Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruFenomena Planet Mundur, Neptunus Balik Arah Mulai 28 Juni 2022

Fenomena Planet Mundur, Neptunus Balik Arah Mulai 28 Juni 2022

Fenomena planet mundur mungkin masih terdengar asing di telinga. Apa sebenarnya arti dari fenomena ini?

Akhir Juni ini masih terdapat sebuah fenomena astronomi lainnya. Setelah sebelumnya ada beberapa fenomena yang terjadi, kini muncul sebuah istilah planet mundur. Fenomena ini sudah berlangsung mulai 28 Juni 2022.

Baca Juga: Fenomena Aneh Hujan Berlian di Empat Planet Raksasa, Mengapa Terjadi?

Terjadinya Fenomena Planet Mundur

Meski sudah memasuki bagian akhir, namun sepertinya fenomena astronomi di bulan Juni ini belum berakhir.

Kali ini fenomena yang terjadi adalah gerak semu yang Planet Neptunus lakukan. Planet tersebut akan mulai berbalik arah dari timur ke barat.

Pergerakan tersebut membuat planet biru tersebut bergerak mundur. Itulah kenapa, peristiwa ini juga terkenal dengan planet mundur.

Pada periode ini, Neptunus memasuki fase retrograde atau pergerakan mundur mereka. Hal inilah yang kemudian membuat Planet Neptunus seakan-akan bergerak arah secara berlawanan.

Meski begitu, sebenarnya hal itu hanya merupakan ilusi optik semata. Hal yang sebenarnya terjadi adalah planet bergerak dari timur ke barat.

Bagi yang mengikutinya, maka akan bisa mengamati penampakan piringan biru samar Neptunus di teleskop..

Seorang ahli geofisika dan astronom amatir, Chris Vaughan menjelaskan bahwa posisi untuk melihat objek di langit tenggara adalah pada pukul 2 dan 4 pagi waktu setempat.

Pada waktu tersebut maka akan terlihat sekilas penampakan planet raksasa dari gas tersebut.

Baca Juga: Planet Berwarna Biru di Tata Surya, Uranus dan Neptunus Si Raksasa Es

Gerak Retrograde

Ketika fenomena planet mundur ini terjadi, sebenarnya mereka sedang melakukan gerak retrograde.

Menurut Vaughan, retrograde akan terjadi ketika Bumi, planet dengan orbit yang lebih cepat dan lebih dekat ke Matahari melewati planet yang lebih jauh ‘di luar dalam’.

Hal itu akan membuat planet tersebut tampak melintasi bintang-bintang dengan bergerak mundur.

Semakin planet jauh dari Matahari, maka akan semakin lama sebuah planet menghabiskan waktu untuk melakukan gerak retrograde mereka tersebut.

Pada saat gerak retrograde terjadi, maka planet akan terlihat seolah bergerak ke arah berlawanan. Meski begitu, sebenarnya itu hanyalah ilusi optik semata.

Baca Juga: Fakta Planet Neptunus, Bercincin dan Memiliki Iklim yang Ekstrim

Waktu Terjadinya Planet Mundur

Fenomena astronomi satu ini akan terjadi dalam waktu yang tidak begitu singkat. Fase retrograde atau planet mundur ini sudah terjadi sejak 28 Juni 2022 dan akan berlangsung hingga 3 Desember 2022 mendatang.

Peristiwa astronomi ini tentu dapat terlihat dari Bumi, akan tetapi untuk menyaksikannya Anda membutuhkan sebuah alat khusus.

Anda bisa menggunakan kamera dan lensa astrofotografi untuk membantu mengamati sekaligus mengabadikan fenomena mundurnya Planet Neptunus ini.

Adapun waktu untuk menyaksikan fenomena ini sangat bervariasi dan bergantung pada lokasi dan kondisi bersihnya langit akibat polusi cahaya.

Selain itu, fenomena planet biru ini juga dapat Anda saksikan melalui siaran langsung seperti pada SkySafari.

Selain fenomena planet mundur pada Neptunus, planet lain juga mengalami peristiwa serupa. Merkurius mengalami gerak mundur dari lintasannya pada 2 Mei hingga 2 Juni 2022 lalu. (R10/HR-Online)