Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat File TXT di Android dengan Menggunakan Langkah Ini

Cara Membuat File TXT di Android dengan Menggunakan Langkah Ini

Cara membuat file TXT di Android terasa sangat mudah, sayangnya ada beberapa orang yang justru belum tahu bagaimana cara untuk melakukannya.

HP Android sendiri kini telah hadir dengan berbagai macam fitur keren yang tentunya mampu membantu semua orang.

Betapa tidak, segala macam jenis pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah cukup memanfaatkan smartphone Android itu.

Salah satunya adalah untuk membuat file berformat TXT ini. Lantas bagaimana caranya? Apakah bisa?

Baca Juga: Cara Menggabungkan File PDF di Android Efektif dan Cepat, Ini Pilihannya

Cara Membuat File TXT di Android yang Sangat Mudah dengan Trik Ini!

File TXT sendiri adalah sebuah file yang paling mendasar dalam dunia PC. Tak hanya itu saja, melainkan juga dalam dunia Android pula.

Pasalnya file yang satu ini memang benar-benar murni dari efek lain seperti jenis font, pengaturan miring (italic), tebal (bold), serta efek lainnya.

Saat ini untuk membuka atau mengedit file ini juga sangat mudah, sebab para pengguna tidak harus membukanya melalui PC atau laptop. Karena sekarang ini semua itu bisa kita lakukan cukup dengan menggunakan perangkat Android saja, tentu ini sangat simpel.

Sayangnya cara membuat file TXT di Android ini tak semua orang mengetahui bagaimana langkahnya, mungkin termasuk Anda?

Padahal membuat file TXT ini amat penting, terutama bagi mereka yang memiliki banyak tugas kuliah maupun bekerja.

Biasanya membuat file dengan format TXT ini hanya dapat dilakukan melalui laptop atau komputer saja, ternyata tidak.

Sebab sekarang untuk membuat file tersebut bisa dengan mudah kita lakukan menggunakan Android. Bagaimana caranya? Simak langkah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Sticky Note di HP Android dengan Aplikasi Terbaik

Notepad

Cara membuat file TXT di Android untuk tips yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Notepad.

Aplikasi ini sendiri merupakan besutan Braden Farmer dan memungkinkan para penggunanya untuk membuat file berformat TXT dengan mudah.

Notepad ini memiliki ukuran 1,5 MB saja yang sudah menawarkan banyak fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi dengan ukuran sama yang lain. Bahkan sampai saat ini aplikasi ini sudah diunduh oleh pengguna Play Store hingga lebih dari 100 ribu pengguna.

Untuk bisa menggunakannya juga sangat mudah, langkah pertama Anda bisa mengunduhnya dahulu di Play Store.

Jika sudah, kemudian buka aplikasi tersebut dan saat akan membuat file TXT maka Anda bisa klik opsi plus biru pada bagian kanan bawah.

Setelah itu, tulislah apa yang akan Anda tulis, kemudian simpan dengan cara mengklik opsi tiga titik pada bagian kanan atas lalu Export.

Terakhir untuk mengedit, Anda bisa kembali ke menu utama kemudian pilih titik 3 dan Import lalu tentukan jenis file yang akan Anda edit.

Just Notepad

Cara membuat file TXT di Android juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi lain yang bernama Just Notepad ini. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 3 MB saja dan tentunya dengan banyak keunggulan.

Karena selain bisa untuk membuat file berformat TXT, Just Notepad juga bisa Anda gunakan untuk mengedit file dengan format lain.

Sehingga apabila Anda akan membuat file TXT kemudian mengeditnya, sepertinya aplikasi ini bisa menjadi rekomendasinya.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, untuk tips yang pertama Anda bisa mendownloadnya dahulu melalui layanan Play Store. Carilah nama Just Notepad pada kolom pencarian kemudian unduh sampai terinstal.

Buka aplikasinya, pilih tanda plus yang terletak pada bagian kanan atas aplikasi tersebut.

Nah, untuk menyimpan file tersebut maka Anda tinggal pilih opsi Save As dan apabila ingin mengedit file TXT pilih internal storage melalui menu atau opsi Navigasi dan pilih Folder untuk membuat file.

Baca Juga: Cara Scan File di HP Android dengan Menggunakan Beberapa Langkah

Tanpa Aplikasi

Ternyata cara membuat file TXT di Android tidak selamanya harus menggunakan aplikasi, melainkan cukup gunakan situs yang bernama Editpad.org ini.

Pasalnya situs yang satu ini memiliki tampilan yang menarik dan keren serta dengan desain yang tergolong simpel.

Lebih menariknya lagi, situs yang satu ini juga akan memungkinkan para penggunanya untuk membuat file berformat TXT di Android secara online.

Akan ada banyak fitur unggul lain yang bermanfaat untuk memeriksa teks supaya terhindar dari kontek jiplak alias plagiat.

Bahkan Anda juga dapat mengetahui berapa jumlah kata serta karakter saat sedang mengedit teks pada situs tersebut. Situs ini bisa Anda gunakan secara percuma alias gratis.

Langkah yang pertama kunjungi situs Editpad.org, kemudian pilih opsi Create new Text Note dan tulislah teks yang akan Anda bentuk menjadi file txt.

Setelah semuanya selesai kemudian download, edit, lalu simpan dengan klik opsi download.

Dari beberapa cara membuat file TXT di Android seperti tadi sebenarnya sangat mudah, bisa dengan aplikasi maupun tidak. Semuanya sama-sama memiliki keunggulan tersendiri. (R10/HR-Online)