untuk menyimpan berbagai macam dokumen maupun dat.

Lalu apabila ingin menyalin atau membuka data, maka Anda harus menggunakan komputer atau laptop untuk disambungkan ke flashdisk itu.

Walaupun demikian, Anda juga masih dapat menyambungkan flashdisk itu langsung ke HP Android tanpa OTG. Caranya adalah dengan menyambungkan kabel USB OTG pada flashdisk dengan HP.

Selain itu Anda juga bisa membuka berbagai dokumen dan data yang sudah tersimpan di dalam flashdisk. Anda juga dapat menyalin data dari flashdisk ke HP dengan mudah pula.

Baca Juga: Cara Menghapus File Duplikat di Android dengan Beberapa Langkah

Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk

Cara copy file Android ke OTG sebenarnya sangat mudah untuk Anda lakukan tanpa perlu menggunakan bantuan laptop. Untuk langkah yang pertama pastikan Anda sudah memiliki kabel USB OTG ini terlebih dahulu.

Jika sudah, kemudian hubungkan flashdisk ke HP dengan kabel USB OTG itu. Nanti secara otomatis akan langsung muncul Icon Memory pada bagian pojok kiri atas layar HP.

Kemudian buka saja aplikasi File Manager, kemudian pilihlah file mana saja yang ingin Anda pindahkan ke flashdisk dengan memberi centang.

Jika sudah, pilihlah opsi copy atau salin dan cari Drive External Storage flashdisk yang telah terhubung ke HP Anda.

Terakhir tinggal menentukan folder dalam flashdisk yang mana Anda ingin memindahkan file tersebut lalu paste atau tempel. Selesai, kini file dari HP sudah berhasil Anda salin atau pindahkan ke flashdisk.

Setelah mengetahui cara copy file Android ke OTG dan fungsi kabel USB, kini saatnya Anda untuk menerapkannya sendiri. Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)