Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri di Rumah yang Hemat Biaya

Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri di Rumah yang Hemat Biaya

Cara mengisi freon AC mobil bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Ada beberapa teknik tepat yang harus Anda perhatikan.

Pengisian freon AC adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan.

Jika sampai Anda salah dalam pengisian sudah pasti mengakibatkan AC tidak dapat mengeluarkan suhu dingin. Udara yang panas saat berada di dalam mobil akan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Maka dari itu, AC mobil adalah salah satu fitur terbaru yang bisa membantu meningkatkan rasa nyaman saat berkendara.

Mengingat freon menjadi hal yang penting untuk pengisian AC, Anda juga harus bisa melakukan pengisian secara tepat. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengisi freon AC mobil, bisa menggunakan bantuan teknisi yang profesional.

Hanya saja untuk minta bantuan ahli tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Gunakan tips tepat berikut ini.

Baca Juga: Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri di Rumah

Freon adalah gas khusus yang memiliki suhu normal yaitu dingin. Daripada gas lainnya, freon memiliki suhu dingin hampir 0 derajat celcius.

Tidak hanya itu saja, freon memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap radiasi panas.

Hal ini terjadi karena adanya proses sirkulasi AC yang melalui bagian mesin. Freon membantu mendinginkan AC mobil.

Untuk itu, sebaiknya Anda bisa melakukan pengisian sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Sebelum melakukan pengisian freon Anda perlu mempersiapkan peralatan terlebih dulu. Selanjutnya bisa segera melakukan pengisian freon.

Persiapkan Peralatan

Sebenarnya cara mengisi freon AC mobil bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Namun sebaiknya untuk mempercepat prosesnya Anda perlu persiapkan peralatannya terlebih dulu.

Adapun peralatan tersebut antara lain:

  • Quick Connect AC mobil
  • Alat pengukur tekanan tinggi rendah atau biasa disebut dengan Manifold Gauge
  • Siapakan juga freon AC mobil sesuai dengan tipe AC
  • AC leak detector atau alat untuk mengecek saluran AC mobil

Baca Juga: Ciri Freon AC Mobil Bocor Penting Diketahui, Simak Ulasan Ini!

Pengosongan Sistem AC Mobil

Ada langkah selanjutnya sebagai cara mengisi freon AC mobil sendiri di rumah. Sebaiknya kosongkan sistem AC mobil. Cara ini bertujuan agar dapat menguras atau mengeluarkan semua sisa freon AC yang ada.

Anda cukup lakukan dengan memasang manifold gauge atau manometer gauge pada bagian selang tekanan rendah atau tinggi. Silahkan buka salah satu kran tekanan rendah dan tinggi pada manometer.

Melakukan cara ini membantu keluar masuk udara lebih mudah melalui selang manometer gauge.

Tunggu freon dalam AC habis dengan sendiri. Anda bisa cek dari tanda tekanan ke luar manometer nol.

Pemvakuman

Cara mengisi freon AC mobil yaitu dengan pemvakuman. Proses selanjutnya ini perlu Anda lakukan untuk menghisap dan menghilangkan uap air yang ada dalam sistem AC mobil.

Proses pemvakuman terjadi paling tidak 15 menit agar semua uap air pada AC mobil benar-benar bersih. Jika menggunakan pompa vakum pastikan berada pada angka -20 psi atau sekitar angka 758.4 mmHg.

Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengurangi risiko pembekuan uap air dalam sistem AC mobil. Biasanya yang menjadi faktor C mobil tidak dingin atau gagal fungsi.

Memberikan Pelumas AC

Sebaiknya jangan langsung mengisi freon AC mobil, Anda perlu memberikan pelumas. Pelumas bisa membantu menjaga dan mencegah kerusakan.

Setelah kran tertutup, Anda bisa melakukan pompa vakum yang dilepaskan. Berikan pelumas berukuran 5-10 cc ke dalam gelas. Masukkan selang manifold gauge ke dalam gelas.

Pelumas akan tersedot masuk melalui selang dengan cara membuka katup kran sedikit demi sedikit dengan tekanan rendah. Saat pelumas berhasil masuk jangan lupa untuk menutup kran.

Baca Juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Pengisian

Cara pengisian bisa melalui selang bertekanan rendah dan tinggi. Untuk pengisian bertekanan rendah proses harus memperhatikan jarum manometer.

Sistem akan terisi pada angka saluran tekanan rendah 1,5-2 bar. Sedangkan untuk saluran tekanan tinggi harus mencapai angka 14,5-15 bar.

Setelah sampai pada angka yang sudah ditentukan tersebut bisa segera tutup kran. Jangan lupa lepaskan selang dan tutup tabung.

Selanjutnya cara mengisi freon AC mobil terakhir yaitu dengan melakukan pengecekan. Segera cek apakah ada kebocoran atau tidak. Gunakan leak detector untuk mengetahui secara detail mengetahui kebocoran jika terjadi. (R10/HR-Online)