Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melihat Page Source di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara Melihat Page Source di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara melihat page source di Android bisa dilakukan tanpa aplikasi. Anda pun bisa memperoleh informasi secara lengkap. Melihat sumber melalui situs komputer atau laptop akan jauh lebih mudah.

Namun apakah hal tersebut juga bisa Anda terapkan pada ponsel Android? Tentu jawabanya pasti bisa. Kemajuan dunia teknologi yang semakin canggih membuat banyak hal dapat dilakukan melalui genggaman tangan saja.

Cara ini bisa Anda lakukan baik untuk browser chrome, firefox, hingga opera mini Android. Kode sumber pada sebuah halaman adalah kode HTML yang browser terjemahkan menjadi sebuah tampilan yang biasa kita lihat.

Bagi mereka yang bergelut dalam dunia teknologi misalnya seorang blogger maupun web developer. Sebab mereka mengetahui cara melihat page source di android adalah suatu hal yang penting.

Cara ini dilakukan untuk dapat mengetahui apakah pemakaian kode sumber sudah benar demi keamanan atau perbaikan bug blognya. Untuk browser desktop atau komputer biasanya sudah dilengkapi dengan fitur View Page Source (tampilkan kode sumber).

Berbeda dengan browser Android belum ada cara untuk menampilkan sumber tersebut. Meski demikian Anda tidak perlu panik. Sebab ada cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Buat TV Tuner Android Sendiri yang Bisa dilakukan dengan Mudah

Cara Melihat Page Source di Android Tanpa Aplikasi

Cara untuk melihat sebuah sumber baik itu komputer maupun Android tidak sama. Semua memiliki caranya masing-masing. Namun untuk menampilkan source code browser desktop biasanya seragam.

Anda cukup menekan kombinasi shortcut Ctrl + U atau cukup klik kanan dan pilih view page source. Akan tetapi untuk browser Android biasanya memiliki cara yang tidak sama. Adapun rinciannya yaitu:

Menampilkan Sumber Browser Android

Cara melihat page source di Android memang berbeda-beda. Seperti halnya ketika Anda hendak melihat kode sumber website pada browser bawaan Android.

Anda cukup gunakan langkah mudah. Buka browser Android dan kunjungi halaman yang ingin dilihat HTML nya. Saat melihat bagian address bar atau kolom URL masukkan kode khusus.

Selanjutnya tekan go dan nantinya browser akan memberikan informasi tentang kode sumber HTML di Android. Sebaiknya catat atau hafalkan kode tersebut untuk memudahkan saat Anda hendak menggunakannya.

Baca Juga: Cara Kerja NFC di Android, Bisa Mentransfer Data dengan Mudah, Simak!

Melihat Kode pada Chrome dan Firefox Android

Berbeda lagi dengan cara melihat page source di Android pada chrome dan firefox. Sebenarnya cara ini hampir sama seperti Anda melihat source code pada browser desktop.

Bedanya pada Android Anda tidak akan menemukan menu, sehingga hal tersebut dilakukan secara manual. Dari halaman mana saja Anda bisa geser layar ke atas untuk dapat melihat kotak address bar.

Jika cara ini terlalu rumit, Anda bisa copy alamat tujuan > ketik view source: (paste)https://alamat.target. Meski ditujukan untuk browser chrome dan firefox tidak menutup kemungkinan cara ini juga berlaku untuk browser Android lainnya.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk beberapa browser Android lainnya. Sedangkan untuk mencari teks dalam code source, silahkan pilih menu Find in Page.

Silahkan klik menu utama tiga titik chrome dan pilih menu find in page. Selanjutnya akan muncul kata kunci atau keyword yang sedang Anda cari. Namun untuk menemukan kata kunci, bisa tekan saja tombol panah pada bagian samping.

Ada arah anak panah ke bawah untuk mencari kode setelahnya. Namun untuk arah panah ke atas untuk mengembalikan atau sebelumnya. Anda bisa gunakan cara melihat page source di Android tersebut.

Baca Juga: Cara Nembak WiFi dengan Android Ampuh Meski Jarak Cukup Jauh

Menampilkan Source Code Opera Mini Android

Bagi Anda yang ingin melihat kode sumber web dengan opera mini Android, sebenarnya caranya hampir sama. Bahkan bisa tergolong mudah untuk Anda lakukan.

Saat Anda ingin melihat sumber pada sebuah halaman, segera geser ke atas untuk memunculkan kotak address bar. Selanjutnya bisa ketik kode Server Source dan tekan tombol go.

Alamat yang akan keluar nantinya sesuai dengan target situs atau website yang ingin Anda lihat kodenya. Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan sekaligus report source code dari opera mini.

Cukup salin kode pada kolom address bar dan tekan enter. Ganti HTTP dengan target halaman. Dari semua informasi ini menandakan jika cara melihat page source di Android memiliki cara yang berbeda-beda. (R10/HR-Online)