Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencegah Cacar Monyet, Pahami Gejala dan Penyebarannya!

Cara Mencegah Cacar Monyet, Pahami Gejala dan Penyebarannya!

Cara mencegah cacar monyet dapat dilakukan dengan beberapa hal penting. Saat ini, penyakit cacar monyet kembali merebak di Eropa, Amerika, hingga Australia.

Pada tahun 2019 lalu, penyakit cacar monyet juga sempat ramai terjadi dan telah masuk ke wilayah Singapura.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Indonesia juga mewaspadai akan penyakit yang cukup meresahkan ini. Mulai dari melakukan pencegahan pada penyebaran cacar monyet ini.

Baca Juga: Virus Cacar Monyet Mewabah di Beberapa Negara, Kenali Lebih Jauh

Mengetahui Cara Mencegah Cacar Monyet

Cacar monyet terjadi karena adanya virus monkeypox. Ini merupakan salah satu penyakit langka yang pertama kali mewabah di Amerika pada tahun 1958 silam.

Meskipun cukup jarang terjadi, penyakit cacar monyet menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya serta menular. Akan tetapi, penularan penyakit ini jarang terjadi dari manusia ke manusia. Namun umumnya dari hewan ke manusia.

Penyakit satu ini menyebabkan beberapa gejala. Mulai dari muncul ruam pada kulit, hingga adanya keluhan kesehatan yang menyerupai penyakit flu.

Lalu bagaimanakah cara efektif untuk mencegah penyakit cacar monyet agar kondisi tidak menjadi lebih parah? Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

Kenali Gejala Cacar Monyet

Virus monkeypox yang merupakan penyebab dari cacar monyet mirip dengan virus cacar pada manusia pada umumnya. Namun penularan cacar monyet dipercaya cukup cepat.

Gejala cacar monyet ditandai dengan adanya bintik atau ruam mulai dari wajah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Saat tubuh terinfeksi, maka akan mengalami dua tahapan.

Tahapan tersebut mulai dari demam, sakit kepala hebat, sakit punggung, pembengkakan pada kelenjar getah bening (lymphadenopathy), nyeri otot (myalgia), hingga rasa lemas yang cukup intens di 0-5 hari.

Maka dengan mengenali gejalanya, menjadi cara efektif untuk mencegah cacar monyet.

Baca Juga: Gejala Virus Hendra Bisa Menginfeksi Manusia, Simak Beragam Fakta!

Hindari Kontak Langsung dengan yang Berpotensi Menyebarkan Virus

Dalam proses penularannya, virus cacar monyet dapat menyebar melalui kontak dekat dengan saluran pernapasan seseorang yang terinfeksi.

Selain itu, penularan juga dapat terjadi kontak orang yang terinfeksi, cairan orang yang terinfeksi, gigitan hewan yang terinfeksi, atau mengonsumsi daging hewan yang terinfeksi virus monkeypox.

Oleh karena itu, cara untuk mencegah penyakit cacar monyet adalah dengan menghindari beberapa hal yang berpotensi menyebarkan virus tersebut.

Menerapkan Pola Hidup Bersih

Untuk dapat mencegah penyebaran virus monkeypox, dapat Anda lakukan dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih.

Seperti dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. Selain itu juga dapat menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Baca Juga: Gejala Cacar Air dan Cara Pencegahannya

Segera Periksakan Kesehatan Setelah Mengunjungi Negara yang Terjangkit Virus Cacar Monyet

Bagi Anda atau anggota keluarga lain yang baru kembali dari negara yang telah terjangkit virus cacar monyet, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Pastikan kondisi tubuh setelah mengunjungi negara terjangkit tetap dalam keadaan sehat serta tidak memperlihatkan berbagai gejala cacar monyet.

Jika tanda-tanda atau gejala Anda rasakan, maka jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter secara lebih teliti.

Selain itu, cara mencegah cacar monyet lainnya adalah dengan mencari info atau selalu update tentang perkembangan dari virus monkeypox. Perbanyak pengetahuan terkait dengan penyakit satu ini, agar lebih tahu bagaimana pencegahan serta menghadapi serangan virus yang mungkin bisa masuk ke Indonesia. (R10/HR-Online)