Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Sayyidul Istighfar Menjanjikan Surga Bagi yang Mengamalkannya

Doa Sayyidul Istighfar Menjanjikan Surga Bagi yang Mengamalkannya

Doa sayyidul istighfar ternyata menjadi salah satu amalan ringan yang bisa kita amalkan. Menjadi seorang muslim tentunya kita harus siap bahwa kehidupan kita dari awal kehidupan atau masih bayi sampai meninggal akan terdapat banyak aturan.

Maksud aturan dalam hal ini bukan untuk mengekang atau mempersulit. Melainkan untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Dalam agama Islam juga, terdapat banyak amalan yang dianjurkan dengan mempunyai balasan berupa pahala. Tetapi masih sedikit juga dari kita yang memahami akan hal tersebut dan mengajarkan kepada diri sendiri untuk selalu mengamalkan nya.

Salah satunya adalah bacaan doa sayyidul istighfar. Mengamalkan doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari ternyata juga mempunyai banyak keutamaan. Apalagi dalam Islam juga mengajarkan doa ini menjadi salah satu bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan Tuhan yang hanya patut untuk kita sembah serta tidak ada Tuhan selain Allah.

baca juga: Doa Agar Hujan Berhenti dalam Ajaran Agama Islam

Arti Doa Sayyidul Istighfar

Dalam hadis riwayat Bukhari menjelaskan, sayyidul istighfar, siapapun yang membacanya pada waktu sore dan meyakini apa yang terdapat dalam doa tersebut, kemudian ia meninggal pada waktu malam hari maka ia akan masuk surga.

Barangsiapa yang membacanya ketika pagi dan meyakini kandungan yang terdapat didalamnya, Kemudian pada hari tersebut ia meninggal maka ia juga akan masuk surga.

Dari arti hadis tersebut seolah kita sudah mendapatkan gambaran bahwa keutamaan dari doa sayyidul istighfar itu sangat dahsyat. Bahkan bisa menjadi penyebab kita menjadi penghuni surga.

Berbicara tentang surga rasa-rasanya semua umat muslim yang ada di dunia ini ingin menjadi penghuni surga yang kekal. Meskipun begitu tetap saja maksiat dijalankan. Maka dengan demikian itu jadikan bacaan Sayyidul Istighfar sebagai doa untuk memohon ampunan kepada Allah terhadap apa yang sudah kita perbuat.

Nah untuk mempermudah Anda memahami mengapa sayyidul istighfar merupakan raja dari segala doa yang kita panjatkan kepada Allah untuk memohon ampunan, berikut ini arti bacaan doa tersebut.

” Ya Allah engkau merupakan Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang sudah menciptakan ku, sedangkan aku merupakan hambaMu yang berada di atas ikatan janjimu. Aku berjanji kepadamu dengan kemampuanku. Serta Aku juga berlindung kepadaMu dari segala jenis kejahatan yang sudah aku perbuat. Aku mengakuimu terhadap nikmat yang sudah engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosaku kepadamu, maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang bisa mengampuni segala dosaku kecuali engkau ya Allah.

baca juga: Adab Berdoa Agar Cepat Terkabul, Berikut Cara dan Penjelasannya!

Keutamaan Raja dari Segala Doa

Sebagai manusia biasa tentunya kita mempunyai banyak dosa. Entah itu yang kita lakukan secara sadar maupun tidak sadar. Oleh sebab itu jangan merasa diri kita itu seolah-olah tidak mempunyai dosa.

Bersikap rendah diri dihadapan manusia memang tidaklah baik tetapi, rendah diri dihadapan Allah SWT merupakan hal yang dianjurkan.

Apakah Anda sudah sadar? Jika selama ini sebesar apapun dosa yang kita lakukan Allah selalu membuka pintu tobat yang sangat luas? Sama seperti halnya orang yang mengamalkan doa sayyidul istighfar secara rutin dalam kehidupan sehari-hari maka kelak ia akan menjadi penghuni surga.

Lantas keutamaan apa saja yang akan kita dapatkan apabila kita benar-benar mampu membaca raja dari segala doa memohon ampunan kepada Allah tersebut?

Menjadi Penghuni Surga

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa barangsiapa membaca doa sayyidul istighfar, Jika ia meninggal maka akan menjadi penghuni surga Allah yang kekal. Ketika ditanya mau atau tidak menjadi penghuni surga, sudah pasti jawabannya mau. Karena surga merupakan tempat yang sangat indah dan terdapat banyak kenikmatan.

Dicintai Allah

Kemudian keutamaan lainnya membaca doa sayyidul istighfar adalah menjadi salah satu hamba yang Allah cintai. Bayangkan saja ketika Allah itu mencintai kita. Karena keimanan serta ketaqwaan dan selalu mengamalkan sayyidul istighfar, rasanya tidak akan ada yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan kita.

Maksudnya adalah, atas izin Allah kita akan mendapatkan banyak pahala, keberkahan, serta kenikmatan. Bukankah dalam ajaran islam itu juga mengajarkan Allah mencintai orang-orang yang Taubat dan mensucikan diri?

Karena kita merupakan manusia biasa yang masih sering melakukan banyak dosa. Maka jadikan sayyidul istighfar sebagai salah satu upaya untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

baca juga: Doa Masuk Pasar dan Pusat Perbelanjaan Sesuai Ajaran Islam

Terhindar dari Azab yang Pedih

Selain itu, keutamaan yang akan kita dapatkan ketika mampu mengamalkan bacaan doa sayyidul istighfar adalah kita akan terhindar dari azab Allah. Dosa-dosa yang sudah kita lakukan itu menjadi penyebab Kenapa manusia mendapatkan azab atau siksa. Karena hal tersebut merupakan balasan terhadap dosa-dosa atau perbuatan yang tidak baik, yang sudah kita lakukan.

Maka dengan membaca doa tersebut, kita memohon ampunan Allah supaya bisa terhindar dari azab Nya. Selain itu doa yang satu ini juga dapat mempermudah serta memperlancar rezeki.

Rezeki memang sudah ada yang mengatur. Tetapi siapa yang menyangka, jika dosa-dosa yang selama ini kita lakukan itu menjadi penghalang rezeki kita. Maka jangan ragu untuk mengamalkan bacaan doa sayyidul istighfar kapanpun dan di manapun.(Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -