Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Kerak Bumi dan Fungsi Utamanya, Ini Dia Penjelasannya!

Ciri-Ciri Kerak Bumi dan Fungsi Utamanya, Ini Dia Penjelasannya!

Ciri-ciri kerak Bumi tentunya sangat khas. Kerak Bumi sendiri merupakan sebuah lapisan batuan yang paling ringan pada planet ini.

Bumi sebagai planet yang berpenghuni ini memiliki tiga lapisan utama. Setiap lapisan memiliki fungsi dan karakteristik tertentu.

Kerak Bumi sendiri merupakan lapisan terluar yang ada di atas mantel. Tentu saja lapisan ini memiliki karakteristik atau ciri-ciri mereka sendiri.

Baca Juga: Fungsi Mantel Bumi dan Bagian-Bagian di Dalamnya, Ini Lengkapnya!

Inilah Ciri-Ciri Kerak Bumi

Lapisan kerak Bumi berada di paling luar. Kerak Bumi terdiri dari berbagai unsur mulai dari magnesium, kalsium, besi, aluminium, sodium, silikon, hingga oksigen.

Selain menjadi lapisan paling luar, kerak Bumi juga mendapat julukan sebagai lapisan paling ringan dan paling apung.

Bagian kerak Bumi ini menutupi sekitar 41 persen permukaan Bumi. Meski begitu, seperempat kerak benua berada di bawah lautan.

Menjadi lapisan terluar dari Bumi, maka bagian kerak Bumi ini memiliki kedalaman sekitar 40 kilometer. Hal itu setara dengan 1 persen dari massa planet ini.

Meski demikian, kerak Bumi memiliki kehidupan yang ada di alam semesta ini.

Baca Juga: Fungsi Lapisan Termosfer Bumi dan Ciri-Cirinya, Apa Saja?

Seperti lapisan Bumi lainnya, bagian kerak ini juga memiliki karakteristik atau ciri-ciri mereka sendiri. Melansir dari National Geographic, berikut ini beberapa ciri-ciri lapisan terluar Bumi ini:

  • Kerak Bumi terbuat dari batuan padat dan juga mineral yang berlimpah.
  • Pada bagian bawah kerak Bumi terdapat mantel Bumi. Pada bagian tersebut sebagian besar materialnya adalah batuan padat.
  • Kerak Bumi dan juga bagian atas mantel merupakan bagian dari satu unit geologi yang sama, yaitu litosfer.
  • Kedalaman dari lapisan litosfer sangatlah bervariasi dan juga diskontinuitas Mohorovicic atau batas antara mantel dengan kerak Bumi ini tidak memiliki kedalaman sama.
  • Suhu kerak Bumi sangat bervariasi. Pada bagian atasnya akan tahan pada suhu sekitar atmosfer. Sedangkan bagian di dekat Moho memiliki suhu sekitar 200 derajat Celcius hingga 400 derajat Celcius.

Baca Juga: Fungsi Lapisan Eksosfer Bumi, Apa Saja Karakteristik yang Dimilikinya?

Fungsi dari Kerak Bumi

Sebenarnya, karakteristik atau ciri-ciri kerak Bumi berhubungan dengan fungsinya.

Sebagai lapisan terluar, maka kerak Bumi tergabung ke dalam litosfer. Kerak Bumi memiliki pengaruh langsung terhadap kehidupan di Bumi.

Manusia dan makhluk hidup lain melakukan aktivitas di bagian atas litosfer yang termasuk kerak Bumi.

Selain itu, kerak Bumi yang kaya akan mineral sangat bermanfaat untuk manusia karena memiliki daya jual tinggi dan bisa menjadi bahan baku berbagai industri, seperti industri rumah tangga, perhiasan, hingga elektronika.

Bahan-bahan mineral atau tambang yang berasal dari kerak bumi adalah gas, emas, batu bara, nikel, timah, bahkan hingga besi. Harga dari mineral tersebut sangatlah tinggi dan memiliki manfaat yang besar.

Fungsi dan ciri-ciri kerak Bumi tersebut cukup penting untuk Anda ketahui. Meski menyimpan banyak manfaat, tetapi kita harus tetap menggunakannya dengan bijak agar tidak merusaknya. (R10/HR-Online)