Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menyambungkan CCTV ke HP Android dengan Langkah Mudah Ini!

Cara Menyambungkan CCTV ke HP Android dengan Langkah Mudah Ini!

Cara menyambungkan CCTV ke HP Android sangat mudah untuk Anda lakukan, sehingga tidak perlu menggunakan perangkat laptop ataupun komputer.

Pasalnya seiring dengan perkembangan zaman, maka teknologi akan semakin canggih, termasuk kamera pengaman alias CCTV.

Saat ini memasang CCTV juga tidak hanya bisa dilakukan di perusahaan, kantor, toko, maupun sekolah, melainkan di rumah pula.

Jadi bagi Anda yang ingin memasang kamera lalu menyambungkannya ke ponsel, maka bisa simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Setting Microphone Android yang Paling Mudah, Simak Tutorialnya!

Cara Menyambungkan CCTV ke HP Android Paling Mudah dan Efisien

Untuk saat ini CCTV sudah cukup akrab digunakan oleh beberapa orang untuk keperluan mereka masing-masing. Karena adanya kamera pengintai ini, maka pengguna bisa melihat aktivitasnya melalui perangkat, tak terkecuali dari HP.

Cukup dengan memanfaatkan jaringan LAN maupun WiFi serta mengetahui trik setting-nya, maka Anda bisa mengawasi keadaan dengan mudah.

Bahkan saat ini sudah ada banyak orang yang telah menggunakan kamera pengawas ini di rumah mereka demi keamanan.

Pasalnya ada banyak cara menyambungkan CCTV ke HP Android yang mudah untuk Anda lakukan tanpa harus meminta bantuan dari jasa.

Selain menggunakan sistem khusus, maka Anda juga bisa menggunakan sejumlah aplikasi Android untuk menghubungan CCTV.

Memang pada dasarnya untuk bisa menghubungkan kamera CCTV rumah ke HP memang membutuhkan sejumlah barang berkualitas dan aplikasi.

Untung saja, hampir seluruh CCTV kini sudah dapat terhubung dengan perangkat Android. Lantas bagaimana cara menghubungkannya?

Pasang CCTV dengan Benar

Cara menyambungkan CCTV ke HP Android untuk langkah pertama pastikan dulu bahwa Anda sudah memasang kamera pengawas dengan benar.

Anda dapat meletakkan kamera ini dengan sudut dan tinggi sesuai dengan kebutuhan supaya dapat memantau area yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, ada baiknya jika meletakkan CCTV ini pada tembok paling atas. Hal ini bertujuan supaya memudahkan kamera untuk mengawasi lantai bawah serta kegiatan yang sedang terjadi.

Baca Juga: Cara Ganti IP Address Android Mudah dan Sederhana Tanpa Aplikasi

Memastikan Bahwa DVR dan CCTV Sudah Menyala

DVR sendiri merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan serta mengolah rekaman kamera pengintai. Sehingga pastikan bahwa DVR dan CCTV sudah menyala sebelum Anda menghubungkannya ke HP.

Tidak hanya itu saja, melainkan perhatikan juga apakah Anda menggunakan internet protocol atau IP Camera. Sebab bentuk kamera seperti ini akan terhubung dengan ponsel dan jaringan internet.

Menghubungkan ke Internet

Cara menyambungkan CCTV ke HP Android untuk langkah selanjutnya adalah Anda harus menghubungkannya ke sumber internet.

Salah satunya adalah dengan menggunakan metode Cloud Access P2P, ini merupakan salah satu langkah yang aman dan mudah.

Pertama-tama Anda bisa mengaktifkan fitur Cloud Access P2P yang ada di DVR kemudian login ke DVR sebagai admin. Carilah bagian tersebut lalu masukkan kode verifikasi untuk menambah DVR ke aplikasi VMS dengan fitur Cloud P2P tadi.

Jika DVR telah terkoneksi dengan jaringan, nanti selama 2 menit akan ada perubahan Register Status menjadi Online, lalu refresh halaman untuk memeriksanya.

Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi VMS atau CMS dan pilih Tool lalu pindah ke Device Management.

Tab server kemudian pilih Add New Device Type, lalu Anda bisa memberi centang pada alat yang Anda inginkan kemudian tekan OK.

Apabila sudah berhasil login, klik saja Add Device, serial number dari DVR dan masukkan kode verifikasi, lalu terakhir tinggal klik OK.

Baca Juga: Cara Buat TV Tuner Android Sendiri yang Bisa dilakukan dengan Mudah

Pentingnya Memasang Kamera Pengawas

Setelah tahu cara menyambungkan CCTV ke HP Android, maka Anda juga wajib mengetahui tentang pentingnya memasang kamera pengawas ini.

Seperti yang kita tahu, bahwa Closed Circuit Television alias CCTV adalah salah satu alat keamanan yang berguna untuk merekam suatu area.

Kamera seperti ini seringkali kita jumpai di rumah sakit, sekolah, bandara, stasiun, toko atau supermarket, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan untuk saat ini sudah ada sebagian orang yang memasang kamera pengawas di rumah mereka masing-masing.

Tentunya tindakan seperti ini menjadi salah satu bentuk upaya mereka untuk mengawasi bagaimana keadaan sekitar rumah mereka. Sehingga saat meninggalkan rumah, maka tidak perlu merasa takut dan khawatir lagi.

Tidak selamanya harus dengan komputer atau laptop, sebab cukup menggunakan perangkat HP saja kita sudah bisa memasang CCTV. Tentu ini akan lebih efisien dan praktis, sehingga wajib Anda coba.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara menyambungkan CCTV ke HP Android, kini saatnya Anda untuk langsung mempraktekkannya. Bagaimana? Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)