Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCurah Hujan Hutan Hujan Tropis, Inilah Intensitas dan Ciri-cirinya!

Curah Hujan Hutan Hujan Tropis, Inilah Intensitas dan Ciri-cirinya!

Curah hujan hutan hujan tropis tentu memiliki intensitas yang cukup tinggi setiap tahunnya. Hutan hujan ini tentu terletak di daerah tropis.

Jenis hutan ini memiliki keadaan iklim yang selalu basah, tanah kering di daratan, dan juga akan selalu menghijau.

Nama hujan tropis tentu saja berkaitan dengan curah hujan mereka. Hutan ini memiliki curah hujan yang sangat tinggi sepanjang tahunnya.

Baca Juga: Proses Terjadinya Hujan Secara Singkat dan Lengkap

Intensitas Curah Hujan Hutan Hujan Tropis

Ada beberapa jenis pengelompokan bioma yang ada. Hutan hujan tropis termasuk ke dalam salah satunya.

Hutan jenis ini terletak tentunya di daerah tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Daerah tropis sendiri hanya memiliki dua musim saja, yakni panas dan penghujan.

Hujan tropis merupakan satu di antara jenis bioma yang memiliki variasi suhu dan kelembaban tinggi. Suhu rata-rata hutan ini adalah 25 derajat Celcius.

Curah hujan yang terjadi di wilayah ini juga sangat tinggi dan tersebar sepanjang tahun. Kemudian intensitas curah hujan pada jenis hutan ini berada di sekitar 1.800-2000 mm di setiap tahun.

Hutan hujan tropis ini merupakan jenis hutan dengan keadan iklim yang selalu basah. Namun, tanah di daratan akan kering dan juga selalu menghijau.

Pada umumnya lapisan pertama hutan hujan tropis akan berisi pepohonan hijau dengan tajuk yang tidak berurutan beserta sedikit susunan cabang.

Sedangkan lapisan berikutnya akan berupa kanopi utama yang terdiri dari berbagai jenis pohon ramping dengan ketebalan mencapai 30 sampai 40 m.

Baca Juga: Proses Daur Karbon Secara Alami, Bagaimana Terjadinya?

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis

Selain curah hujan hutan hujan tropis yang tinggi, ada juga beberapa ciri dan karakteristik lainnya, yaitu:

  1. Memiliki Pohon yang tinggi

Pohon di dalam hutan ini memiliki daun lebat dan ukuran tinggi karena sinar Matahari bersinar sepanjang tahun.

  1. Kelembaban Udaranya Tinggi

Tanah di hutan ini menyimpan banyak cadangan air yang berlimpah sehingga akan membuatnya selalu lembab. Kerapatan vegetasi dan suhu juga menjadi salah satu faktornya.

  1. Vegetasi Tanaman yang Berlapis

Hutan hujan tropis akan memiliki vegetasi tanaman yang berlapis. Terdapat beberapa tingkatan vegetasi, yaitu strata A hingga strata E.

  1. Sinar Matahari Tidak Mencapai Dasar Hutan

Karena hutan tersusun atas vegetasi yang berlapis, maka mereka sangatlah rapat. Hal itu membuat sinar matahari tidak bisa menembus hingga ke dasar hutan.

  1. Memiliki Genangan Air

Ketika musim hujan tiba, tanah hutan akan menyerap banyak air sehingga membentuk genangan yang terdapat biota di dalamnya.

  1. Daya Regenerasi Tinggi

Secara alamiah, hutan hujan tropis memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mereka.

Baca Juga: Proses Terjadinya Hujan Es, Ini Penyebab dan Penjelasan dalam Sains!

Ketika ada pohon yang tumbang, maka akan cepat tumbuh semak, terna, ataupun anakan pohon karena sinar Matahari yang mencapai dasar.

Tanah yang kaya akan air akibat curah hujan hutan hujan tropis juga membuat tumbuhan tumbuh dengan subur dan cepat. (R10/HR-Online)