Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengeluarkan Air dari iPhone Paling Ampuh, Segera Coba!

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Paling Ampuh, Segera Coba!

Cara mengeluarkan air dari iPhone mampu mengurangi risiko turunnya performa ponsel yang mengakibatkan kerusakan. Penggunaan ponsel yang tidak sengaja terkena air bisa mengakibatkan ponsel tersebut mati.

Jika tidak dilakukan penanganan khusus, maka lebih rawan dan memiliki risiko tinggi. Tidak usah panik, Anda hanya membutuhkan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada dasarnya ada cara pencegahan agar iPhone tidak terkena air, mulai dari berhati-hati saat membawanya ke kamar mandi atau melindungi ponsel dengan media khusus anti air.

Namun yang sering terjadi adalah tindakan yang di luar dugaan. Seperti ketumpahan air atau tidak sengaja terjatuh. Untuk mengantisipasi, Anda perlu mengetahui cara tepat untuk menangani masalah tersebut.

Baca Juga: Cara Lock iPhone yang Hilang dengan Lost Mode, Simak Ulasan Lengkap!

Tak Perlu Panik! Ikuti Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Setelah Tercebur

Sebenarnya, iPhone sendiri memiliki kelebihan yang jarang orang bisa mengetahuinya. Karena iPhone memiliki cara tersembunyi untuk mengeluarkan air dari ponsel tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengeluarkan air dari dalam speaker maupun dalam iPhone.

Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Teknik Manual

Pada dasarnya mengeluarkan air secara manual ada beberapa cara. Perhatikan langkah berikut ini!

Matikan dan Keringkan Bagian Luar iPhone

Ketika iPhone Anda kemasukan air, baik terendam atau terkena tumpahan air, maka pastikan ponsel dalam keadaan mati. Hindari menyalakan iPhone saat dalam kondisi basah.

Hal ini dapat merusak seluruh komponen yang ada dalam iPhone tersebut. Untuk itu, matikan ponsel sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan fatal.

Kemudian Anda keringkan bagian luar dengan tisu atau kain yang lembut. Goyangkan ponsel agar air yang masuk sirkuit keluar dari lubang ponsel.

Gunakan Gravitasi

Cara mengeluarkan air dari iPhone selanjutnya adalah menggunakan gravitasi. Caranya menempatkan speaker ke arah bawah kemudian HP iPhone di ketuk-ketuk secara perlahan dari sisi manapun.

Langkah ini dapat membuat air dalam iPhone cepat keluar. Namun mengetuk badan ponsel haruslah secara perlahan agar komponen di dalamnya tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan.

Sementara untuk memastikan agar air tersebut benar-benar keluar dan tidak masuk lagi maka tinggal memberikan alas tisu. Sehingga air yang keluar tersebut dapat terserap sempurna.

Baca Juga: Cara Pakai iPhone untuk Pemula Paling Dasar, Pelajari dengan Cermat!

Gunakan Penyedot Debu

Cara mengeluarkan air dari iPhone dapat dengan menggunakan penyedot debu. Alat ini mampu menarik semua air yang ada di dalam iPhone.

Cara ini cukup aman untuk menyedot semua air juga debu yang ada di dalam ponsel.

Namun hal yang perlu Anda hindari adalah membersihkan atau mengeringkan air dalam iPhone dengan pengering rambut. Pengering rambut justru membuat kerusakan pada iPhone jika Anda tidak berhati-hati.

Mengeluarkan Kartu SIM

Sisi bagian luar iPhone mungkin tetap aman. Namun untuk bagian dalam berpotensi risiko tinggi. Terutama bagian SIM.

Segera lepaskan kartu SIM Anda untuk menghindari kerusakan. Selain itu cara melepaskan SIM tersebut mampu menghemat data penting yang ada pada Kartu SIM tersebut.

Gunakan bahan penyerap air untuk menghilangkan semua air yang ada pada iPhone. Bahan penyerap air yang sudah terbukti menyerap air dalam iPhone adalah menggunakan beras.

Efek terbaik cara mengeluarkan air dari iPhone yang bisa Anda dapatkan adalah merendam iPhone dalam beras selama 24 jam sehingga iPhone tersebut benar-benar kering dan bebas dari air.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Safari di iPhone, Batasi Aktivitas Browsing Online

Keringkan Air di iPhone Menggunakan Aplikasi

Salah satu kelebihan iPhone saat terkena air adalah dapat dikeringkan dengan aplikasi. Aplikasi tersebut adalah shortcut Water Ejection.

Perangkat lunak ini dapat bekerja pada iPhone terbaru, juga dapat secara efektif dalam menghilangkan air dari speaker perangkat.

Bukalah safari kemudian pilih kotak pencarian. Lalu ketikkan shortcut Water Ejection pada browser dan mengunduhnya.

Selanjutnya buka aplikasi klik begin water Ejection. Aplikasi ini dapat membantu Anda menghilangkan air dari speaker ponsel.

Hanya saja aplikasi ini tidak dapat mengeringkan semua air yang sebelumnya masuk.

Menariknya, aplikasi ini mampu membersihkan air melalui speaker hanya dengan menyetel volume secara keras agar air dapat terdorong keluar. Cara mengeluarkan air dari iPhone tersebut cukup ampuh sehingga iPhone akan lebih aman dan terhindar dari risiko. (R10/HR-Online)