Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Planet Jupiter, Jadi Planet Terbesar Hingga Punya Banyak Satelit!

Fakta Planet Jupiter, Jadi Planet Terbesar Hingga Punya Banyak Satelit!

Fakta planet Jupiter yang paling umum orang ketahui hingga saat ini adalah ukuran yang sangat besar.

Jupiter merupakan planet tetangga Bumi yang juga mengorbit Matahari. Artinya, planet Jupiter masih menjadi anggota Tata Surya.

Namun, Jupiter memiliki ukuran yang tidak biasa. Selain dari segi ukuran, planet ini juga menyimpan banyak keunikan lainnya.

Baca Juga: Eksplorasi Planet Jupiter Jadi Agenda 5 Tahun China, Dahului AS!

Menarik, Inilah Beberapa Fakta Planet Jupiter!

Planet Jupiter berada di urutan kelima dari Matahari dalam sistem Tata Surya kita.

Meski masih menjadi tetangga Bumi, tetapi Jupiter sangatlah berbeda. Tidak seperti Bumi, Jupiter memiliki ukuran yang sangat besar dan terdiri dari gas.

Jarak Jupiter menuju Matahari adalah sekitar 778 juta kilometer atau 5,2 unit astronomi. Selain itu, ada juga banyak fakta menarik dari planet ini.

Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai si planet gas Tata Surya.

Terbentuk 4,5 Miliar Tahun Lalu

Fakta pertama adalah proses pembentukan planet. Meski tidak ada yang benar-benar tahu, namun penelitian NASA menyebut bahwa Jupiter terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Saat prosesnya, terdapat gravitasi yang menarik gas dan debu sehingga berputar untuk menjadi planet raksasa.

Bahkan menurut perkiraan Jupiter mengambil sebagian besar massa yang tersisa dari pembentukan Matahari.

Jadi Planet Terbesar

Jelas hal ini sudah banyak orang ketahui. Planet Jupiter memiliki diameter mencapai 142.984 km.

Dengan begitu, planet ini 10 kali lebih besar dari Bumi tetapi tetap 10 kali lebih kecil dari Matahari.

Baca Juga: Bulannya Planet Jupiter, Sistem Jovian Bak Miniatur Tata Surya

Terjadi Badai Besar

Di dalam Jupiter seringkali terjadi badai besar secara konstan. Hal itu terjadi karena susunan kristal amonia dan amonium hidrosulfida terdapat di langit planet.

Perbedaan metrik yang terbagi menjadi beberapa lapisan akhirnya menimbulkan badai secara konstan berkecepatan 460 km/ jam.

Rotasi Sangat Cepat

Selain menjadi planet terbesar, Jupiter juga menjadi planet dengan rotasi yang sangat cepat. Kecepatan rotasi Jupiter adalah 45.300 km/jam.

Memiliki Cincin

Planet Jupiter merupakan salah satu dari beberapa planet yang memiliki cincin. Fakta planet Jupiter satu ini juga tampaknya sudah banyak orang ketahui.

Jupiter memiliki cincin yang tersusun dari material debu sehingga sangat tipis dan tidak begitu tampak dengan mata telanjang.

Dikelilingi 16 Satelit

Jika Bumi hanya memiliki satu satelit alami yakni bulan, maka berbeda dengan Jupiter. Mengingat ukurannya yang sangat besar, planet satu ini juga memiliki jumlah satelit yang cukup banyak.

Tercatat setidaknya ada 16 satelit yang berputar mengelilingi Jupiter hingga saat ini. Satelit tersebut tentu juga memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Baca Juga: Europa Clipper NASA Akan Jalankan Misi Pantau Bulan Es Jupiter

Ada Kehidupan

Hingga saat ini, beberapa penelitian para ilmuwan mengungkap bahwa kemungkinan besar ada kehidupan di planet tersebut. Tetapi, tentu saja kehidupannya berbeda dengan yang ada di Bumi karena minimnya air.

Hal itu semakin kuat ketika muncul hipotesis adanya kehidupan di salah satu satelit Jupiter, Europa. Namun, tentu saja masih belum ada bukti kuat mengenai fakta planet Jupiter satu ini. (R10/HR-Online)