Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisDisnakkan Ciamis: Vaksinasi PMK Prioritas untuk Sapi Sehat

Disnakkan Ciamis: Vaksinasi PMK Prioritas untuk Sapi Sehat

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Disnakkan Kabupaten Ciamis melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK kepada ratusan hewan ternak, Senin (27/6/2022). 

Vaksin PMK tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 800 dosis, untuk 800 ekor sapi. Untuk prioritas sapi yang harus vaksinasi yakni sapi ternak yang sehat, sapi perah, sapi potong, kemudian sapi indukan dan anak sapi 3 bulan.

“Mulai hari ini kami vaksinasi PMK ternak sapi sampai dengan tiga hari, karena maksimal vaksin ini bagusnya sampai hari Rabu,” ujar Kepala Disnakkan Ciamis Syarief Nurhidayat.

Menurutnya, populasi sapi Ciamis itu ada 6.000 ekor. Namun ada 800 ekor yang jadi prioritas. 

Syarat sapi yang akan mendapat vaksinasi yakni punya pemilik dan NIK, punya nomor handphone dan punya lokasi kandang. Syarief menjelaskan, untuk prioritas sapi ternak yang di vaksin yaitu sapi ternak yang sehat. Sedangkan sapi yang sedang sakit tidak boleh.

“Untuk sapi ternak yang sudah mendapat vaksinasi, kami akan beri tanda pada kupingnya seperti anting,” tuturnya.

Baca juga: Dapat 800 Dosis, Vaksinasi PMK untuk Ratusan Sapi di Ciamis Dimulai

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ciamis Tatang mengatakan kabupaten Ciamis ini mendapatkan vaksin PMK dari Pemprov Jawa Barat. Namun, berdasarkan informasi dari Pemprov Jabar bahwa jumlah keseluruhan vaksin untuk Ciamis sebanyak 1.689 dosis.

“Sekarang baru 800 dosis. Jadi kalau semuanya pada hari Rabu nanti vaksin ini habis, kita masih punya stok vaksin lagi,” terangnya.

Tatang menambahkan ketika 1.689 dosis vaksin ini sudah tepenuhi, maka sudah mencapai 47 persen vaksinasi untuk sapi ternak.

“Vaksin ini untuk seluruh sapi ternak, namun kami prioritaskan sapi untuk kurban terlebih dulu. Hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan peternak menjelang hari raya Idul Adha,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)