Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengganti Bearing Roda Belakang Mobil, Para Pemula Wajib Simak!

Cara Mengganti Bearing Roda Belakang Mobil, Para Pemula Wajib Simak!

Cara mengganti bearing roda belakang mobil memang susah-susah gampang, namun bukan tak mungkin, beberapa orang justru bisa melakukannya.

Apalagi bagi mereka pecinta dunia otomotif, mungkin mengatasi masalah seperti ini adalah hal yang biasa.

Namun bagaimana untuk seorang pemula? Kemungkinan besar mereka tidak tahu dan belum paham tentang cara yang harus mereka lakukan.

Jika Anda salah satunya, maka tak perlu khawatir karena ada beberapa tips mudah untuk mengatasinya.

Baca Juga: Ciri Bearing Roda Mobil Rusak Ditandai dengan Beberapa Gejala

Cara Mengganti Bearing Roda Belakang Mobil yang Mudah dan Cepat

Bearing atau laher merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada sebuah kendaraan roda empat ini. Pasalnya bearing ini bisa kita jumpai pada setiap poros benda yang berputar seperti halnya roda kendaraan.

Pada mobil, maka bearing memiliki peran yang sangat penting, mengingat bahwa roda merupakan komponen penggerak untuk penyalur tenaga dari mesin.

Memang komponen yang satu ini memiliki umur panjang, sebab terbuat dari bahan dasar baja kuat lalu dilumasi oleh grease.

Bagi para ahli, mungkin saja mengetahui sejumlah ciri atau tanda bearing mulai bermasalah adalah hal yang cukup mudah.

Apalagi jika komponen itu sudah rusak, maka harus segera menggantinya. Lantas bagaimana caranya?

Baca Juga: Ciri Kaki-kaki Mobil Rusak dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Cara Melepaskan

Cara mengganti bearing roda belakang mobil untuk langkah yang pertama adalah dengan melepaskan roda yang akan Anda ganti itu. Langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan kaliper rem dan cakram tromolnya kemudian buka mur as roda menggunakan kunci soket 30.

Jika sudah, lalu buka baut as roda yang berdekatan dengan gardan menggunakan kunci socket E12 yang terdapat 6 pcs. Apabila as roda sudah terlepas, lalu turunkan nepel roda, namun jika kesulitan bisa kendorkan knalpot dan link stabil belakang dulu.

Nah, untuk mengeluarkan nepel as roda, maka Anda bisa menggunakan tracker atau manual dengan cara memukul as nepel roda.

Jika nepel sudah keluar dari bearing, kemudian buka nap ring lalu masukkan lagi bearing yang baru ke dalam rumahnya.

Baca Juga: Baut Roda Depan Mobil Patah, Jangan Sampai Terjadi, Gunakan Cara Ini

Mudahnya Mengganti Bearing

Mengganti bearing roda mobil sendiri dari rumah bisa lebih menghemat biaya servis mekanik. Akan tetapi, Anda memerlukan waktu yang cukup panjang saat akan melakukannya.

Selain itu, saat mengganti komponen ini memang membutuhkan tenaga ekstra dan bersiap-siaplah untuk bergelut dengan minyak gemuk. Bahkan harus lebih berhati-hati supaya langkah yang Anda tempuh bisa maksimal.

Akan tetapi mengganti bearing roda ini sebenarnya tidak cocok untuk mereka yang takut jika tangannya kotor akibat berlumuran minyak gemuk.

Oleh karena itu apabila Anda salah satunya, maka bisa menyerahkan semuanya ke tukang bengkel.

Namun jangan kaget, mengingat begitu sulit untuk mengganti bearing, maka biasanya harga perawatan ini tergolong cukup mahal.

Cara mengganti bearing roda belakang mobil ini juga bisa tenaga profesional lakukan, seperti mekanik handal agar hasilnya maksimal. (R10/HR-Online)