Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Mobil Boros Bensin yang Harus Anda Ketahui, Simak Ulasannya!

Ciri Mobil Boros Bensin yang Harus Anda Ketahui, Simak Ulasannya!

Ciri mobil boros bensin harus Anda ketahui, hal ini karena penyebabnya juga cukup beragam dan tidak hanya satu macam saja.

Betapa tidak, seringkali terdapat kejadian tak terduga dan bahkan terjadi secara tiba-tiba alias mendadak.

Tanpa kita sadari, maka frekuensi pengisian bahan bakar akan semakin meningkat hingga anggaran yang harus kita keluarkan. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil Anda harus mengetahui apa saja ciri-cirinya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Mobil Turun Mesin yang Seharusnya Kalian Ketahui

Ciri Mobil Boros Bensin yang Harus Anda Ketahui dan Pahami

Setiap pemilik kendaraan sudah pasti menginginkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit supaya pengeluarannya juga hemat.

Akan tetapi apabila mobil jarang mendapatkan perawatan, hal ini bisa membuat bahan bakar menjadi cepat boros dari biasanya.

Namun mobil keluaran terbaru biasanya juga memiliki konsumsi bahan bakar yang masih efisien, sebab komponenya masih fresh.

Tapi seiring dengan penggunaan sampai bertahun-tahun, maka konsumsi bahan bakarnya pun bisa berubah.

Sayangnya masih ada saja pengguna mobil yang tidak menyadari bahwa bahan bakar mobil mereka sudah mulai boros. Jika itu dibiarkan, maka pengeluaran akan semakin banyak, itulah mengapa penting untuk mengetahui cirinya.

Selalu Mengisi Bahan Bakar

Ciri mobil boros bensin untuk yang pertama adalah Anda pasti akan sering mengisi bahan bakar dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Apabila Anda baru saja mengisi bahan bakar kemarin pagi dan kembali membeli pada sore hari, maka ini adalah hal yang boros.

Hal seperti ini juga dapat Anda bandingkan dari ketika awal penggunaannya dengan bagaimana cara pakainya. Bahkan mungkin jarak tempuh yang jauh dalam keseharian bisa memicu boros bensin.

Baca Juga: Fungsi Bushing Arm Mobil dan Mengenal Tentang Ciri-Ciri Kerusakannya

Asap Knalpot Menghitam

Nah, asap knalpot yang berwarna hitam ini adalah salah satu tanda bahwa terdapat masalah pada bagian karburator.

Biasanya kasus yang satu ini penyebabnya adalah dari sumbatan pipa kecil yang menyebabkan aliran bahan bakarnya menjadi terganggu.

Apabila terus kita biarkan saja, maka kondisi seperti ini bisa membuat konsumsi bahan bakar akan menjadi tidak efisien. Sehingga bisa membuat komponen lain rusak.

Suara Mesin Sudah Mulai Kasar

Mobil yang selalu mendapat perawatan secara rutin sudah pasti akan mempunyai suara yang lebih halus.

Akan tetapi apabila sudah terdengar suara mesin yang kasar bahkan berisik, maka mobil itu sudah bermasalah.

Tidak hanya bisa membuat konsumsi bensin menjadi tidak efisien lagi, melainkan juga berdampak terhadap keseluruhan kinerja mesin tersebut. Sehingga kondisi seperti ini karena klep yang terlalu longgar atau rapat.

Baca Juga: Ciri Alternator Mobil Lemah Coba Mengenali dengan Munculnya Tanda Ini

Bau Bensin yang Menyengat

Bau bensin yang terlalu menyengat ini juga bisa menjadi salah satu ciri mengapa mobil boros bensin.

Hal ini karena tangkai sudah bocor, sehingga membuat penurunan bahan bakar secara drastis. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus selalu waspada.

Dari sejumlah ciri mobil boros bensin seperti itu, ada baiknya Anda sebagai pemilik kendaraan harus selalu merawatnya. Lakukan service secara berkala di tukang bengkel yang terpercaya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -