Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Taman di Teras Lantai 2 untuk Tampilan Hunian yang Lebih Cantik

Desain Taman di Teras Lantai 2 untuk Tampilan Hunian yang Lebih Cantik

Desain taman di teras lantai 2 dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk mempercantik rumah. Hampir semua rumah dengan 2 lantai memiliki teras.

Teras ini memiliki peran yang penting, salah satunya sebagai tempat bersantai atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Melihat begitu pentingnya peran teras tersebut, tak sedikit pemilik rumah untuk menjadikannya sebagai taman. Bukan tanpa alasan, hal ini dapat menciptakan suasana teras rumah yang lebih nyaman dan asri.

Baca Juga: Desain Taman Rumah Cluster Bisa Memilih Minimalis Sederhana

6 Ide Desain Taman di Teras Lantai 2

Mendesain teras lantai 2 dengan taman, bukanlah perkara yang sulit. Bahkan, hanya dengan biaya yang murah saja, kita bisa memilikinya.

Tak perlu mendatangkan jasa, karena kita bisa melakukannya sendiri. Sebagai sumber inspirasi untuk hunian, berikut ini beberapa desain taman yang bisa kita terapkan.

1. Penggunaan Lantai Kayu untuk Desain Taman Terbuka

Salah satu desain yang bisa kita coba yakni penggunaan lantai kayu untuk taman terbuka. Ide yang satu ini akan menjadi kombinasi unik dan menarik.

Sebab, penggunaan lantai kayu pada taman ini semakin terlihat apik meskipun sederhana. Ada baiknya, untuk desain kali ini menggunakan taman kering.

Maksudnya, untuk tanaman hias yang akan kita tanam, menggunakan pot sebagai medianya. Dengan begitu, kita bisa merubah tatanan taman ini kapan saja sesuai keinginan.

2. Perpaduan Batu Alam

Desain taman di teras lantai 2 berikutnya yakni memadukannya dengan batu alam. Tambahan batu alam pada taman tersebut dapat menambah kesan mewah.

Desain taman satu ini, sangat cocok bagi yang tinggal di perkotaan. Selain itu, teras lantai 2 itu pun tidak hanya sebatas taman saja.

Melainkan bisa lebih fleksibel dalam penggunaannya. Selain sebagai pemanfaatan lahan, juga bisa untuk bersantai, berjemur, hingga mengadakan barbeque bersama dengan keluarga.

Baca Juga: Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Membuat Rumah Tampak Asri

3. Tanaman Merambat Sebagai Tirai

Taman teras lantai 2 ini, tidak hanya berkesan saat kita lihat dari dalam rumah saja. Dengan menggunakan tanaman rambat sebagai tirai, tampilan luarnya pun tak kalah menarik.

Kita bisa menggunakan tanaman merambat tersebut dalam jumlah yang cukup banyak. Selain untuk melengkapi taman, tanaman merambat ini juga berfungsi sebagai tirai pelindung.

Misalnya saja, memberikan perlindungan kepada kita dari sinar matahari yang terlalu menyengat. Meskipun kita gunakan untuk bersantai saat siang hari, tidak perlu khawatir kepanasan.

Namun, pastikan untuk menjulurkan tanaman merambat ini pada tempat yang tepat. Sehingga, tanaman merambat tersebut tidak akan mengganggu kita, terutama saat beraktivitas.

4. Perpaduan Taman dengan Material Kaca

Perpaduan dengan material kaca ini dapat menjadi desain taman di teras lantai 2 berikutnya. Penggunaan material kaca ini, bisa kita aplikasikan pada bagian pagar teras.

Bila tertarik untuk mencoba desain ini, ada baiknya kita menggunakan kaca yang tebal. Salah satunya seperti kaca tempered.

Hal ini bertujuan semata-mata untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama. Supaya kesan taman semakin bertambah, tanaman dengan daun hijau bisa paling mendominasi.

5. Tambahan Kolam Ikan

Taman dengan kolam ikan, sepertinya menjadi ide yang sangat tepat. Adanya kolam ikan ini bisa menambah suasana yang semakin lengkap.

Tanaman yang akan kita tanam, alangkah baiknya jika menggunakan pot. Hal ini supaya semakin mempermudah kita saat menatanya.

Selain itu, tanaman dalam pot ini juga akan memperlihatkan taman yang lebih rapi.

Sebagai ide tambahan, bisa menggunakan dinding taman dengan desain kasar. Dengan begitu, kesan alami pada taman semakin bertambah.

Baca Juga: Desain Taman Depan Rumah dengan Pot Ide Terbaik Kesan Alami

6. Perpaduan Taman dengan Atap Semi Transparan

Tak hanya menjadi solusi cerdas saja, penggunaan atap semi transparan ini merupakan desain taman teras lantai 2 yang wajib kita coba.

Desain taman semacam ini, dapat membuat kita merasakan suasana outdoor. Terutama dengan pantulan cahaya mataharinya yang tidak terlalu menyengat.

Menariknya lagi, kita bisa menambahkan beberapa kursi hingga ayunan untuk bersantai. Kita dapat menikmati kesegaran taman sembari melepas lelah karena seharian bekerja.

Desain taman di teras lantai 2 ini bisa kita terapkan pada berbagai tipe rumah. Bahkan rumah minimalis dengan lahan terbatas sekalipun. Bagi yang tidak mau ribet merawat taman, bisa menggunakan rumput sintetis sebagai solusinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -