Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Speedometer Digital Motor, Cek Langkah-langkahnya!

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor, Cek Langkah-langkahnya!

Cara memperbaiki speedometer digital motor memang bukan perkara yang sulit, apalagi jika Anda adalah seseorang yang ahli otomotif. Akan tetapi, bagi beberapa orang yang tidak tahu tentang motor, mungkin ini menjadi masalah yang besar.

Speedometer sendiri merupakan salah satu komponen untuk mengukur kecepatan selama mengendarai kendaraan sepeda motor.

Jika kondisinya rusak, maka performa kendaraan menjadi tidak baik walaupun motor masih bisa berjalan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaganya dengan merawat setiap saat.

Baca Juga: Cara Kerja Spul Motor yang Jarang diketahui Orang, Simak Penjelasannya

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor yang Mudah

Speedometer sendiri menjadi bagian yang sangat penting dalam kendaraan, baik itu roda empat maupun roda dua ini. Hal tersebut karena saat berkendara, maka komponen ini dapat menjadi salah satu penunjuk kecepatan selama proses mengendarai.

Akan ada beberapa indikator yang tersemat pada komponen tersebut, seperti informasi bahan bakar, kecepatan mengendarai, dan lain-lain.

Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka tingkat kenyamanan pun juga akan semakin berkurang.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu merawat motor terutama pada bagian komponen tersebut.

Namun jika sudah rusak, maka Anda juga harus segera memperbaikinya secepat mungkin agar tidak semakin parah kondisinya.

Baca Juga: Cara Cek Klakson Motor Mati Melalui Beberapa Komponen Bersangkutan

Trik Memperbaiki

Cara memperbaiki speedometer digital motor cukup mudah, hanya saja semua itu tergantung dari kerusakan yang terjadi. Mengingat bahwa speedometer adalah komponen yang sangat sensitif dan mudah mengalami kerusakan.

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah kabel speedometer yang sudah mulai lepas hingga putus. Tidak hanya itu saja, melainkan masih ada banyak penyebab lain yang bisa terjadi dan membuatnya harus segera Anda perbaiki.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa penyebabnya dahulu sebelum memperbaikinya. Karena setelah tahu penyebabnya, maka Anda akan mudah untuk segera mengatasinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Blind Spot Bagi Pengendara Sepeda Motor yang Aman

Penyebab dan Tips Mengatasi

Salah satu penyebab mengapa komponen speedometer rusak adalah karena velg yang sudah rusak. Sehingga salah satu trik yang harus Anda lakukan adalah dengan cara mengganti velg dengan komponen baru.

Tidak hanya itu saja, kabel speedometer yang sudah putus juga bisa membuatnya rusak atau bahkan mati. Sehingga solusi terbaiknya adalah dengan menghubungkan kabel speedometer yang sudah putus tadi dengan alat perekat.

Selain itu, gear speedometer yang sudah aus juga bisa menjadi penyebab mengapa komponen ini menjadi mati bahkan rusak. Untuk memperbaikinya, maka ganti speedometer dengan yang baru agar bisa kembali seperti sedia kala.

Beberapa cara memperbaiki speedometer digital motor memang bervariasi tergantung dari bagian kerusakannya. Oleh karena itu sebelum mengatasinya, maka Anda sudah harus tahu apa saja penyebabnya. Akan tetapi jika tidak bisa melakukannya sendiri, maka Anda bisa membawanya saja ke tukang bengkel terdekat. (R10/HR-Online)