Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Install File APK di iPhone Bisakah Dilakukan? Simak Ulasan Lengkap!

Cara Install File APK di iPhone Bisakah Dilakukan? Simak Ulasan Lengkap!

Cara install file APK di iPhone apakah benar-benar dapat pengguna lakukan? Lalu apakah yang dimaksud dengan file APK tersebut?

Untuk lebih jelasnya berikut ini dapat kita simak ulasan secara rinci.

Baca Juga: Cara Mengunci Jaringan iPhone Paling Efektif, Akses Internet Jadi Lancar

Bagaimana Cara Install File APK di iPhone?

Seperti yang kita tahu bahwa iPhone cukup populer sebagai smartphone kualitas premium yang dibuat oleh perusahaan besar bernama Apple.

Ini merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California. Hadir dengan berbagai bahan kualitas premium yang membuatnya sangat elegan saat digunakan oleh siapapun.

Meskipun saat ini banyak yang menggunakan perangkat iPhone, akan tetapi tidak sedikit dari penggunanya yang belum mengetahui bagaimana cara install file APK di iPhone.

Sayangnya, untuk dapat install file APK di iOS terutama pada perangkat iPhone tidak bisa pengguna lakukan. Hal ini karena memang biasanya untuk versi Mac harus mempunyai support aplikasi yang original besutan Apple tersebut.

Sehingga peran pengguna harus menunggu lebih sabar lagi untuk dapat membuka file APK di iOS atau iPhone. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Paling Praktis

Mengenal File APK

Sebelum mengetahui bagaimana cara install file APK di perangkat iPhone, maka tidak ada salahnya bagi Anda memahami apa yang maksud dari istilah file APK. File APK merupakan singkatan dari Android Application Package.

Ini adalah sebuah format file yang bermanfaat untuk menginstall software (game atau aplikasi) pada sistem operasi Android. Sama seperti sistem Windows yang memanfaatkan sebuah file .exe untuk dapat menginstall software.

Maka, jika Windows menggunakan .exe sedangkan Android menggunakan .APK.

Para pengguna dapat menginstall game dan aplikasi Android langsung dari Google Play Store. Namun jika berbicara tentang APK, maka ini berarti pengguna mencari serta men-download file APK di luar Google Play.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses aplikasi yang bocor saat menjelang rilis resmi mereka. Bahkan para pengguna dapat men-download aplikasi yang dilarang (banned).

Akan tetapiĀ  hal ini tidak direkomendasikan, kecuali para pengguna yang cukup ahli dalam hal ini.

APK file baru banyak yang sering bocor terlebih dahulu, sehingga memberikan pengguna akses awal yang menarik ke semua fitur baru, yang mungkin nantinya fitur itu tidak akan tersedia untuk pengguna.

Install File APK di iPhone

Seperti yang Anda ketahui, file APK merupakan file yang Google buat khusus untuk perangkat OS Android. Dengan demikian, pengguna tidak mungkin dapat mengunduh jenis file ini di iPhone.

File APK bekerja secara berbeda dari cara kerja aplikasi yang terdapat di iOS. Oleh karena itu, dengan beberapa alasan, aplikasi Android dan aplikasi iOS tidak berfungsi satu sama lain.

Maka para pengguna perlu memahami bahwa mereka tidak dapat menginstall file APK langsung dari iPhone.

Satu-satunya hal yang dapat pengguna pertimbangkan untuk install file APK di iPhone adalah dengan cara menggunakan versi APK dari file yang dirancang khusus untuk perangkat iOS.

Solusi untuk dapat menginstall file APK di iPhone adalah dengan memilih versi IPA dari aplikasi atau file yang ingin pengguna peroleh. Ini jika ada yang tersedia di aplikasi App Store iPhone.

Baca Juga: Cara Pakai iPhone untuk Pemula Paling Dasar, Pelajari dengan Cermat!

Cara Install File Aplikasi .IPA di iPhone

Solusi tepat untuk mengatasi cara install file APK di iPhone yang tidak mungkin pengguna lakukan adalah dengan install di perangkat iPhone file aplikasi .IPA.

Cara install file aplikasi .IPA di iPhone dapat pengguna lakukan dengan beberapa cara, proses penggunaannya pun tanpa akses jailbreak.

  1. Pertama, pengguna perlu mengunduh versi IPA dari file APK sesuai dengan keinginan.
  2. Langkah selanjutnya, unduh dan instal aplikasi lain, bernama Cydia Impactor. Tanpa aplikasi ini, pengguna tidak mungkin dapat masuk ke akun Apple untuk menggunakan file IPA yang sudah mereka unduh.
  3. Setelah itu, pengguna perlu menghubungkan perangkat iOS dengan perangkat Windows atau perangkat MAC.
  4. Setelah berhasil menghubungkan perangkat iOS, langkah berikutnya buka aplikasi Cydia Impactor.
  5. Selanjutnya pengguna perlu melanjutkan dan menempelkan file IPA yang sudah pengguna unduh.
  6. Berikutnya, pengguna perlu verifikasi ulang ID Apple Anda. Setelah itu tap ID untuk memulai proses instalasi file IPA.

Cara install file APK di iPhone, maka pengguna harus terlebih dahulu mencari file IPA yang setara dengan file APK yang ingin pengguna unduh.

Terdapat sejumlah aplikasi lain yang memungkinkan pengguna masuk ke ID Apple serta menginstall file IPA tanpa melakukan jailbreak pada perangkat atau menggunakan tweak apa pun. (R10/HR-Online)

- Advertisment -