Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencuci Ban Motor Agar Terlihat Semakin Mengkilap, Ini Langkahnya

Cara Mencuci Ban Motor Agar Terlihat Semakin Mengkilap, Ini Langkahnya

Cara mencuci ban motor yang benar maka bisa membuat kondisinya terlihat lebih bagus dan tentunya mampu bertahan lebih lama lagi. Pasalnya mencuci ban motor merupakan salah satu aktivitas rutin bagi para pemilik kendaraan roda dua ini.

Meski demikian, kegiatan seperti ini tidak seluruh komponennya juga bisa dilakukan dengan sama, layaknya saat mencuci motor.

Oleh karena itu, ada beberapa trik khusus yang wajib Anda ketahui agar ban tidak rusak. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Cara Menggunakan Semir Ban Motor dengan Tepat dan Jenisnya

Cara Mencuci Ban Motor yang Benar dan Tepat, Bagaimana?

Ban motor yang berwarna hitam mengkilap memang bisa membantu penampilan motor agar menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu sebagai pengguna motor, maka Anda tidak boleh melupakan pencucian komponen itu dengan benar.

Ban sendiri merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang performanya harus selalu kita rawat dan jaga. Salah satunya adalah dengan rajin mencucinya, apalagi jika kondisinya benar-benar dalam keadaan kotor.

Namun penting untuk Anda ketahui, bahwa mencuci ban yang benar juga bisa membuat tampilan ban menjadi lebih awet.

Tak semua orang bisa melakukannya dengan benar, jika Anda salah satunya, maka bisa mengikuti beberapa trik berikut ini:

Baca Juga: Cara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Menggunakan Air Bersih

Cara mencuci ban motor yang pertama adalah dengan menggunakan air bersih yakni menyemprot atau menyiramnya. Sudah selayaknya kita sebagai manusia untuk membersihkan segala sesuatu maka harus menggunakan air yang bersih.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bantuan dengan selang maupun air dari kran sebab bisa diatur kecepatan semprotannya. Sehingga segala macam kotoran yang menempel pada sela-sela ban bisa bersih secara menyeluruh.

Sikatlah Sampai Bersih

Setelah Anda semprot dengan air bersih, kemudian lakukan tahap selanjutnya yakni dengan menyikat ban tersebut. Namun usahakan untuk menggunakan jenis sikat yang halus agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut.

Cara mencuci ban motor dengan memanfaatkan sikat ini juga mampu untuk menjangkau kotoran yang terletak di ukiran ban yang tak bisa terjangkau oleh air.

Selanjutnya sikatlah dengan bersih secara teratur dan jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.

Baca Juga: Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Gunakan Minuman Bersoda

Nah, untuk mendapatkan warna ban seperti baru, maka Anda juga dapat menggunakan minuman bersoda yang terjual di supermarket. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengoleskan minuman itu pada bagian permukaan ban motor tersebut.

Oleskan dan ratakan dengan sikat halus secara merata pada bagian permukaan ban sepeda motor kesayangan Anda. Tunggu beberapa saat sampai minuman soda itu mengering dengan sendirinya.

Namun agar tampilan ban motor bisa kembali menghitam dan mengkilap, maka Anda juga bisa menggunakan silikon murni.

Sebab menggunakan silikon murni ini tak hanya bisa membuat ban mengkilap saja, melainkan mampu memberi kelembaban pada ban motor.

Beberapa cara mencuci ban motor kini sudah Anda ketahui dan saatnya untuk melakukannya sendiri di rumah. Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)