Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita BisnisCara Menjual Saham Suspend di Pasar Nego, Risiko Harganya Turun

Cara Menjual Saham Suspend di Pasar Nego, Risiko Harganya Turun

Cara menjual saham suspend tidak semudah pada umumnya. Sebagai pelaku pasar Anda perlu tahu cara yang tepat untuk menjualnya. Setiap pergerakan harga saham tentu tidak selamanya likuid.

Ada kalanya jika saham tersebut mengalami suspend atau dengan penghentian sementara. Suspend mengartikan jika saham tersebut tidak dapat Anda jual belikan pada pasar bursa akibat sesuatu hal.

Sebagai investor Anda perlu tahu bagaimana cara menjual saham suspend jika sedang terjadi. Cara ini membantu mengatasi risiko kerugian yang bisa saja terjadi kapan saja. Jika Anda belum paham akan istilah suspensi, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Suspensi Saham, Jangka Waktu, dan Faktor Penyebabnya

Mengenal Istilah dan Cara Menjual Saham Suspend

Dalam dunia pasar modal banyak hal yang perlu investor perhatikan. Hal ini terjadi akibat pergerakan pasar saham yang tidak menentu.

Bursa Efek Indonesia sebagai otoritas pasar modal juga memiliki peran yang cukup penting. Bahkan sering juga memberikan sanksi terhadap sejumlah emiten dengan alasan tertentu.

Investasi saham tergolong cukup mudah, namun jika Anda tidak tahu strategi dan aturan yang tepat bisa saja berujung buruk.

Seperti halnya cara menjual saham suspend yang tidak bisa Anda lakukan pada pasar bursa. Bahkan kemungkinan besar perusahaan Anda justru terkena suspensi atau peringatan dari BEI.

Saat kondisi seperti ini biasanya pihak BEI sendiri telah mempersilahkan untuk perusahaan melakukan pembelaan. Hal ini terjadi saat BEI melakukan evaluasi terhadap emiten pasar modal.

Adanya suspensi, sebenarnya menjadi pertanda atau peringatan bagi para investor. Dimana mereka harus mengkaji ulang kelanjutan terhadap kepemilikan saham emiten tersebut.

Jika saham disuspensi menandakan jika saham tersebut tidak bisa dijual belikan di bursa. Sehingga BEI memberikan sanksi terhadap emiten yang melanggar peraturan tertentu. Cara menjual saham suspend pun tidak mudah.

Baca Juga: Margin Trading Saham Membantu Para Investor dengan Modal Terbatas?

Menjual Saham di Pasar Nego

Saat saham terkena suspensi investor harus dapat bergerak cepat. Cara menjualnya memang tidak terlalu mudah. Sebenarnya investor bisa memanfaatkan pasar nego untuk menjual saham tersebut.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui jika dalam pasar modal ada tiga transaksi yang bisa terjadi yaitu reguler, tunai dan nego. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menggunakan pasar nego untuk menjualnya.

Selama belum delisting, masih ada peluang untuk menjual saham suspend. Hanya saja konsekuensi yang harus investor dapatkan yaitu risiko kerugian yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu saja, jika sudah masuk pasar nego belum tentu saham tersebut langsung terjual. Pemegang saham harus menunggu terlebih dulu hingga ada investor yang tertarik untuk membelinya. Jika Anda hendak mengikuti cara ini ada langkahnya.

Sebaiknya hubungi sekuritas jika Anda hendak menjual saham di pasar nego. Selanjutnya jika permintaan disetujui biasanya pihak sekuritas akan menyediakan layanan aplikasi online.

Investor akan diarahkan untuk memasang offer dan biasanya ada tambahan huruf NG yang artinya menandakan pasar nego.

Selanjutnya jika aplikasi online trading pasar nego belum tersedia, pihak sekuritas akan membantu Anda. Cara inilah yang bisa Anda lakukan ketika menjual saham suspend. (R10/HR-Online)

- Advertisment -