Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita JabarCegah Kecelakaan di Tanjakan Pari, Pemprov Jabar Rencanakan Pelebaran Jalan

Cegah Kecelakaan di Tanjakan Pari, Pemprov Jabar Rencanakan Pelebaran Jalan

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan Pemprov Jabar rencanakan pelebaran jalan Tanjakan Pari, Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Hal tersebut disampaikan Uu saat melakukan dialog bersama warga Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Rabu (8/6/2022). Jalan tersebut merupakan jalur menuju wisata ziarah Situ Lengkong Panjalu.

Uu mengatakan pertemuannya dengan warga ini sebagai tindak lanjut atas kejadian bus maut pada 21 Mei 2022 lalu. Sekadar informasi, beberapa waktu lalu pada lokasi tersebut terjadi kecelakaan bus menabrak 4 bangunan dan menewaskan 4 orang.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Panumbangan Ciamis, Bus Pariwisata Tabrak Rumah dan Kendaraan

Uu mengungkapkan jalur tersebut berstatus jalan provinsi. Untuk itu, Pemprov Jabar mengambil langkah rencanakan untuk pelebaran jalan. Namun pihaknya merasa perlu untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan masyarakat. Agar rencana ini menjadi kebaikan untuk semua pihak.

“Kami melakukan komunikasi terlebih dulu dengan masyarakat. Meski rencana pelebaran jalan ini tidak mengambil atau mengganggu lahan warga. Ini (pelajaran jalan) mendesak dan perlu secepatnya,” ungkap Uu.

Uu mengungkapkan, dalam rencana pelebaran jalan ini, Pemprov akan melebarkan jalan sebelah kiri dan kanan sekitar setengah meter. Sehingga total lebar jalan tersebut menjadi 7 meter.

“Pemprov Jabar menganggarkan untuk pelebaran jalan ini Rp 6 miliar per kilometer. Rencana untuk pelebaran jalan ini sepanjang 3 kilometer,” kata Uu.

Pemprov Jabar akan secepatnya melaksanakan pelebaran jalan tersebut. Uu khawatir kejadian serupa kembali terjadi apabila jalan masih tetap dan tidak ada pelebaran.
(R9/HR-Online/Editor-Dadang)