Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menonaktifkan WA di iPhone Tanpa Uninstall Aplikasi

Cara Menonaktifkan WA di iPhone Tanpa Uninstall Aplikasi

Cara menonaktifkan WA di iPhone sebenarnya cukup mudah Anda lakukan. Pada aplikasi WhatsApp memang terdapat fitur grup chat yang bisa membantu komunikasi dengan siapa saja, baik itu chat pribadi maupun dengan grup.

Adanya fitur ini terkadang membuat munculnya notifikasi secara terus-menerus. Sebagian ada yang merasa terganggu dengan munculnya notifikasi tersebut, terlebih saat memasuki waktu istirahat.

Sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari notif WA yang muncul tersebut, salah satunya dengan menonaktifkan WA.

Baca Juga: Cara Pakai 2 WA di iPhone Paling Praktis, Ketahui Tips Mudahnya!

Cara Menonaktifkan WA di iPhone Paling Mudah

Cara untuk mematikan pemberitahuan atau notifikasi pada aplikasi WhatsApp memang sangat dibutuhkan oleh sebagian pengguna aplikasi chatting ini.

Pada umumnya, mereka ingin menonaktifkan notifikasi WhatsApp karena mereka sedang tidak ingin terganggu dengan masuknya notifikasi pesan setiap hari.

Berbagai macam cara pun bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus menghapus aplikasi pesan singkat ini secara permanen.

Menonaktifkan Sambungan Data Internet

Untuk cara menonaktifkan WA di iPhone pertama yang bisa Anda lakukan dengan cepat yaitu mematikan sambungan data internet. Cara ini memang sudah umum digunakan.

Perlu Anda tahu, sambungan data internet pada iPhone terdiri atas dua jenis, yaitu jaringan seluler dan koneksi WiFi. Agar sambungan data internet pada iPhone Anda bisa mati, alihkan saja iPhone Anda ke mode pesawat.

Saat iPhone Anda sudah berada pada mode pesawat, maka pastinya koneksi WiFi dan jaringan seluler akan langsung mati.

Pada waktu sambungan data internet iPhone Anda mati, maka WhatsApp tidak akan bisa mengirimkan pembaruan atau notifikasi WhatsApp ke iPhone Anda.

Namun perlu Anda tahu, menonaktifkan WhatsApp dengan cara ini juga bisa mengganggu aktivitas Anda jika ingin menggunakan iPhone untuk kepentingan selain WhatsApp.

Sebab, jika iPhone Anda dalam keadaan mode pesawat, maka iPhone tidak bisa mengakses aplikasi lain yang memerlukan sambungan data internet.

Baca Juga: Cara Scan Barcode WA di Iphone Maupun iPad, Ini Jurus Jitunya!

Menonaktifkan Data Seluler WhatsApp

Jika Anda hanya ingin menonaktifkan WhatsApp saja tanpa menonaktifkan aplikasi lainnya, maka cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menonaktifkan data seluler WhatsApp.

Dengan mematikan data seluler aplikasi WhatsApp, maka aplikasi WA tidak dapat  mengakses data seluler yang masuk pada perangkat. Sehingga, WhatsApp Anda akan tampak seperti nonaktif.

Caranya cukup mudah, pertama bukalah menu pengaturan pada perangkat iPhone Anda. Setelah itu, Anda bisa masuk pada opsi menu ‘Seluler’, lalu pilihlah aplikasi WhatsApp.

Sesudah itu, gulirkan atau geser toggle switch ke arah off. Cara ini bisa Anda lakukan supaya data seluler pada aplikasi WhatsApp dapat menjadi mati atau nonaktif.

Sekarang ini, WhatsApp pada perangkat iPhone telah berhasil Anda nonaktifkan. Jadi, Anda bisa terhindar dari seringnya muncul notifikasi pesan WhatsApp Anda.

Kemudian, apabila Anda ingin mengaktifkannya kembali, maka Anda hanya perlu mengaktifkan kembali toggle switch yang tadinya ke arah off bisa Anda geser lagi ke arah on.

Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan WA di iPhone juga bisa Anda lakukan dengan menonaktifkan notifikasi aplikasi WhatsApp.

Caranya mudah, Anda tinggal membuka aplikasi WhatsApp pada perangkat iPhone Anda. Setelah itu, klik ikon pengaturan. Kemudian, masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih opsi pemberitahuan.

Setelah itu geserlah toggle semua opsi yang ada kaitannya dengan pemberitahuan ke warna abu-abu agar notifikasi WhatsApp bisa nonaktif. Dengan begitu, WhatsApp akan berhenti mengirimkan pembaruan pada perangkat iPhone Anda

Baca Juga: Cara Mempercantik Video Call WhatsApp iPhone Praktis, Simak!

Mematikan Notifikasi WhatsApp pada Perangkat

Cara menonaktifkan WA di iPhone tanpa uninstall bisa Anda lakukan dengan mematikan notifikasinya pada perangkat iPhone.

Cara yang bisa Anda lakukan, pertama masuk ke menu ‘Pengaturan’ pada perangkat iPhone. Kemudian, carilah opsi menu ‘Pemberitahuan’.

Sesudah berada pada menu ‘Pemberitahuan’ silahkan Anda cari pilihan aplikasi WhatsApp dan Anda bisa masuk ke dalamnya.

Setelah itu akan muncul tampilan yang berisi tentang berbagai macam fitur dalam WhatsApp. Cobalah menonaktifkan opsi ‘izinkan Pemberitahuan’. Selesai, WhatsApp Anda tidak akan aktif meskipun tanpa menghapus aplikasi pada perangkat.

Jadi, Anda bisa beraktifitas dengan nyaman tanpa ada gangguan notifikasi WhatsApp yang masuk terus menerus.

Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan seperti awal lagi, maka Anda hanya perlu mengaktifkan lagi WhatsApp Anda dengan menuju ke opsi ‘Izinkan Pemberitahuan’ tadi.

Dengan melakukan cara menonaktifkan WA di iPhone, maka Anda bisa mengatur kapan Anda ingin tidak melihat notifikasi dari WA atau kapan Anda ingin mengaktifkan kembali. (R10/HR-Online)