Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti

Cara mengatasi Android process media wajib Anda ketahui. Sebab, buat pengguna Android tentunya sering mengalami permasalahan seperti process media telah berhenti.

Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Banyak yang menggunakannya untuk komunikasi, alat belajar, hingga media untuk melakukan bisnis online.

Adanya permasalahan seperti Android process media ini cukup menjengkelkan para pengguna Android. Sebab, aktivitas menggunakan smartphone pun menjadi terganggu dan terhambat.

Baca Juga: Cara Mempercepat Download di Android dengan Beberapa Trik Mudah

Ini Cara Mengatasi Android Process Media

Error android.process.media memang menjadi permasalahan yang cukup mengganggu kenyamanan.  Maka dari itu, segera cari solusinya dengan mencoba menggunakan cara mengatasi Android process media berikut ini:

1. Restart

Cara mengatasi Android process media pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan restart Android Anda.

Tak hanya mengatasi Android process media, restart smartphone juga merupakan solusi untuk memperbaiki error atau bug ringan yang pada umumnya sering menyerang sistem Android.

Merestart smartphone harus Anda lakukan dengan langkah yang tepat. Terlebih dahulu, pastikan jika pada smartphone Anda tidak ada aplikasi yang sedang berjalan.

Jika sudah, Anda bisa melanjutkannya dengan tekan tombol power selama beberapa saat. Tunggulah hingga muncul beberapa pilihan, termasuk restart.

Setelah itu, Anda bisa klik pilihan restart tersebut. Kemudian, tunggulah hingga smartphone Android Anda bisa kembali nyala. Tunggulah hingga loading selesai.

2. Hentikan Sinkronisasi Akun (Jika Ada)

Untuk mengatasi Android process media, Anda juga bisa melakukannya dengan menghentikan pada sinkronisasi akun. Sebab, fitur sinkronisasi ini bisa memicu timbulnya permasalahan Android process media jadi berhenti.

Untuk menonaktifkan fitur ini, terlebih dahulu Anda bisa membuka pada bagian pengaturan atau setting yang ada pada Smartphone Android Anda.

Setelah itu, Anda bisa memilih menu setting akun, kemudian klik pada opsi Google. Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan tekan tombol menu yang lokasinya berada pada sebelah kanan atas.

Nah, untuk cara yang terakhir yaitu klik pada opsi ‘Hentikan Sync’. Dengan menerapkan cara ini, maka sinkronisasi akun bisa menjadi berhenti.

3. Hapus Cache

Cache bisa menjadi pemicu munculnya proses media berhenti. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan cache pada smartphone Android yang Anda gunakan. Sehingga masalah error pada Android Anda bisa menjadi cepat teratasi.

Untuk cache pada aplikasi sebaiknya Anda bersihkan yaitu seperti aplikasi bawaan dari Smartphone. Antara lain seperti Google Play Store, Download Manager, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Cara Copy File Android ke OTG dengan Langkah yang Mudah, Simak!

4. Paksa Berhenti Penyimpanan Media

Penyimpanan media memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh dengan storage, yaitu untuk menyimpan sebuah file.

Jika Anda menjumpai permasalahan pada smartphone Android seperti proses media yang terhenti ini, maka cobalah untuk paksa berhenti penyimpanan media.

Cara memberhentikan penyimpanan media yang pertama yaitu dengan membuka aplikasi setting pada smartphone Android Anda.

Kemudian, Anda bisa melanjutkannya dengan memilih menu aplikasi. Klik pada pilihan penyimpanan media

Selanjutnya, Anda bisa klik pada tombol “Paksa Berhenti” yang terdapat pada menu tersebut. Jangan lupa juga untuk mengklik tombol hapus data yang terdapat pada menu itu agar pemberhentian aplikasi media bisa lebih maksimal.

Jika ingin kembali mengaktifkannya, maka Anda bisa membuka halaman penyimpanan media. Setelah itu klik pada tombol mulai.

Penyebab Android Process Media Telah Berhenti

Berikut ini adalah berbagai macam penyebab Android process media telah berhenti:

1. Sinkronisasi Akun

Pada saat Anda sedang memasukkan alamat email utama pada smartphone Android yang Anda pakai, biasanya fitur ter-sinkronisasi akan aktif secara otomatis.

Namun pada saat proses sinkronisasi mengalami masalah, maka bisa mengakibatkan proses media berhenti.

2. Cache Aplikasi Bawaan

Pada saat cache aplikasi bawaan sudah menumpuk, maka ini bisa mengakibatkan proses Android terpaksa terhenti.

3. System Error

Pada saat sistem Android terjadi masalah seperti error atau bug, pastinya akan menjadikan kinerja Android tidak bisa berjalan dengan optimal. Selain itu juga mengakibatkan munculnya pesan Android.Process.Media telah berhenti.

Baca Juga: Cara Menghapus Android Studio dan Cara Menginstalnya Kembali

4. HP di-Root

Proses Root pada smartphone Android juga bisa memberikan risiko, salah satunya masalah seperti proses Android terpaksa berhenti.

Pada saat Anda menjumpai masalah proses Android berhenti, maka segeralah lakukan cara mengatasi Android process media dengan baik dan benar. (R10/HR-Online)