Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Merekam Suara di iPhone yang Paling Mudah, Pemula Wajib Tahu!

Cara Merekam Suara di iPhone yang Paling Mudah, Pemula Wajib Tahu!

Cara merekam suara di iPhone kini terasa sangat mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan Apple’s Memos atau sebuah aplikasi gratis.

Betapa tidak, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam audio di perangkat Apple dengan mudah.

Sehingga aplikasi perekam suara ini juga memiliki desain yang sederhana dengan fungsi rekam serta edit berkualitas.

Namun tidak hanya itu saja, masih ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan saat akan merekam suara. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Cara Merekam Telepon di iPhone, Simak Beberapa Langkah Berikut Ini

Cara Merekam Suara di iPhone yang Paling Mudah dan Simpel

Ekosistem aplikasi di perangkat iOS sekarang ini memang tergolong sudah sangat bagus dan keren tentunya. Pasalnya cukup dengan menggunakan iPhone saja, pengguna tidak harus membawa gadget atau perangkat lebih untuk kebutuhan tersebut.

Sebut saja seperti perekam suara yang menjadi salah satu kebutuhan mereka, bahkan seringkali mereka gunakan. Karena sekarang ini sudah ada banyak aplikasi iPhone yang berkualitas dan keren untuk merekam suara dengan mudah.

Meski demikian, iPhone Apple sendiri sebenarnya sudah lengkap dengan aplikasi perekaman audio asli yang bernama Memo Suara.

Ini menjadi salah satu alat portabel yang bisa untuk merekam audio dengan mudah dan hasilnya jauh lebih maksimal.

Sementara itu untuk merekam memo suara, maka Anda bisa memanfaatkan mikrofon internal, hingga headset Bluetooth yang mendukung. Nah, supaya lebih jelas lagi, maka Anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini dengan mudah.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Audio di HP dengan Aplikasi dan Situs Online, Cek!

Memo Suara

Cara merekam suara di iPhone juga bisa Anda lakukan dengan mudah yakni memanfaatkan atau menggunakan aplikasi Memo Suara.

Ini cukup berbeda, sebab Anda bisa langsung menekan tombol rekam untuk kemudian memulai merekam audionya.

Setelah Anda berhasil merekam audionya, lalu ketuk tombol perekaman untuk memberhentikannya. Tentunya ini juga sangat mudah untuk Anda lakukan.

Untuk saat ini Apple sudah memudahkan para penggunanya agar mengedit video di iPhone mereka masing-masing. Sehingga hasil dari rekaman layar yang sebelumnya mereka buat dapat langsung mereka edit tanpa menggunakan aplikasi lain.

Anda bisa membuka aplikasi Foto lalu cari saja file video rekaman dan putar video itu. Lalu tap tombol Edit pada bagian pojok kanan atas.

Kemudian tinggal edit saja dan potong video sesuai kebutuhan dan keinginan. Terakhir tinggal tap Selesai dan simpan.

Recorder Plus

Cara merekam suara di iPhone untuk tahap selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama Recorder Plus. Jadi Recorder Plus atau Voice Recorder adalah salah satu aplikasi perekam suara di iPhone yang sangat bagus untuk catatan pula.

Pasalnya aplikasi ini cukup sederhana dan memiliki fitur opsi perekaman audio standar, namun hasilnya tidak kalah menarik. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk merekam suara yang sedang berlangsung selama beberapa detik/jam.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memulai sesi perekaman baru dengan sangat praktis, yakni cukup dengan satu ketukan saja.

Bahkan hal yang lebih menarik lagi adalah bahwa hasilnya ini lebih sempurna untuk merekam ide hingga catatan dengan cepat.

Sementara itu untuk versi gratis aplikasi ini, hanya bisa memberi opsi perekaman suara dengan fitur edit audio yang terbatas.

Sehingga bila Anda ingin merekam dengan format audio yang berkualitas tinggi, maka harus melakukan pembelian aplikasi dulu.

Baca Juga: Perekaman Layar iPhone Gagal Tersimpan di Galeri, Begini Solusinya

Apakah Bisa Berbagi Suara?

Setelah Anda tahu tentang cara merekam suara di iPhone, maka Anda juga harus tahu bahwa suara rekaman tersebut bisa dibagikan.

Bagaimana caranya? Ternyata Anda bisa membagikan hasil rekaman suara yang sudah tersimpan di iPhone ke orang lain.

Salah satu caranya adalah melalui pesan maupun email. Langkah yang pertama Anda pergi ke aplikasi Voice Memo yang ada di iPhone.

Selanjutnya ketuk untuk memilih jenis rekaman suara yang akan Anda bagikan itu.

Kemudian tinggal pilih saja tombol atau opsi berbagi dan pilih lagi metode yang Anda inginkan untuk langsung membagikannya. Apakah mau melalui pesan, email, aplikasi pihak ketiga, maupun tambah ke catatan.

Hasil rekaman suara akan tiba sebagai file M4A yang artinya itu kompatibel. File M4A sendiri merupakan file nada dering yang ternyata juga bisa Anda ubah namanya.

Sebenarnya cara merekam suara di iPhone ini tergolong sangat mudah dan simpel. Kini saatnya Anda untuk melakukan dan menerapkannya. (R10/HR-Online)