Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengembalikan Foto HP yang Terhapus dengan Beberapa Tahap

Cara Mengembalikan Foto HP yang Terhapus dengan Beberapa Tahap

Cara mengembalikan foto HP yang terhapus sebenarnya sangat mudah, bisa dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi tambahan.

Nah, foto sendiri merupakan sebuah dokumen pribadi yang isinya tentang momen-momen berharga dan ada yang penting.

Namun karena kapasitas memori yang sudah penuh, terkadang malah memaksa Anda agar menghapus beberapa foto tersebut.

Akan tetapi ketika sudah terlanjur menghapusnya, justru kemudian hari Anda membutuhkannya lagi. Tenang saja, karena banyak cara untuk bisa mengembalikannya.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Siluet di HP Android Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara Mengembalikan Foto HP yang Terhapus Permanen dengan Mudah

Tidak hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, ponsel kini juga berguna untuk mengabadikan momen-momen indah melalui foto.

Bahkan hal yang cukup menarik dari HP adalah soal kameranya, seluruh produsen ponsel pun berlomba-lomba untuk memberi kualitas terbaik.

Pasalnya mengabadikan momen berharga melalui sebuah foto sebenarnya bukan merupakan hal yang sangat sulit. Karena saat ini siapa saja bisa mengambil gambar alias foto dan menyimpannya di smartphone mereka.

Sementara itu, memori penyimpanan di ponsel juga sangat berharga, sebab Anda bisa mengabadikan banyak momen penting di dalamnya.

Bahkan Anda juga tidak perlu lagi media penyimpanan fisik, sebab foto juga bisa tersimpan dalam internet seperti memori penyimpanan Cloud.

Sayangnya dalam kondisi tidak sengaja, ada saja foto-foto dalam penyimpanan ponsel juga bisa hilang begitu saja.

Walaupun sudah canggih, sayangnya tak semua orang bisa mengetahui tentang bagaimana untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus itu.

Baca Juga: Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Tanpa Kabel, Berikut Solusinya

Aplikasi Penyimpanan (Cloud)

Cara mengembalikan foto HP yang terhapus untuk langkah yang pertama adalah dengan melalui aplikasi penyimpanan alias Cloud.

Jadi Cloud merupakan sebuah aplikasi yang mampu membantu kita untuk menyimpan banyak file sebagai backup apabila file pada HP mengalami masalah.

Bahkan, untuk saat ini juga sudah ada banyak sekali aplikasi penyimpanan seperti ini yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Walaupun demikian, tak menutup kemungkinan pula kalau kita masih dapat kehilangan file seperti foto di aplikasi tersebut.

Untung saja saat ini untuk mengembalikannya sangat mudah apabila foto yang terhapus di ponsel dan jika sudah tersimpan di aplikasi penyimpanan.

Sebab Anda cukup mencari foto itu pada bagian trash di aplikasi penyimpanan lalu pilih tulisan Restore alias pulihkan foto yang terhapus.

Alasan mengapa foto itu bisa kembali lagi adalah karena file-file tersebut sudah berada pada bagian penyimpanan sampah.

Namun Anda juga harus lebih berhati-hati lagi, sebab ada beberapa aplikasi penyimpanan yang hanya bisa menyimpan foto itu selama 30 hari saja.

Menggunakan Google Photo

Cara mengembalikan foto HP yang terhapus untuk trik yang kedua adalah dengan menggunakan atau memanfaatkan Google Photo.

Meskipun secara teknis bahwa Google Photos ini adalah berupa aplikasi, tapi biasanya aplikasi ini sudah tersedia secara gratis alias sudah terinstal secara permanen.

Bahkan cara yang satu ini juga menjadi salah satu tips yang sangat ampuh untuk mengembalikan file seperti foto dengan mudah.

Namun jangan lupa untuk mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dahulu dari layanan Google Photos itu.

Untuk langkah yang pertama Anda bisa membuka aplikasi Google Photos yang ada di HP kemudian tekuk ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri atas.

Selanjutnya pilih ikon sampah kemudian pilih foto mana saja yang ingin Anda pulihkan.

Caranya adalah dengan mengetuk atau tahan saja sampai muncul tanda centang. Lalu klik ikon panah yang melingkar lalu pulihkan. Tunggu beberapa saat sampai foto Anda kembali lagi.

Baca Juga: Cara Fotocopy Lewat HP dengan Mudah Tanpa Repot, Simak!

Gunakan Deleted Photo Recovery Free

Cara mengembalikan foto HP yang terhapus dengan trik ini sepertinya juga bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Sehingga jika Anda tak melakukan tindakan preventif sebelumnya guna mencadangkan foto di HP, maka jangan panik.

Karena masih ada banyak beberapa aplikasi yang mampu membantu Anda untuk bisa mengembalikan foto atau file yang sudah terhapus.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Deleted Photo Recovery Free.

Ini merupakan aplikasi yang mampu mengembalikan foto yang sudah terlanjur terhapus dengan cepat dan mudah. Caranya adalah dengan mencari atau memindai file foto yang sudah terhapus dan kembalikan saja ke tempat semula.

Jadi setelah Anda mengunduh aplikasi itu, maka tinggal pindai saja semua foto yang sudah terhapus tadi. Tunggu beberapa saat kemudian sampai proses itu selesai untuk foto bisa kembali lagi.

Dari sejumlah cara mengembalikan foto HP yang terhapus itu, Anda mau pilih trik yang mana? Semuanya memang sama-sama mampu mengembalikan foto Anda dengan mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -