Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Setelah Sholat Tasbih, Amalkan Supaya Pahalanya Jadi Sempurna

Doa Setelah Sholat Tasbih, Amalkan Supaya Pahalanya Jadi Sempurna

Doa setelah sholat tasbih, ternyata juga harus kita ketahui. Sebagaimana dalam ajaran Islam, bahwa sholat sunnah itu tak hanya satu saja.

Melainkan ada banyak sekali sholat sunnah yang bisa kita lakukan dalam satu hari. Misalnya saja ada sholat tahajud, dhuha, tahiyatul masjid, qobluyah, ba’diyah, hajat, istikharah, tasbih, dan yang lainnya.

Selama ini, apakah kita sudah mampu melakukan amalan sholat sunnah tersebut?

Semua itu menjadi salah satu hal yang ditekankan atau dianjurkan sebagai tambahan catatan amal ibadah. Tapi satu hal penting yang harus anda ketahui adalah para ulama menganjurkan untuk kita melakukan amalan sholat sunnah tasbih.

Namanya sholat tasbih karena memang pada saat melakukan sholat tersebut kita memperbanyak membaca tasbih. Sholat sunnah tersebut juga mempunyai keutamaan.

Pernahkah Anda melakukan amalan sunnah tersebut sebelumnya? Sebagai umat muslim, kita juga mempunyai kewajiban untuk selalu menuntut ilmu.

Dengan tujuan supaya pemahaman kita mengenai agama Islam menjadi bertambah. Bisa melalui membaca buku, mengikuti kajian, ataupun yang lainnya.

Pada intinya terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperdalam ilmu agama Islam.

baca juga: Doa Sayyidul Istighfar Menjanjikan Surga Bagi yang Mengamalkannya

Doa Setelah Sholat Tasbih, Begini!

Perlu Anda ketahui, ternyata amalan sunnah ini juga menjadi salah satu amalan yang disarankan untuk dilakukan saat malam Lailatul Qadar.

Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa dalam salat ini kita harus memperbanyak membaca tasbih. Lebih tepatnya dalam satu rakaat kita harus membaca tasbih sebanyak 75 kali.

Dalam hal ini juga, Imam As-Subki mengatakan bahwa tidaklah seseorang itu mendengarkan mengenai keutamaan sholat tasbih, tetapi ia meninggalkannya kecuali orang tersebut merupakan orang yang merendahkan agama.

Maksudnya adalah seseorang yang sudah mengetahui apa saja keutamaan dari melakukan sholat tasbih, tetapi meninggalkannya, berarti ia adalah orang yang merendahkan agama Islam.

Salah satu hal yang harus Anda ketahui mengenai amalan sunnah tersebut adalah mengenai kapan waktu pengerjaannya. Ketahuilah bahwa untuk pengerjaan sholat ini bisa pada waktu malam ataupun siang.

Lebih tepatnya bisa Anda laksanakan kapan saja selama tidak pada waktu yang terlarang untuk melakukan sholat. Tetapi dalam waktu pelaksanaan tersebut, Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa alangkah lebih baik sholat tasbih itu Anda lakukan ketika malam hari dengan salam.

Sebelum membahas mengenai bagaimana doa setelah sholat tasbih tersebut, alangkah lebih baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaannya.

Karena pada penjelasan awal mengatakan pelaksanaan sholat sunnah ini berbeda dengan sholat wajib. Maksudnya kita juga harus membaca tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya.

baca juga: Doa Setelah Witir Tarawih Lengkap Beserta Artinya

Tata Cara Sholat Sunnah Tasbih

Kurang afdol juga jika Anda sudah mengetahui bacaan doanya tetapi tidak mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaannya. Karena dengan begitu, doa tersebut tidaklah berguna.

Pasalnya, lafadz doa tersebut berfungsi untuk menyempurnakan tata cara sholat tasbih. Agama Islam juga mengajarkan bahwa segala hal yang kita lakukan itu tergantung pada niatnya.

Maka Hal pertama yang harus kita ketahui mengenai amalan sunnah ini adalah bagaimana bacaan niatnya.

“Usholi sunatan tasbihi rak’atin lillahi ta’ala”. Arti bacaannya tersebut adalah, “Aku niat melaksanakan salat sunnah tasbih sebanyak 4 rakaat karena Allah Semata”.

Pengerjaan sholat sunnah ini juga terdapat dua cara. Dengan 2 rakaat salam kemudian 2 rakaat salam atau sekali melakukan sebanyak 4 rakaat kemudian salam.

Apabila Anda memilih untuk melaksanakan 2 rakaat salam maka bacaan niatnya juga berbeda, “usholli sunnatan tasbih rok’ataini lillahi ta’ala”.

Setelah membaca niat, supaya bisa sampai pada doa setelah sholat tasbih Anda harus melakukan Takbiratul Ihram, membaca doa Iftitah, surat Al-Fatihah, kemudian membaca surat dari Al Quran.

Baru setelah itu membaca tasbih sebanyak 15 kali sama seperti yang Rasulullah contohkan yakni, “Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, Allahu Akbar”.

Kemudian ruku dan membaca doa ruku, lanjut membaca tasbih 10 kali. Lalu I’tidal setelah I’tidal kembali membaca tasbih 10 kali.

Dilanjutkan dengan sujud kemudian membaca doa ketika sujud lalu membaca tasbih kembali sebanyak 10 kali. Baru setelah itu duduk di antara dua sujud membaca doanya lalu kembali membaca tasbih sebanyak 10 kali.

Untuk sujud yang kedua pun sama dengan cara melakukan sujud pertama. Sebelum Anda bangkit untuk mengerjakan rakaat yang sebelumnya, duduk istirahat sejenak lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali.

Sebelum Tasyahud akhir, agar doa setelah sholat tasbih tersebut bisa Anda amalkan, maka Anda terlebih dahulu harus membaca tasbih sebanyak 10 kali. Terakhir salam.

baca juga: Adab Berdoa Agar Cepat Terkabul, Berikut Cara dan Penjelasannya!

Lafadz Doa

Setelah mengetahui tata cara pelaksanaan sholat sunnah tersebut, apakah hal penting lain yang juga harus Anda ketahui adalah doa setelah sholat tasbih. Bagi Anda yang belum mengetahui, berikut adalah lafadz doanya.

“Allahumma Inni As aluka taufiiqo Ahlil huda wa a’maala ahlil yaqiin wa munashohata ahlitaubati wa ‘azma ahlisshobti wa wajala ahlilkhosyati wa tholaba ahlirraghbati wa ta’ubbuda ahlil wara’i wa ‘izfaana ahlil’ilmi hatta nakhoofaka. Allahumma inna nas alukamakhofata tuhjizunaa’anma’aashiika hatta na’mala bithoo’atika subhaana khooliqonnuuru. Wa sholaamu wassalaamu ‘alaa wayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’in walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin”.

Arti doa setelah sholat tasbih tersebut adalah, “Wahai Allah aku hanya meminta pertolongan kepadaMu sebagaimana yang sudah engkau berikan kepada mereka yang mendapatkan petunjuk, melakukan amal kebaikan serta seperti mereka yang mempunyai keinginan tinggi.

Nasihat dari mereka para ahli taubat, kemauan yang kuat dari mereka yang ahli bersabar, kesungguhan dari orang-orang yang takut kepadaMu, serta permintaan dari orang-orang yang mencintaimu.

Beribadahnya orang-orang yang ahli dalam menjaga diri dari hal-hal syubhat, pengetahuan mereka yang ahli dalam ilmu agama yang menyebabkan aku takut kepadamu.

Ya Allah, sungguh aku meminta kepadaMu rasa takut yang dapat menjaga aku dari kemaksiatan. Dengan begitu aku bisa taat dan melakukan amal kebaikan untuk mendapatkan Ridho dariMu.

Karena ketakutanku aku bertaubat kepadaMu, karena malu aku kembali dan meminta nasehat hanya kepadaMu.

Aku juga pasrah akan segala urusanku dengan berbaik sangka kepadaMu. Maha Suci Allah yang sudah menciptakan cahaya”.

Sangat mudah bukan doa setelah sholat tasbih tersebut? Tunggu apalagi, ayo segera amalkan tata cara serta doanya supaya Anda bisa mendapatkan keutamaannya. (Muhafid/R6/HR-Online)