Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Garis pada Ban Motor Berguna Bagi Produsen dan Konsumen

Fungsi Garis pada Ban Motor Berguna Bagi Produsen dan Konsumen

Fungsi garis pada ban motor ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal ada artian dari setiap warna garisnya.

Saat membeli ban sepeda motor biasanya ada garis warna-warni yang tampak.

Mungkin sebagian besar orang belum tahu apa arti dari semua itu, bahkan ada yang mengabaikannya. Padahal setiap warna garis memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda.

Saat ban masih baru warna tersebut masih terlihat jelas, namun seiring pemakaiannya warna ban akan hilang akibat gesekan dengan jalan.

Mengingat ban adalah salah satu komponen motor yang memiliki peran penting. Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui fungsi garis pada ban motor.

Sehingga dapat memilih ban yang berkualitas. Selain itu, ban juga sesuai dengan standar dari tipe kendaraan itu sendiri.

Baca Juga: Jenis Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Kenali Apa Saja Fungsi Garis pada Ban Motor

Sebenarnya semua komponen kendaraan memiliki fungsi yang cukup penting. Salah satu yang ikut berperan penting demi menunjang kendaraan dapat berjalan dengan baik yaitu ban.

Anda bisa melakukan perawatan secara tepat agar kondisinya tetap baik. Selain itu, pastikan Anda memilih ban dengan spesifikasi terbaik.

Pastikan juga memiliki tipe dan ukuran tepat sesuai dengan motor Anda.

Ban memiliki ukiran kembangan yang bermacam-macam. Semua produsen memiliki alur yang berbeda sesuai varian masing-masing.

Semua desain alur ban yang menarik, tampak lebih keren. Selain itu, ban motor baru juga biasanya memiliki garis berwarna yang tercetak mengelilingi tampaknya.

Apakah itu sekedar hiasan saja? Namun ternyata garis warna pada ban motor tersebut memiliki makna tersendiri.

Garis pada ban motor tersebut menjadi indikator yang dapat membantu membedakan tipe, jenis, hingga ukurannya. Tujuannya yaitu untuk mempermudah petugas gudang pabrik untuk mencari yang sesuai dengan ukurannya.

Jika sampai ban yang ada pada gudang pabrik warnanya hitam polos semua, sudah pasti akan membuat bingung para pekerja.

Itulah alasan mengapa ada garis berwarna pada ban motor baru.

Saat membeli ban baru Anda bisa memperhatikan ukuran, tapak, dan spesifikasinya, apakah sesuai dengan tipe motor Anda. Selain itu, juga gunakan fungsi garis pada ban motor.

Baca Juga: Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Membantu Konsumen Mengetahui Kondisi Ban

Sebenarnya fungsi garis pada ban motor juga bermanfaat bagi para konsumen. Selain para pekerja pabrik ban yang bisa merasakannya, konsumen pun juga bisa terbantu.

Saat para pekerja pabrik ban dapat mengetahui ukuran ban dari warna tersebut. Konsumen bisa memanfaatkan garis warna-warni tersebut untuk memastikan kondisinya masih baru.

Sehingga konsumen tidak akan tertipu dengan ban vulkanisir. Meski demikian, setiap perusahaan ban memiliki kombinasi garis warna atau kode masing-masing.

Sehingga dapat menentukan garis warna pada telapak ban. Biasanya ada aturan khusus yang biasanya tergantung terhadap kebutuhan internal masing-masing operasional.

Menandakan Pabrikan Tertentu

Saat membeli ban motor baru biasanya akan memiliki warna-warni garis yang tersedia.

Ternyata fungsi garis pada ban tersebut cukup berperan penting. Setiap perusahaan memiliki warna yang berbeda.

Sehingga dapat menandai jika ban dengan warna tertentu merupakan produksi sebuah perusahaan tertentu pula. Apalagi setiap ban juga memiliki warna yang berbeda pada tiap ukurannya.

Sebenarnya warna yang tertera tersebut bukan standar SNI. Anda akan lebih mudah dalam menentukan ukuran dan pabrikan saat membeli ban baru dengan mengetahui fungsi garis pada ban motor.

Pada umumnya ban baru dibedakan berdasarkan jenis dan ukuran motor itu sendiri. Misalnya saja untuk kendaraan yang memiliki ukuran ban 215/70, karena mempunyai ukuran sama maka dikelompokkan ke golongan tersebut.

Baca Juga: Tanda Ban Motor Harus Diganti, Kenali Melalui Ciri Fisiknya

Sesuaikan Ukuran Ban dengan Jenis Kendaraan

Memilih komponen kendaran bisa disesuaikan dengan tipenya. Hal ini juga bisa Anda lakukan pada pemilihan ban motor. Sebaiknya pilih spesifikasi ban yang tepat sesuai kebutuhan.

Banyaknya produk ban yang beredar di pasaran membuat Anda harus bisa memilih secara tepat. Memilih ban yang tepat disesuaikan berdasarkan jenis kendaraan.

Apalagi hal ini juga berpengaruh terhadap kapasitas maksimal beban serta batas kecepatan kendaraan. Biasanya kode berada pada bagian ban sebelah ukurannya.

Ban adalah salah satu komponen penting yang harus dirawat dengan baik. Selain itu, dalam pemilihan ban baru pun tidak boleh sembarangan. Termasuk Anda perlu tahu apa saja fungsi garis pada ban motor. (R10/HR-Online)