Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Android Lebih Ringan dan Optimal, Coba Lakukan Tips Ini!

Cara Membuat Android Lebih Ringan dan Optimal, Coba Lakukan Tips Ini!

Cara membuat Android lebih ringan adalah hal yang penting untuk Anda lakukan, sebab mampu membuatnya kembali normal dan optimal.

Pasalnya seiring dengan berjalannya waktu, maka kinerja HP semakin lama juga akan semakin lemot.

Bahkan HP Android tercepat pun juga bakalan menunjukkan usianya jika sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Nah, apabila ponsel kesayangan Anda sudah seperti itu, ada baiknya untuk melakukan beberapa cara ini agar kembali ringan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Download Lambat di Android yang Tepat, Pasti Ngebut!

Cara Membuat Android Lebih Ringan yang Sangat Mudah dan Simpel

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa HP Android kini telah menjadi salah satu perangkat yang populer di dunia.

Betapa tidak, sebab smartphone seperti ini hadir dengan segudang fitur keren dan menarik yang membuat penggunanya merasa senang.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka HP bisa semakin melambat sehingga performanya tidak bagus lagi.

Hal seperti ini bisa terjadi karena banyak alasan, salah satunya karena kekurangan ruang penyimpanan dan banyak aplikasi.

Sehingga cara membuat Android lebih ringan adalah hal yang penting untuk kita lakukan supaya kondisinya bisa kembali normal. Saat ini juga sudah ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Apabila HP kesayangan Anda sudah mengalami lemot, maka jangan langsung panik dan merasa khawatir.

Sebab ada beberapa langkah jitu yang efektif dan mampu membuatnya kembali ringan dan optimal. Bagaimana caranya?

Mengupdate OS

Salah satu cara membuat Android lebih ringan adalah dengan update OS. Jadi pastikan bahwa smartphone Anda sudah perbarui ke sistem operasi yang baru.

Caranya, pertama-tama masuk saja ke menu Setting, About Device, Software Update, kemudian sentuh tombol Check for Update.

Sehingga apabila ada pembaruan yang muncul, sebaiknya segera melakukan update pada HP Anda sendiri.

Baca Juga: Cara Update Android 11 ke 12 yang Mudah, Simak Langkahnya Ini!

Membersihkan Home Screen

Home Screen alias layar utama yang penuh dengan pemintas aplikasi, baik itu dari aplikasi yang baru terpasang atau yang sering terpakai. Maka ada baiknya jika Anda selalu melakukan pembersihan pada pemintas itu sendiri.

Selain hanya permasalahan seperti itu, pastikan juga bahwa wallpaper yang sudah terpasang itu bersifat statis.

Lalu hindari pula penggunaan wallpaper yang bergerak sebab malah bisa membebani kinerja HP.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara membuat Android lebih ringan untuk langkah selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak perlu lagi.

Sehingga saat ada aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan, ada baiknya jika langsung menghapusnya saja dengan segera.

Hal ini karena jika terlalu banyak aplikasi yang terpasang di HP, maka dapat membuat ponsel Anda menjadi lemot bahkan menyebabkan lag.

Oleh karena itu, Anda harus menghapus aplikasi yang tidak perlu atau mungkin yang sudah tidak berguna lagi.

Terlebih jika Anda memiliki dua aplikasi dan memiliki fungsi yang serupa, maka Anda bisa menghapus salah satu di antaranya itu. Tujuannya adalah supaya membuat beban sistem pada ponsel kesayangan Anda menjadi lebih ringan.

Jadi langkah tepat untuk meningkatkan kinerja HP supaya lebih ringan adalah dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh pada aplikasi. Nah dengan demikian, maka sistem akan mempunyai lebih banyak ruang dan bisa bekerja menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara Menghapus File Duplikat di Android dengan Beberapa Langkah

Menggunakan Kartu Memori

Cara membuat Android lebih ringan untuk tips berikutnya adalah dengan menggunakan kartu memori guna memperluas memori. Memang sudah sangat umum untuk menemukan ponsel dengan memori penuh dengan file seperti video, foto, hingga musik yang membebani HP.

Oleh karena itu, supaya memori HP Anda tidak penuh, maka bisa menggunakan bantuan dari kartu memori. Untuk saat ini juga sudah ada beberapa pilihan kartu memori yang ada dengan model bervariasi seperti 32GB hingga 64GB.

Namun sebelum memilihnya, teliti dahulu soal kualitasnya supaya tidak rugi dengan produk yang ternyata tak memiliki fungsi.

Selain itu, ada juga pilihan untuk menyimpan banyak file Anda dengan aman di cloud guna mengosongkan penyimpanan internal di HP Anda.

Karena ada beberapa perusahaan asuransi seluler yang kini telah menawarkan pengunggahan file ke cloud. Jadi layanan ini disertakan ketika Anda menandatangani kontrak dengan institusi itu.

Beberapa cara membuat Android lebih ringan kini sudah Anda ketahui, saatnya untuk langsung mencobanya sendiri. Supaya HP kesayangan Anda kembali ringan dan normal. (R10/HR-Online)

- Advertisment -