Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memoles Mobil Setelah Dicat dengan Teknik Khusus

Cara Memoles Mobil Setelah Dicat dengan Teknik Khusus

Cara memoles mobil setelah dicat agar tetap mengkilap dan berkilau sangat mudah. Namun ada beberapa trik yang harus Anda lakukan terlebih dulu.

Proses pengecatan menjadi salah satu langkah tepat untuk memperbaiki body mobil yang bermasalah.

Misalnya lecet, penyok, atau setelah menabrak mobil. Namun ada juga yang hanya sekedar menggantinya untuk memperbaiki warna atau justru mengganti warna dengan cat yang baru.

Dengan cara yang tepat akan membantu Anda lebih mudah memperoleh hasil terbaik. Sebenarnya jasa untuk bisa melakukan pengecatan body mobil cukup banyak.

Anda pun bisa menemukannya di pinggir-pinggir jalan. Namun tidak semua orang bisa melakukannya secara tepat. Sebab pengecatan memiliki teknik khusus.

Baik itu mulai dari proses mendempul hingga memolesnya. Sebaiknya gunakan cara memoles mobil setelah dicat dengan teknik tepat agar hasil maksimal.

Sebenarnya ada beberapa urutan yang harus Anda lakukan saat melakukan pengecatan.

Semua bisa Anda lakukan secara urut dari memberi pelapis anti karat hingga finishing pemolesan. Dengan cara urut dan tepat, mobil akan tampil seperti baru lagi.

Baca Juga: Cara Dempul Mobil yang Benar Agar Kondisinya Semakin Kinclong

Urutan Cara Memoles Mobil Setelah Dicat Agar Terlihat Mengkilap

Memiliki mobil dengan tampilan menarik dan kinclong adalah impian semua orang. Tidak sedikit dari mereka mengeluarkan uang banyak hanya untuk melakukan perawatan pada mobil.

Tidak hanya merawat komponen vital pada bagian mesin saja, namun merawat bodi mobil juga cukup penting. Bahkan hal ini bisa Anda lakukan ketika kendaraan sudah memiliki cat bodi yang mengelupas atau kusam.

Anda bisa melakukan pengecatan ulang agar tampak lebih mengkilap dan berkilau seperti baru. Poles body mobil adalah salah satu cara untuk membuat tampilan lebih menarik.

Metode finishing ini biasa pengerjaannya setelah pengecatan selesai. Anda bisa gunakan pasta poles dan bekerja secara memutar untuk meratakan pasta poles pada permukaan body mobil.

Bagi Anda yang belum tahu cara memoles secara urut, berikut penjelasannya:

Bersihkan Mobil

Langkah awal sebelum menerapkan cara memoles mobil setelah dicat yaitu dengan memastikan kendaraan dalam keadaan bersih. Pastikan mobil terhindar dari kotoran dan debu.

Sehingga proses memoles akan jauh lebih maksimal. Anda bisa bersihkan kerak dan lumpur pada bagian bodi mobil.

Sebab jika mobil tidak dalam kondisi bersih, pemolesan pun akan terasa kurang maksimal.

Justru bodi bisa lecet ketika melakukan pemolesan. Anda tidak harus mencucinya, namun pastikan jika membersihkannya dengan lap halus untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Cat di Mobil dengan Dua Langkah Mudah Ini

Pilih Tempat yang Teduh

Sebagai cara memoles mobil setelah dicat selanjutnya yaitu dengan memilih lokasi pemolesan yang tepat. Pilih tempat yang teduh atau bahkan lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Cara ini berfungsi agar pasta poles tidak mudah mengering. Sehingga saat pengaplikasiannya ke bodi mobil tidak mudah mengering. Sebab proses pemolesan yang tepat yaitu dengan tingkat kelembaban baik.

Dengan cara ini sudah pasti hasil polesan akan jauh lebih baik. Sebaiknya untuk melakukan langkah ini saat sore hari.

Sehingga tidak perlu mencari tempat yang teduh, sebab cahaya matahari sudah meredup.

Oleskan Pasta Poles

Menentukan waktu dan lokasi menjadi hal yang penting Anda lakukan. Jika sudah, Anda bisa segera untuk melakukan pemolesan.

Cara memoles mobil setelah dicat harus dengan teknik tepat. Oleskan secara bertahap.

Tidak hanya mengoleskannya pada seluruh bodi secara langsung saja. Namun pastikan Anda juga sudah memiliki alat poles terlebih dulu.

Segera aplikasikan menggunakan alat poles tersebut. Jika tidak, pasta poles akan mengering dan tidak merata. Jika pasta poles sudah mengering pastinya hasil akan kurang maksimal.

Untuk itu, penting menggunakan alat poles dalam mengaplikasikannya. Poles hingga pasta menghilang dan benar-benar bersih.

Jika pasta poles tersisa akan mengeras, sehingga berpengaruh terhadap hasil polesan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Sendiri dengan Aman

Lap dengan Microfiber

Jika sudah melakukan aplikasi pemolesan secara menyeluruh. Sebaiknya cek semua apakah pasta poles sudah benar-benar bersih tanpa sisa.

Jika sudah benar-benar bersih, Anda bisa segera mengelapnya dengan kain microfiber untuk membersihkan sisa pasta pada bagian bodi mobil.

Gunakan cara memoles mobil setelah dicat dengan teknik yang tepat. Sehingga mampu memberikan hasil maksimal seperti memiliki mobil baru. (R10/HR-Online)

- Advertisment -